6 Pemain Inggris yang Gagal di Final Ajang Eropa, di Klub dan Negara

Kombinasi para pemain Manchester City dan Manchester United

Piala Eropa 2020 baru saja berakhir dengan timnas Italia sebagai juaranya di bawah asuhan Roberto Mancini. Italia berhasil memenangkan babak adu penalti dengan skor 3-2 atas sang tuan rumah Inggris. Di sisi lain, final Piala Eropa 2020 sendiri merupakan final yang pertama kali bagi skuad The Three Lions

Pastinya kekalahan Inggris di final Piala Eropa 2020 merupakan suatu hal yang menyedihkan bagi para pemain yang sudah berjuang keras di sepanjang kompetisi itu. Uniknya, terdapat beberapa nama pemain Inggris yang ternyata gagal di final ajang Eropa, baik di klub maupun negara. Kira-kira siapa saja mereka? Yuk, simak penjelasannya. 

1. Harry Maguire

6 Pemain Inggris yang Gagal di Final Ajang Eropa, di Klub dan Negarapotret Harry Maguire bersama Timnas Inggris(insider-voice.com)

Harry Maguire merupakan salah satu bek tertangguh di ajang Piala Eropa 2020. Sempat absen di dua laga awal Inggris di fase grup, Maguire menjadi duet yang sangat disegani bersama John Stones oleh para penyerang lawan dan berhasil membawa negaranya menuju final Piala Eropa untuk pertama kalinya.

Sayangnya, Inggris harus mengakui kekalahan dari Italia dengan skor 3-2 melalui drama adu penalti. Dalam adu penalti tersebut, Harry Maguire berhasil melakukan eksekusi penalti dengan sangat baik. Sayangnya, ini bukan pertama kali Maguire kalah adu penalti di partai final.

Sebelumnya, bersama Manchester United, Maguire harus mengakui keunggulan skuad Villarreal di final Liga Europa 2020/2021. Alhasil, Maguire sudah kalah dua kali di final turnamen tingkat Eropa dalam 12 bulan terakhir.

2. John Stones

6 Pemain Inggris yang Gagal di Final Ajang Eropa, di Klub dan Negarapotret John Stones bersama Timnas Inggris(skysports.com)

John Stones merupakan bek tengah andalan timnas Inggris di Piala Eropa 2020 yang tak pernah absen di setiap pertandingan yang dijalani skuad tersebut. Dia juga merupakan andalan Pep Guardiola di Manchester City. John Stones berhasil membawa timnas Inggris melaju ke final Piala Eropa 2020 untuk pertama kali dalam sejarah.

Menariknya, Stones juga berhasil membawa Manchester City melaju ke final Liga Champions untuk pertama kali juga dalam sejarah. Sayangnya, Stones harus menghadapi kedua final tersebut dengan kekalahan. Manchester City harus mengakui keunggulan Chelsea dengan skor 1-0 di partai puncak Liga Champions dan kalah adu penalti saat melawan Italia di final Piala Eropa 2020.

Baca Juga: 5 Pemain asal Inggris yang Kariernya Bersinar di Luar Inggris

3. Luke Shaw

6 Pemain Inggris yang Gagal di Final Ajang Eropa, di Klub dan NegaraLuke Shaw (forbes.com)

Luke Shaw memang berhasil tampil gemilang bersama timnas Inggris di Piala Eropa 2020. Dia berhasil mencetak gol di menit awal pertandingan final saat melawan Italia walaupun gol tersebut tak mampu membawa Inggris menjuarai ajang tersebut. Di Piala Eropa 2020, Shaw sendiri sudah memberikan 1 gol dan 3 assist

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Shaw bersama Manchester United ternyata juga gagal di final Liga Europa 2020/2021 saat menghadapi Villarreal lewat adu penalti. Terlepas dari hal tersebut, harus diakui bahwa Shaw berhasil tampil mengesankan di sepanjang musim 2020/2021, baik di klub maupun negaranya.

4. Kyle Walker

6 Pemain Inggris yang Gagal di Final Ajang Eropa, di Klub dan NegaraKyle Walker (theathletic.com)

Kyle Walker berhasil membawa Manchester City lolos ke final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah. Di Piala Eropa 2020, Walker juga berhasil membawa negaranya lolos ke final Piala Eropa pertama kalinya dalam sejarah. Sayangnya, memang dia mengalami dua kekalahan sekaligus di final yang dijalaninya.

Walker sebenarnya berhasil tampil impresif bersama Manchester City maupun timnas Inggris. Sosoknya sangat dibutuhkan Southgate untuk menjadi penyeimbang di skuad Inggris untuk melakukan serangan dari sisi kanan tanpa takut terkena serangan balik. Walker dikenal sebagai pemain yang memiliki kecepatan dalam melakukan sprint

5. Marcus Rashford

6 Pemain Inggris yang Gagal di Final Ajang Eropa, di Klub dan Negarapotret Marcus Rashford bersama Timnas Inggris(skysports.com)

Belakangan ini, Marcus Rashford sempat menjadi sorotan banyak orang. Dia merupakan salah satu eksekutor penalti yang gagal mencetak gol ke gawang Donnarumma. Berbeda dengan Jadon Sancho dan Bukayo Saka yang tendangannya berhasil ditepis Donnarumma, tendangan Rashford malah membentur tiang walau Donnarumma sudah terkecoh. 

Nama Marcus Rashford sempat menjadi trending di Twitter, baik dalam bentuk dukungan maupun hujatan. Rashford sendiri dikabarkan menjadi korban rasisme akibat gagal mengeksekusi penalti dengan baik. Sebelumnya, pemain Manchester United itu juga kalah dalam adu penalti di final Liga Europa 2020/2021. 

6. Raheem Sterling

6 Pemain Inggris yang Gagal di Final Ajang Eropa, di Klub dan Negarapotret Raheem Sterling bersama Timnas Inggris(skysports.com)

Raheem Sterling merupakan salah satu pemain Inggris yang bersinar di Piala Eropa 2020. Bagaimana tidak, pemain Manchester City itu sudah mencetak 3 gol dan 1 assist. Sterling berhasil membawa Inggris lolos ke final Piala Eropa untuk pertama kali dalam sejarah.

Sayangnya, Sterling cukup kesulitan melakukan akselerasi saat melawan Italia di partai puncak. Pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti dan dimenangkan oleh Italia. Sterling juga merupakan pemain penting yang membawa Manchester City lolos ke final Liga Champions untuk pertama kalinya, walaupun harus kalah dengan skor 1-0 dari Chelsea akibat gol yang diciptakan oleh Kai Havertz.

 

Memang, keenam pemain di atas kurang beruntung di dua final yang mereka jalani di musim ini. Maguire, Shaw, dan Rashford kalah di final Piala Eropa 2020 dan Liga Europa 2020/2021. Sedangkan Stones, Walker, dan Sterling kalah di final Piala Eropa 2020 dan Liga Champions 2020/2021.

Baca Juga: 5 Pemain Terhebat Inggris Sepanjang Sejarah, Ada Legenda Liverpool!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya