5 Pemain yang Pernah Memenangi PFA Young Player of the Year Beruntun

Hanya Dele Alli dan Phil Foden yang masih aktif bermain

Phil Foden berhasil memenangi penghargaan PFA Young Player of the Year 2022. Penghargaan tersebut merupakan salah satu penghargaan bergengsi bagi seorang pemain muda.

Memenangi penghargaan ini secara beruntun bukan perkara mudah. Namun, ada lima pesepak bola yang berhasil melakukan hal tersebut.

1. Phil Foden

5 Pemain yang Pernah Memenangi PFA Young Player of the Year BeruntunPhil Foden bersama Manchester City (skysports.com)

Phil Foden berhasil memenangi PFA Young Player of the Year untuk kedua kalinya pada 2022 ini. Dia pertama kali meraih penghargaan itu pada musim sebelumnya.

Foden menjadi pesepak bola pria kelima yang mampu meraih penghargaan PFA Young Player of the Year dua kali beruntun. Dia memang tampil apik setelah membawa Manchester City juara English Premier League (EPL) 2021/2022.

2. Dele Alli

5 Pemain yang Pernah Memenangi PFA Young Player of the Year BeruntunDele Alli bersama Tottenham Hotspur (teamtalk.com)

Tahun 2014—2016 menjadi masa keemasan Dele Alli di dunia sepak bola. Pada tahun tersebut, dia mendapatkan dua penghargaan PFA Young Player of the Year secara beruntun setelah tampil apik bersama Tottenham Hotspur. 

Sayangnya, dalam 2 musim terakhir, Alli mengalami penurunan karier. Dilepas secara gratis ke Everton, dia harus tersingkir dari skuad The Three Lions di bawah asuhan Gareth Southgate.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih Gelar PFA Young Player of the Year

3. Wayne Rooney

5 Pemain yang Pernah Memenangi PFA Young Player of the Year BeruntunWayne Rooney bersama Manchester United (planetfootball.com)

Wayne Rooney bergabung ke Manchester United pada 2004 setelah dibeli dari Everton. Tampil apik bersama Setan Merah, dia memenangi PFA Young Player of the Year dua kali beruntun pada 2005 dan 2006.

Rooney memutuskan kembali ke klub lamanya, Everton, pada 2017 lalu dengan status bebas transfer pada ujung kariernya. Dia kemudian gantung sepatu sebagai pesepak bola setelah membela DC United dan Derby County. Rooney kini menjadi pelatih Derby County.

4. Robbie Fowler

5 Pemain yang Pernah Memenangi PFA Young Player of the Year BeruntunRobbie Fowler bersama Liverpool (skysports.com)

Robbie Fowler merupakan satu-satunya pemain Liverpool yang berhasil meraih PFA Young Player of the Year dua kali beruntun. Dia mendapatkan penghargaan tersebut pada 1995 dan 1996.

Fowler sendiri merupakan lulusan akademi Liverpool yang diorbitkan ke skuad utama pada 1993. Setelah hengkang dari Liverpool pada 2001, dia membela beberapa klub ternama, seperti Leeds United, Manchester City, Blackburn Rovers, hingga Perth Glory.

5. Ryan Giggs

5 Pemain yang Pernah Memenangi PFA Young Player of the Year BeruntunRyan Giggs bersama Manchester United (skysports.com)

Fans Manchester United pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Ryan Giggs. Dia membela Setan Merah pada 1991—2014. Pada 2 musim pertamanya, dia berhasil meraih PFA Young Player of the Year dua kali beruntun.

Giggs kala itu tampil impresif setelah membawa Manchester United meraih trofi UEFA Super Cup dan Piala Liga. Dia sendiri memutuskan pensiun pada 2014 sebelum masuk ke dunia kepelatihan. 

Kelima pemain di atas merupakan pemain paling menjanjikan saat masih muda. Hanya Dele Alli dan Phil Foden yang masih aktif bermain sebagai seorang pesepak bola.

Baca Juga: 10 Pemain Terakhir yang Meraih Penghargaan Ligue 1 Player of the Year

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya