Comscore Tracker

7 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Piala FA

Harry Cursham masih jadi top skor dalam sejarah Piala FA

Liverpool baru saja menjuarai Piala FA 2021/2022 setelah mengalahkan Chelsea di partai final, Sabtu (14/5/2022). Liverpool berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 6-5 di babak penalti. 

Berbicara tentang Piala FA, terdapat beberapa nama yang diketahui menjadi top skor di ajang tersebut. Kebanyakan dari mereka baru saja pensiun dalam dua musim terakhir.

Kira-kira siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Harry Cursham (49 gol)

7 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Piala FApotret Harry Cursham (johnknifton.com)

Harry Cursham merupakan pesepak bola asal Inggris yang aktif bermain medio 1877. Dalam sejarahnya, dia pernah membela Notts County, Corinthian, dan Grantham Town. Selama berkarier sebagai pesepak bola, Cursham sukses mencetak 49 gol di Piala FA. 

Dengan hal tersebut, Cursham menjadi top skor di Piala FA sepanjang sejarah. Menariknya, 49 gol tersebut dicetaknya hanya dari 44 laga yang dimainkan. Hal tersebut menunjukkan betapa tajam dirinya di depan gawang tim lawan. 

2. Ian Rush (40 gol)

7 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Piala FApotret Ian Rush bersama Liverpool (liverpoolfc.com)

Ian Rush merupakan sosok yang tak asing lagi bagi Liverpool dan Newcastle United. Eks pesepak bola asal Wales itu merupakan pemain non-Inggris dengan gol terbanyak di Piala FA dalam sejarahnya. 

Setidaknya, dia sudah mencetak 40 gol dari 66 laga yang dilakoni. Tak hanya itu, dia juga berhasil mempersembahkan tiga Piala FA bagi Liverpool, yaitu pada 1986, 1989, dan 1992 lalu. 

3. Frank Lampard (27 gol)

7 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Piala FApotret Frank Lampard (skysports.com)

Pelatih baru Everton, Frank Lampard, juga masuk dalam daftar ini. Mantan pemain Chelsea dan Manchester City itu berhasil mencetak 27 gol di ajang Piala FA. 27 gol tersebut dicetaknya dari 68 laga yang dijalaninya bersama Chelsea dan West Ham. 

Dengan hal itu, Lampard jadi pemain tengah dengan gol terbanyak dalam sejarah Piala FA. Lampard juga sudah mempersembahkan empat trofi Piala FA bagi Chelsea. Sayangnya, dia gagal mempersempahkan Piala FA saat melatih Chelsea pada 2019 hingga 2021. 

Baca Juga: Rekor Buruk Mason Mount di Wembley Berlanjut di Piala FA

4. Alan Shearer (23 gol)

7 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Piala FApotret Alan Shearer bersama Newcastle United(nufc.co.uk)

Legenda Newcastle United, Alan Shearer, berhasil mencetak 23 gol dari 44 laga di ajang Piala FA. 23 gol tersebut dicetaknya selama membela Newcastle United dan Blackburn Rovers. 

Sayangnya, Shearer tak mampu menyumbang satupun trofi Piala FA selama membela Blackburn dan Newcastle United. Dia hanya mampu mempersembahkan satu trofi Premier League bagi Blackburn pada 1995. 

5. Wayne Rooney (23 gol)

7 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Piala FApotret Wayne Rooney bersama Manchester United(planetfootball.com)

Selain Alan Shearer, ada juga Wayne Rooney yang mencetak 23 gol di ajang Piala FA. Rooney mencetak 23 gol tersebut dari 50 laga yang dijalaninya bersama Manchester United dan Derby County. 

Saat ini, Rooney merupakan pelatih Derby County setelah memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepak bola sejak 2021. Sayangnya, Derby County harus terdegradasi ke League One setelah mendapatkan pengurangan poin akibat skandal finansial yang mereka alami. 

6. Jermain Defoe (21 gol)

7 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Piala FApotret Jermain Defoe saat berpisah dengan Sunderland (footballscotland.co.uk)

Jermain Defoe baru saja pensiun pada Maret 2022 lalu di klub Sunderland. Mantan penyerang timnas Inggris itu juga masuk dalam jajaran top skor Piala FA sepanjang sejarah. 

Setidaknya, Defoe sudah mencetak 21 gol dari 38 laga yang dilakoni. Sayangnya, Defoe tak pernah mencicipi trofi Piala FA selama berkarier sebagai pesepak bola. 

7. Sergio Aguero (20 gol)

7 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Piala FApotret Sergio Aguero bersama Manchester City (football-espana.net)

Legenda Manchester City, Sergio Aguero, telah mencetak 20 gol di Piala FA. Pemain asal Argentina itu membutuhkan 22 laga saja untuk mencetak 20 gol. Sebenarnya, dia berpotensi dapat mencetak lebih banyak gol jika dia mendapatkan jatah bermain yang lebih. 

Sergio Aguero memang jarang bermain di Piala FA karena dia sering ditugaskan untuk bermain di Liga Champions dan Premier League. Terlepas dari hal itu, Aguero jadi pemain dengan rasio gol per jumlah bermain tertinggi dalam daftar ini.

Harry Cursham masih jadi top skor sementara Piala FA. Kira-kira apakah ada pemain yang akan melampaui torehan Cursham tersebut di masa yang akan datang?

Baca Juga: 3 Fakta Unik di Balik Keberhasilan Liverpool Juara Piala FA

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya