Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Berkembang Bersama Celtic FC

Mulai dari Victor Wanyama hingga Van Dijk

Celtic FC merupakan klub sepak bola ternama asal Skotlandia yang bermarkas di Celtic Park. Klub tersebut didirikan pada tahun 1887 dan berasal dari Kota Glasgow, Skotlandia. Celtic dikenal sebagai salah satu klub raksasa yang berasal dari negara Skotlandia yang kerap mewakili negaranya di ajang Liga Europa.

Selain itu, Celtic FC juga dikenal sebagai klub yang sering menghasilkan beberapa bintang sepak bola. Memang, sejauh ini terdapat beberapa pesepak bola top yang berhasil berkembang bersama Celtic FC. Berikut 5 pemain top yang berkembang bersama klub Celtic FC. 

1. Victor Wanyama

5 Pemain Top yang Berkembang Bersama Celtic FCpotret Victor Wanyama bersama Celtic FC(dailyrecord.co.uk)

Victor Wanyama merupakan gelandang bertahan yang saat ini membela Club de Foot Montréal. Dia didatangkan secara gratis dari Tottenham Hotspur sejak Maret 2020 lalu. Namanya memang mulai populer saat membela Southampton pada tahun 2013 hingga 2016 lalu.

Sebelum membela Southampton, Wanyama merupakan merupakan pemain Celtic FC selama 2 tahun, yaitu pada tahun 2011 hingga 2013. Pemain asal Kenya itu berhasil tampil cemerlang saat berada di Celtic FC sehingga menarik minat beberapa klub Eropa lainnya, salah satunya Southampton. 

2. Kieran Tierney

5 Pemain Top yang Berkembang Bersama Celtic FCpotret Kieran Tierney bersama Celtic FC(heraldscotland.com)

Bagi kamu para fans Arsenal, pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Kieran Tierney. Pemain asal Skotlandia itu membela Arsenal sejak tahun 2019 dengan banderol 27 juta euro atau sekitar Rp469 miliar. Pemain berusia 23 tahun itu dibeli dari Celtic FC walaupun nilainya pada saat itu kurang dari setengah harga yang dibeli oleh Arsenal.

Memang, Kieran Tierney merupakan pemain muda yang sangat menjanjikan di posisi bek kiri. Lulusan akademi Celtic FC ini mempunyai kemampuan bertahanan dan membangun serangan yang baik di lapangan. Sayangnya, Kieran Tierney tidak mampu membawa Arsenal lolos ke Liga Champions maupun Liga Europa musim depan seiring dengan penurunan peforma Arsenal secara keseluruhan pada musim ini. 

3. Moussa Dembélé

5 Pemain Top yang Berkembang Bersama Celtic FCpotret Moussa Dembele bersama Celtic(en.as.com)

Moussa Dembélé merupakan pemain Lyon yang saat ini dipinjamkan ke Atletico Madrid hingga akhir musim ini. Pemain berusia 24 tahun itu merupakan pemain berkebangsaan Prancis yang berposisi sebagai striker. Sebelum membela Lyon, Moussa Dembélé didatangkan dari Celtic pada pada tahun 2018 lalu.

Namanya memang mulai dikenal saat masih membela Celtic pada tahun 2016 hingga 2018 lalu di saat dirinya kesulitan mendapatkan tempat di klub sebelumnya, yaitu Fulham. Moussa Dembélé sendiri merupakan binaan dari 2 akademi yang berbeda, yaitu Fulham dan Paris Saint-Germain. 

Baca Juga: 5 Pelatih Asal Skotlandia Paling Sukses di Liga Inggris, Siapa Saja?

4. Virgil van Dijk

5 Pemain Top yang Berkembang Bersama Celtic FCpotret Virgil van Dijk bersama Celtic FC(skysports.com)

Virgil van Dijk merupakan bek tengah andalan Liverpool saat ini. Dia berhasil membawa Liverpool menjuarai Premier League dan Liga Champions saat dirinya bergabung bersama klub tersebut. Sebelum membela Liverpool, dia merupakan pemain Southampton yang dibeli dengan harga 84,65 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun.

Padahal, Southampton membeli pemain asal Belanda itu dari Celtic hanya dengan harga 15,7 juta euro atau sekitar Rp272 miliar. Memang, nama Van Dijk sendiri mulai dikenal oleh beberapa klub besar Eropa saat dirinya masih membela Celtic FC pada tahun 2013 hingga 2015 lalu.

5. Fraser Forster

5 Pemain Top yang Berkembang Bersama Celtic FCpotret Fraser Forster bersama Celtic FC(thecelticstar.com)

Fraser Forster merupakan kiper asal Inggris yang saat ini membela Southampton FC. Kiper berusia 33 tahun itu merupakan mantan kiper Timnas Inggris yang sudah bermain sebanyak 6 kali sejak tahun 2013. Dia menjadi pemain Celtic pada tahun 2010 hingga 2014 walaupun sempat dipinjamkan ke Newcastle United.

Dia pindah ke Southampton pada tahun 2014 dan sempat beberapa musim menjadi kiper utama dari klub tersebut. Uniknya, pada tahun 2019 lalu Fotster sempat dipinjamkan selama satu musim ke mantan klubnya Celtic FC. 

Nah, itu dia 5 pemain top yang berhasil berkembang bersama Celtic FC. Kelima pemain tersebut merupakan nama-nama top yang mampu memberikan pengaruh untuk klub dan negara yang mereka bela. Adakah pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Sosok Kunci Rangers yang Hentikan Dominasi Celtic di Liga Skotlandia

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya