Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pindah Posisi di Piala Eropa 2020

Ada yang dari posisi winger jadi striker!

Piala Eropa 2020 sudah memasuki fase gugur yang mana terdapat 16 negara yang akan saling bersaing untuk memperebutkan tiket ke perempat final. Beberapa pemain berhasil bersinar selama fase grup di kompetisi empat tahunan itu. Uniknya, terdapat beberapa pemain yang bersinar walau posisi berpindah posisi atau tak sama saat dia bermain di klub.

Memang, setiap pelatih mempunyai analisis tersendiri untuk memanfaatkan sumber daya yang ada sesuai strategi atau formasi yang mereka rancang. Tak heran jika terdapat beberapa pemain top yang harus pindah posisi di lapangan. Berikut 5 pemain top yang posisinya pindah posisi di Piala Eropa 2020

1. Robin Gosens - Jerman

5 Pemain Top yang Pindah Posisi di Piala Eropa 2020potret Robin Gosens bersama Timnas Jerman(germany.in-24.com)

Robin Gosens merupakan salah satu pemain Atalanta yang paling bersinar di Piala Eropa 2020. Bersama Timnas Jerman, pemain berusia 26 tahun itu tidak pernah absen di seluruh laga fase grup. Uniknya, posisinya di skuat Jerman berbeda dengan posisinya saat bermain di Atalanta.

Di Atalanta, dia berposisi sebagai bek sayap kiri walaupun kerap membantu menyerang, khususnya dalam melakukan crossing. Di Timnas Jerman, Robin Gosens ditempatkan di posisi pemain sayap kiri. Sebenarnya perannya tak jauh berbeda saat di Piala Eropa 2020 bersama Jerman karena tugas utamanya ialah menghalau serangan dari sisi kiri sekaligus membantu mencari celah untuk menyerang dari sebelah kiri sisi lapangan.

2. Oleksandr Zinchenko - Ukraina

5 Pemain Top yang Pindah Posisi di Piala Eropa 2020potret Oleksandr Zinchenko bersama Timnas Ukraina(90min.com)

Bagi kamu para fans Manchester City, pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Oleksandr Zinchenko. Dia merupakan salah satu bek sayap kiri andalan Pep Guardiola di sepanjang musim 2020/2021. Tak banyak yang mengetahui bahwa Oleksandr Zinchenko tampil gemilang bersama Timnas Ukraina di Piala Eropa 2020. 

Uniknya, dia tak berperan sebagai bek kiri di Piala Eropa 2020, melainkan sebagai gelandang serang. Memang, di Timnas Ukraina peran Zinchenko dirotasi sebagai gelandag serang mengingat dia mempunyai kelebihan untuk melakukan penetrasi ke lini pertahanan lawan dan crossing

Baca Juga: 6 Pasangan Kolega Ini Saling Bersaing di Fase Gugur Piala Eropa 2020

3. Joshua Kimmich - Jerman

5 Pemain Top yang Pindah Posisi di Piala Eropa 2020potret Joachim Löw bersama Joshua Kimmich(90min.com)

Di Piala Eropa 2020, Jerman memang menggunakan formasi 3-5-3. Alhasil, Joshua Kimmich dimainkan sebagai pemain sayap kanan selama bermain di kompetisi tersebut. Di Bayern Munich, pemain berusia 26 tahun itu sering bermain sebagai seorang gelandang bertahan.

Memang, beberapa tahun lalu Joshua Kimmich juga merupakan bek sayap kanan andalan Bayern Munich dan Timnas Jerman. Meskipun dirotasi sebagai pemain sayap kanan, dia sendiri berhasil tampil memuaskan dengan memberikan 2 assist di fase grup Piala Eropa 2020. 

4. Kieran Tierney - Skotlandia

5 Pemain Top yang Pindah Posisi di Piala Eropa 2020potret Kieran Tierney bersama Timnas Skotlandia(heraldscotland.com)

Fans Arsenal pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Kieran Tierney. Pemain berusia 24 tahun itu dipanggil Timnas Skotlandia untuk bertanding di Piala Eropa 2020. Di Arsenal, dia sendiri berposisi sebagai bek sayap kiri.

Dengan mengandalkan formasi 5-3-2 dan 3-5-2, Steve Clarke selaku pelatih Skorlandia memosisikan Kieran Tierney sebagai bek tengah. Sedangkan posisi bek kiri diisi oleh sang kapten, Andrew Robertson. Sayangnya, Skotlandia sendiri tak lolos ke fase gugur Piala Eropa 2020 dengan hanya mengoleksi 1 poin di Grup D.

5. Gerard Moreno - Spanyol

5 Pemain Top yang Pindah Posisi di Piala Eropa 2020potret Gerard Moreno bersama Timnas Spanyol(marca.com)

Gerard Moreno merupakan salah satu pemain kunci saat Villareal berhasil menjuarai Liga Europa 2020/2021. Tak heran jika dirinya dipanggil oleh Luis Enrique untuk membela Spanyol di Piala Eropa 2020. Di Villareal, dia bermain sebagai seorang striker

Uniknya, dia sendiri harus dirotasi sebagai seorang winger di fase grup Piala Eropa 2020. Luis ENrique sendiri lebih memilih Alvaro Morata untuk mengisi posisi striker. Meskipun begitu, Moreno sendiri sebenarnya tak kesulitan untuk menyesuaikan perannya tersebut dan bahkan dia sudah mencetak 2 assist di fase grup.

Nah, itu dia 5 pemain top yang berpindah posisi di Piala Eropa 2020. Uniknya, penampilan mereka juga tak kalah bagus saat berpindah posisi selama fase grup. Menurutmu, kelima pemain di atas lebih cocok memiliki posisi saat di klub atau negaranya?

Baca Juga: 5 Tim yang Tak Pernah Meraih Kemenangan di Fase Grup Piala Eropa 2020

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya