5 Pemain Top Tottenham Hotspur yang Dijual oleh Jose Mourinho

Apakah keputusan Mourinho menjual pemain di bawah tepat?

Harus diakui bahwa Jose Mourinho merupakan salah satu pelatih top pada abad ke-21. Dia memiliki segudang pengalaman melatih berbagai klub besar, seperti Real Madrid, Chelsea, Manchester United, hingga Tottenham Hotspur. Klub terakhir yang dilatihnya ialah Tottenham Hotspur dan dia baru saja meninggalkan klub tersebut beberapa waktu lalu.

Padahal, dia baru bergabung Tottenham Hotspur pada November 2019. Sejak kedatangannya di klub asal Kota London itu, Mourinho telah menjual beberapa pemain top yang dianggap masih sangat dibutuhkan di Tottenham Hotspur. Berikut 5 pemain top yang dijual Jose Mourinhi di Tottenham Hotspur.

1. Christian Eriksen

5 Pemain Top Tottenham Hotspur yang Dijual oleh Jose Mourinhothetopflight.com

Pemain pertama yang dijual ketika Jose Mourinho berada di Tottenham Hotspur adalah Christian Eriksen. Kepindahan Eriksen memang sudah diberitakan banyak media sebelum Mourinho didatangkan klub asal London tersebut. Kala itu, terdapat 4 klub potensial yang akan mendatangkan pemain asal Denmark itu, yaitu Juventus, Inter Milan, Real Madrid, dan Bayern Munich.

Pada akhirnya, Eriksen dan Tottenham sepakat untuk menerima tawaran Inter Milan untuk mendatangkan pemain berusia 29 tahun itu. Kepergian Eriksen pada waktu itu membuat lini tengah Tottenham Hotspur menjadi kurang kreatif sehingga mereka tidak mampu mendapatkan satu gelar pun pada musim pertama Jose Mourinho bersama Tottenham Hotspur.

Baca Juga: Gak Hanya Eriksen, Ini 7 Pemain Denmark yang Kini Membela Klub Serie A

2. Victor Wanyama

5 Pemain Top Tottenham Hotspur yang Dijual oleh Jose Mourinhothelaziali.com

Victor Wanyama merupakan gelandang bertahan andalan bagi Timnas Kenya. Dia merupakan mantan pemain Tottenham Hotspur yang bergabung klub tersebut pada tahun 2016 dari Southampton. Sayangnya, kedatangan Jose Mourinho ke Tottemham pada akhir 2019 membuat dirinya dilepaskan ke klub asal Amerika Serikat, Club de Foot Montréal.

Kontrak Wanyama tidak diperpanjang oleh Tottenham karena dirinya tak masuk rencana Jose Mourinho dalam jangka panjang sehingga dirinya meninggalkan klub asal London itu dengan status bebas transfer. Wanyama merupakan lulusan akademi klub Nairobi Cit Stars yang merupakan salah satu klub terpopuler di Kenya.

3. Kyle Walker-Peters

5 Pemain Top Tottenham Hotspur yang Dijual oleh Jose Mourinhopremierleague.com

Kedatangan Jose Mourinho tampaknya bukan menjadi suatu hal yang baik bagi Kyle Walker-Peters. Pemain muda asal Inggris itu cukup jarang bermain semenjak hadirnya The Special One itu di Tottenham Hotspur. Alhasil, dirinya dipinjamkan ke Southampton pada Januari 2020 sebelum dipermanenkan pada Agustus 2020 lalu. 

Jose Mourinho memang lebih memilih Serge Aurier untuk mengisi posisi bek sayap kanan. Untuk mengganti peran Kyle Walker-Peters, Jose Mourinho mendatangkan Matt Doherty dari Wolverhampton pada bursa transfer musim panas lalu.

4.  Jan Vertonghen

5 Pemain Top Tottenham Hotspur yang Dijual oleh Jose Mourinholastwordonsports.com

Secara mengejutkan Tottenham Hotspur melepaskan Jan Vertonghen ke Benfica pada bursa transfer musim panas lalu. Padahal, Jan Vertonghen bermain cukup baik pada musim 2019/2020 lalu. Jose Mourinho memang lebih senang memainkan beberapa bek tengah lainnya seperti Eric Dier, Toby Alderweireld, dan Davinson Sánchez dibandingkan dengan pemain asal Belgia itu.

Vertonghen sebenarnya tidak diperpanjang kontraknya oleh Tottenham dan pergi ke Benfica dengan status bebas transfer. Untuk menggantikan peran Vertonghen, Mourinho mendatangkan Joe Roden dari Swansea City pada bursa transfer musim panas lalu.

5. Danny Rose

5 Pemain Top Tottenham Hotspur yang Dijual oleh Jose Mourinho90min.com

Sebenarnya, Danny Rose bukan merupakan pemain yang dijual oleh Jose Mourinho, melainkan tersingkirkan sejak kedatangan The Special One itu. Bek kiri asal Inggris tersebut dipinjamkan pada Januari 2020 lalu selama 6 bulan. Meskipun sudah kembali dari masa peminjaman, Rose tidak pernah bermain di skuad utama Premier League pada musim ini.

Bahkan, dia harus bermain di ajang Premier League 2 yang pada dasarnya diisi tim U-23 asal Inggris. Tak ada yang tahu secara pasti mengapa Mourinho tidak memainkan mantan pemain internasional Inggris ini sama sekali.

 

Nah, itu dia 5 pesepak bola top yang dijual Jose Mourinho di Tottenham Hotspur. Banyak yang beranggapan bahwa keputusan Mourinho untuk menjual mereka bukan merupakan keputusan yang tepat. Kalau menurutmu, siapakah salah satu dari daftar pemain di atas yang seharusnya dipertahankan Jose Mourinho?

Baca Juga: 5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Jose Mourinho di Tottenham Hotspur

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya