3 Eks Juventus yang Pernah Bermain di Liga 1 selain Stefano Beltrame

Ada juga yang menjadi pelatih Liga 1

Nama Stefano Beltrame menjadi pembicaraan hangat penggemar sepak bola Indonesia. Persib Bandung telah mengumumkan secara resmi mantan pemain Juventus ini sebagai pemain anyarnya. Stefano Beltrame didatangkan dari Maritimo, klub asal Portugal.

Ternyata, mantan pemain Timnas Italia U-21 ini bukanlah eks Juventus pertama yang bermain di Liga 1. Tercatat, ada tiga eks Si Nyonya Tua yang pernah merumput di Indonesia. Penasaran siapa saja mereka? Langsung cek daftar berikut, guys!

1. Mohamed Sissoko penyebab batalnya Bali United menjadi juara Liga 1 2017

3 Eks Juventus yang Pernah Bermain di Liga 1 selain Stefano BeltrameMohamed Sissoko (kanan) saat bermain dalam pertandingan bertajuk Legend of the North di Stadion Anfield. (instagram.com/momosissokoofficiel)

Mohamed Sissoko merupakan pemain kelahiran Mont Saint Aignan, Prancis, 22 Januari 1985. Pemain berposisi sebagai gelandang bertahan ini bergabung bersama Juventus pada 2008. Selain Juventus, Mohamed Sissoko pernah bermain untuk klub-klub besar Eropa, yakni Valencia, Liverpool, Paris Saint-Germain, dan Fiorentina.

Pemain yang kini menjadi warga negara Mali ini adalah pemain eks Juventus pertama yang bermain di Liga 1. Sissoko bergabung bersama Mitra Kukar, klub asal Kalimantan Timur pada 2017. Ia telah bermain sebanyak 26 kali dengan torehan 5 gol dan 1 assist. Nama Mohamed Sissoko sempat menjadi buah bibir penikmat bola Tanah Air.

Saat Mitra Kukar menghadapi Bhayangkara FC pada Jumat (3/11/2017), pertandingan berakhir imbang 1-1. Namun, pertandingan tersebut diputuskan menjadi kemenangan Bhayangkara FC dengan skor 3-0. Hal ini disebabkan Mitra Kukar memainkan Sissoko yang menurut keputusan PSSI masih menjalani hukuman larangan bermain.

Dengan adanya keputusan ini, Bhayangkara FC memiliki poin yang sama dengan Bali United, yaitu 68. Secara head to head, Bhayangkara FC unggul atas Bali United sehingga Bhayangkara FC diputuskan menjadi juara Liga 1 2017.

Mohamed Sissoko hanya bermain satu musim di Liga 1. Ia memutuskan hengkang ke San Luis, klub asal Meksiko. Pada 2020, Sissoko memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepak bola profesional.

2. Douglas Packer cetak 18 gol di Liga 1

3 Eks Juventus yang Pernah Bermain di Liga 1 selain Stefano BeltrameDouglas Packer (kiri) saat memperkuat Barito Putera. (instagram.com/douglaspacker)

Selain Mohamed Sissoko ada nama Douglas Packer yang juga bermain di Liga 1 2017. Ia bermain bersama klub asal Kalimantan lainnya, yaitu Barito Putera yang berasal dari Kalimantan Selatan. Gelandang asal Brasil ini tercatat telah bermain sebanyak 62 kali di Liga 1 dan berhasil mengoleksi 18 gol dan 1 assist.

Douglas Packer bermain di Liga 1 hingga 2019. Ia memutuskan untuk melanjutkan karier sepak bolanya bersama Remo, klub asal Brasil. Sementara itu, kariernya bersama Juventus dimulai pada 2005. Setelah sempat dipinjamkan ke AC Siena, ia kemudian memilih untuk bermain bersama klub yang bermarkas di Siena, Toscana, Italia, tersebut pada 2007.

3. Marco Motta menghabiskan sebagian kariernya di Italia

3 Eks Juventus yang Pernah Bermain di Liga 1 selain Stefano BeltrameMarco Motta saat berseragam Persija Jakarta. (instagram.com/marcomotta47)

Nama Marco Motta sudah tidak asing lagi bagi penggemar Liga Italia. Sebagian besar karier sepak bola profesionalnya dihabiskan untuk bermain di Italia. Klub-klub besar yang pernah menjadi tempat bernaungnya adalah AS Roma, Undinese, Torino, Bologna, dan tentunya Juventus.

Ia mulai bermain bersama Juventus pada 2011. Sebelumnya, ia pernah bermain di Juventus pada 2010, tetapi dengan status pemain pinjaman. Pada 2015, Marco Motta memutuskan hengkang dari Juventus ke Inggris dan bermain untuk Watford.

Pada 2020, Marco Motta memutuskan untuk melanjutkan karier sepak bolanya di Indonesia, tepatnya bersama Persija Jakarta. Selama dua tahun bergabung bersama Persija Jakarta, pemain berposisi sebagai bek ini telah mencatatkan 25 penampilan dengan koleksi 1 gol dan 3 assist. Pada 2023, ia memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional.

Ternyata, selain eks Juventus yang pernah menjadi pemain sepak bola di Liga 1, ada juga yang menjadi pelatih. Angelo Alessio, mantan pelatih Persija Jakarta ini merupakan pemain Juventus era tahun '80-an. Ia mulai bergabung bersama Si Nyonya Tua pada 1987 sebagai penyerang sayap.

Angelo Alessio didatangkan Persija dari Kilmarnock asal Skotlandia pada 2021. Namun, karier pelatihnya di Persija Jakarta harus berhenti pada 2022. Ia dipecat lantaran dianggap tidak mampu memperbaiki performa Macan Kemayoran.

Eks pemain Juventus yang bermain di Liga 1 di atas berstatus sebagai marquee player. Hal ini disebabkan mereka pernah memperkuat klub-klub besar di Eropa. Akankah kedatangan Stefano Beltrame akan mendongkrak popularitas Liga 1?

Baca Juga: Inilah yang Akan Terjadi Bila 6 Superstar Sepak Bola jadi Marquee Player Liga 1 Indonesia

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya