Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Top Ini Sering Dituduh Melakukan Diving, Benarkah?

Termasuk Neymar dan Raheem Sterling!

Dalam dunia sepak bola, terdapat istilah khusus yang bernama diving. Dalam hal ini, pesepak bola akan berlagak seperti telah disentuh secara kasar oleh pemain lawan yang kerap membuahkan tendangan bebas atau bahkan penalti. Diving sendiri sebenarnya tak selalu menguntungkan tim pemain yang melakukannya.

Jika seorang wasit di lapangan cermat dan tak tertipu oleh pemain yang diving tersebut, wasit diperkenankan untuk mengganjar pemain itu dengan kartu merah. Sejauh ini, terdapat beberapa pesepak bola yang sering dituduh melakukan diving. Siapa saja mereka? Yuk simak penjelasannya.

1. Neymar

https://www.youtube.com/embed/zfqpqfsrHTE

Fans Barcelona dan Paris Saint-Germain pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Neymar. Pemain asal Brasil itu memang merupakan penyerang top dalam beberapa tahun terakhir. Dia merupakan pemain yang memiliki keahlian melewati pemain yang sangat lihai. 

Uniknya, banyak orang yang berpendapat bahwa Neymar juga merupakan sosok yang kerap melakukan diving. Neymar sering dianggap gampang terjatuh ketika bersentuhan dengan para pemain lawan, khususnya di kotak penalti. Selain itu, banyak orang mengira bahwa reaksi Neymar kerap berlebihan saat dilanggar oleh pemain lawan.

2. Luis Suarez

https://www.youtube.com/embed/FA5VPuXRql0

Bintang Uruguay, Luis Suarez, juga merupakan pemain yang sering dituduh kerap melakukan diving. Mantan pemain Barcelona itu memang kerap menjadi korban keganasan para bek tim lawan. Hal tersebut tak lepas dari ketajamannya di area pertahanan lawan yang sangat merepotkan para pemain bertahan lawan.

Hal itu sering dimanfaatkan Suarez untuk mendapatkan tendangan bebas atau bahkan hadiah penalti. Uniknya, tak sedikit pula aksi diving Suarez yang diketahui oleh wasit yang memimpin jalannya pertandingan. Meskipun begitu, banyak yang menilai bahwa Suarez hanya melakukan diving di situasi tertentu saja, seperti pada saat timnya ketinggalan atau di laga knockout.

Baca Juga: 10 Fakta Luis Suarez, Sosok Hebat di Balik Kesuksesan Atletico Madrid

3. Raheem Sterling

https://www.youtube.com/embed/S7dkvGHcy2k

Bintang Inggris yang bermain untuk Manchester City, Raheem Sterling, juga merupakan pemain yang kerap dituduh melakukan diving. Memang, jika berduel badan dengan lawan, Sterling memang kerap terjatuh. Meskipun begitu, Sterling sebenarnya juga kerap menjadi korban keganasan para pemain lawan karena kelihaiannya dalam melewati pemain.

Di Piala Eropa 2020, Sterling dituduh melakukan diving saat Inggris melawan Denmark di semifinal. Banyak yang mengira Sterling memang tersentuh oleh kaki pemain lawan di kotak penalti sehingga wajar jika wasit memberikan hadiah penalti. Meskipun begitu, tak sedikit pula yang menganggap bahwa reaksi Sterling cukup berlebihan.

4. Mohamed Salah

https://www.youtube.com/embed/4q_OvlNgc_w

Tak ada yang menyangka bahwa Mohamed Salah masuk dalam daftar pemain yang kerap dituduh melakukan diving. Tuduhan diving terakhir yang dilontarkan ke Mohamed Salah ialah saat dirinya dilanggar oleh Ruben Dias di kotak penalti di ajang Premier League. Alhasil, Salah mendapatkan hadiah penalti dan berhasil mengonversi menjadi sebuah gol. 

Banyak yang menilai Salah terlalu berlebihan jika terkena tangan lawan, baik di dalam maupun di luar kotak penalti. Memang situasi pelanggaran akibat terkena tangan yang tidak disengaja kerap dianggap sebagai sebuah pelanggaran oleh wasit.

5. Dele Alli

https://www.youtube.com/embed/2rZRtxvXHxs

Satu lagi pesepak bola yang kerap dituduh melakukan diving ialah Dele Alli. Pemain asal Inggris itu merupakan Tottenham Hotspur yang kehilangan posisinya pada musim lalu. Sempat dikabarkan akan bergabung Paris Saint-Germain, tampaknya hal tersebut akan sulit terealisasi dalam waktu dekat. 

Terkait dengan diving, Dele Alli kerap tertangkah basah saat melakukan diving bersama Tottenham dan Timnas Inggris. Meskipun begitu, banyak yang mengira bahwa Alli merupakan pemain yang sangat cermat dalam memanfaatkan kesempatan untuk terjatuh saat tersenggol pemain lawan.

 

Nah, itu dia 5 pesepak bola top yang kerap dituduh melakukan diving di lapangan. Aksi diving sendiri sebenarnya merupakan aksi yang tak dibenarkan dalam kondisi apa pun. Menurutmu, apakah kelima pemain di atas memang senang melakukan diving atau aksi-aksi tersebut memang tak disengaja?

Baca Juga: Dele Alli, Si Pangeran Nigeria yang Sukses Jadi Pesepak Bola

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya