9 Penjualan Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah, Ada Sterling!

Raheem Sterling dijual ke Chelsea pada 2022

Sheikh Mansour mengakuisisi Manchester City pada 2008 silam. Mereka pun langsung dikenal sebagai tim kaya raya sejak itu. Terdapat cukup banyak pemain yang dibeli dengan harga fantastis. Bahkan, ada pula pembelian yang memecahkan rekor transfer di Inggris seperti Jack Grealish.

Menariknya, ternyata The Cityzens berhasil menjual beberapa pemainnya dengan harga fantastis juga. Sejumlah pemain tercatat sebagai penjualan termahal Manchester City sepanjang sejarah. Siapa saja kiranya pemain yang dijual mahal itu?

1. Raheem Sterling (Rp909,2 miliar)

9 Penjualan Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah, Ada Sterling!Raheem Sterling (premierleague.com)

Raheem Sterling bergabung dengan Manchester City pada 2015. Setelah 7 musim berseragam biru muda, dia akhirnya pindah ke London untuk berseragam biru yang lebih tua. Sterling bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2022.

Manchester City menjualnya dengan harga 56,2 juta euro. Ini setara dengan 909,2 miliar rupiah. Sterling pun menjadi penjualan termahal Manchester City menurut catatan Transfermarkt per 15 Juni 2023 ini.

2. Ferran Torres (Rp889,8 miliar)

9 Penjualan Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah, Ada Sterling!Ferran Torres bermain bersama Manchester City. (twitter.com/FerranTorres20)

Hengkangnya Ferran Torres pada bursa transfer musim dingin 2022 cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, dia baru membela Manchester City selama semusim. Namun, Torres memilih untuk membela Barcelona setelah dibeli dengan harga 55 juta euro atau 889,8 miliar rupiah.

Ferran Torres memang tak mendapatkan menit bermain yang cukup selama di Manchester City. Dia harus berbagai jatah bermain dengan para senior. Mereka adalah Gabriel Jesus, Raheem Sterling, Riyad Mahrez, Bernardo Silva, Phil Foden, dan Jack Grealish.

3. Gabriel Jesus (Rp 844,5 miliar)

9 Penjualan Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah, Ada Sterling!Gabriel Jesus (mancity.com)

Kedatangan Erling Haaland membuat keputusan Gabriel Jesus untuk hengkang membulat. Dia pun pergi dari Manchester ke London Utara. Gabriel Jesus bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2022.

Manchester City menjualnya dengan harga 52,2 juta euro atau setara Rp844,5 miliar. Dia masuk dalam daftar penjualan termahal Manchester City sepanjang sejarah. Harganya sesuai kualitas. Gabriel Jesus cukup impresif pada musim pertamanya di Arsenal.

4. Leroy Sane (Rp792,9 miliar)

9 Penjualan Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah, Ada Sterling!Leroy Sane bermain bersama Manchester City. (twitter.com/premierleague)

Leroy Sane menjadi penyerang sayap andalan Manchester City sejak 2016. Kecepatan dan akselerasinya membuat dirinya menjadi salah satu pemain berbahaya bagi lini pertahanan lawan. Tak heran jika Bayern Munich bersedia membayar Sane dengan harga 49 juta euro atau setara 792,9 miliar rupiah pada 2020.

Leroy Sane kini tercatat sebagai penjualan termahal nomor empat Manchester City. Penjualan ini pula yang melatarbelakangi transfer Ferran Torres dari Valencia ke tim asal Manchester yang baru meraih treble winner pada 2023 itu. Namun, keduanya kini malah sudah tidak bersama Manchester City.

Baca Juga: 6 Pemain Manchester City Tertajam pada 2022/2023, Meraih Treble Winner

5. Danilo (Rp599,1 miliar)

9 Penjualan Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah, Ada Sterling!Danilo (mancity.com)

Manchester City menjual Danilo ke Juventus pada 2019. Dia dijual dengan harga 37 juta euro. Ini setara dengan 599,1 miliar rupiah.

Danilo menjadi pemain termahal yang pernah dijual Manchester City sebelum rekornya dipecahkan Leroy Sane. Menariknya, penjualan sang pemain ke Juventus diikuti pembelian Joao Cancelo. Kedua tim sepakat untuk menukar pemainnya dalam transfer.

6. Oleksandr Zinchenko (Rp567 miliar)

9 Penjualan Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah, Ada Sterling!Oleksandr Zinchenko (premierleague.com)

Oleksandr Zinchenko merupakan jebolan akademi Manchester City asal Ukraina. Dia bergabung dengan tim utama pada 2016. Namun, Zinchenko tidak juga mendapat tempat di kesebelasan.

Sang pemain yang biasa mengisi pos bek sayap kiri ini pun meninggalkan Manchester City pada 2022. Dia bergabung dengan Arsenal bersama Gabriel Jesus. Zinchenko dibeli seharga 35 juta euro. Ini setara dengan 567 miliar rupiah.

7. Shaun Wright-Phillips (Rp510,3 miliar)

9 Penjualan Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah, Ada Sterling!Shaun Wright-Phillips pernah membela Manchester City. (instagram.com/shaunwp98)

Sebelum Sheikh Mansour mengakuisisi tim, Shaun Wright-Phillips dinobatkan sebagai penjualan termahal Manchester City. Dia dijual ke Chelsea pada 2005. Manchester City kala itu belum diperhitungkan sebagai kandidat kuat juara English Premier League.

Chelsea harus merogoh kocek sebanyak 31,5 juta euro atau setara 510,3 miliar rupiah. Menariknya, dia dibeli lagi oleh Manchester City pada 2008 dengan harga yang lebih murah. Namun, Wright-Phillips tetap tidak membuat Manchester City sekuat itu.

8. Alvaro Negero (Rp453,7 miliar)

9 Penjualan Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah, Ada Sterling!Alvaro Negredo (mancity.com)

Posisi Alvaro Negredo terancam di lini depan Manchester City sejak kedatangan Pep Guardiola. Sang pemain pun dijual ke Valencia dengan harga 28 juta euro. Angka tersebut setara dengan 453,7 miliar rupiah.

Negredo sendiri kesulitan tampil optimal setelah meninggalkan Manchester City. Dia tidak lagi dipanggil Timnas Spanyol. Negredo kini hanya bermain untuk Cadiz CF LaLiga Spanyol.

9. Kelechi Iheanacho (Rp448,5 miliar)

9 Penjualan Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah, Ada Sterling!Kelechi Iheanacho (mancity.com)

Kelechi Iheanacho harus terseret arus degradasi bersama Leicester City. Dia gagal membantu timnya bertahan di EPL 2022/2023. Padahal, Iheanacho sempat dikenal sebagai penyerang haus gol.

Iheanacho dahulunya pemain Manchester City. Dia merupakan supersub yang dapat diandalkan. Oleh karena membutuhkan jam terbang lebih, Iheanacho pindah ke Leicester City pada 2017. Dia dibeli seharga 27,7 juta euro ataui setara dengan 448,5 miliar rupiah.

Ihenacho pun menjadi pemain terakhir dalam daftar ini. Ada total sembilan yang tercatat sebagai penjualan termahal Manchester City menurut Transfermarkt. Raheem Sterling menjadi yang teratas setelah dibeli Chelsea pada musim panas 2022.

Baca Juga: Kesuksesan Manchester City yang Bukan Hasil Proyek Candi

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo
  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya