Berkontribusi Besar, 5 Pemain Luar Biasa Ini Malah Digaji Kecil

Sepak bola terkadang tidak begitu adil

Sepakbola merupakan salah satu olahraga paling sering dicermati di seluruh dunia. Jumlah tekanan yang diberikan kepada pemain, entah itu tua atau muda, sangatlah besar. Maka tak heran, jika para pemain sepak bola selalu diganjar dengan gaji yang cukup tinggi dibanding profesi lainnya.

Gaji seorang pemain sepak bola ditentukan oleh oleh banyak faktor, seperti kualitas pemain itu sendiri atau struktur keuangan klub. Sementara sebagian besar pemain dibayar dengan gaji yang layak dan sepatutnya, 5 pemain ini malah mendapat gaji yang sangat kecil untuk ukuran pemain yang berkontribusi besar bagi klub. Kira-kira siapa saja? Langsung saja simak ulasan dibawah ini.

1. Christian Eriksen - £75,000/minggu

Berkontribusi Besar, 5 Pemain Luar Biasa Ini Malah Digaji Kecilfourfourtwo.com

Terasa cukup aneh ketika mengetahui apabila Christian Eriksen yang dikenal sebagai gelandang penuh visi dengan kemampuan passing sempurna, dibayar kurang dari setengah dari apa yang mungkin bisa ia hasilkan di dunia sepak bola. Dengan bayaran yang hanya £75.000/minggu, Eriksen menjadi salah satu pemain andalan Pochettino yang membantu Spurs menduduki tempat yang relevan di kompetisi Eropa, saat ini.

Di musim ini, Eriksen telah mencetak 14 gol dan 11 assist di semua kompetisi. Selain catatan yang terbilang fantastis itu, musim ini Eriksen juga banyak membantu Spurs mengantongi poin yang seharusnya tidak bisa mereka kantongi. Tidak menutup kemungkinan apabila Spurs tidak menaikkan gaji Eriksen, maka ia suatu saat akan pergi ke klub lain yang mungkin lebih menghargainya.

2. Paulo Dybala - £92,000/minggu

Berkontribusi Besar, 5 Pemain Luar Biasa Ini Malah Digaji Kecilen.as.com

Paulo Dybala telah menunjukkan performa yang cemerlang yang membuatnya dijuluki ‘The Next Leo Messi’. Meski ia masih memiliki karir yang cukup panjang, Dybala saat ini bisa dibilang merupakan salah satu gelandang serang terbaik di sepak bola. Kemampuan kaki kirinya, digadang-gadang menjadi yang terbaik kedua setelah Leo Messi. Dalam beberapa tahun terakhir, Dybala selalu memainkan peran penting bersama Juventus, terutama di Liga Champions.

Sayangnya, mengetahui fakta bahwa ia hanya dibayar £92.000/minggu, terasa sangat tidak adil. Beberapa pemain yang tidak berkontribusi besar seperti Yaya Toure, bahkan dibayar lebih dari dua kali lipat jumlah gaji itu. Meski beberapa media menyebutkan jika Dybala akan mendapatkan kenaikan gaji menjadi £120.000/minggu, tetap saja, jumlah ‘sekecil’ itu masih terasa kurang untuk pemain dengan kontribusi besar seperti Dybala.

3. Dele Alli - £50,000/minggu

Berkontribusi Besar, 5 Pemain Luar Biasa Ini Malah Digaji Kecilstandard.co.uk

Tottenham Hotspur memang dikenal sebagai klub yang selalu membayar pemain, kurang dari apa yang seharusnya pemain itu dapatkan. Dan korban terbarunya adalah Dele Alli. Alli merupakan salah satu wonderkid terbaik yang menarik banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Sayangnya, saat ini, ia dibayar luar biasa kurang dari yang seharusnya ia dapatkan. Perpanjangan kontrak yang ia setujui tahun 2016 kemarin, membuat ia hanya dibayar £50.000/minggu.

Jumlah itu bahkan hampir setengah dari apa yang Jesse Lingard dapatkan di Manchester United. Dan dengan fakta bahwa Alli masih lebih baik dari Lingard secara keseluruhan, jumlah gaji seperti itu rasanya tidak masuk akal dan perlu dipertanyakan. Rumor menyebutkan jika Alli akan segera mendapatkan kenaikan gaji dua kali lipat dari apa yang ia dapatkan saat ini, namun nampaknya kenaikan gaji tersebut tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

4. Harry Kane - £100,000/minggu

Berkontribusi Besar, 5 Pemain Luar Biasa Ini Malah Digaji Kecileurosport.com

Sederhananya, Harry Kane merupakan salah satu striker terbaik di dunia, saat ini. Pemain asal Inggris itu, selalu mencetak lebih dari 25 gol di Liga Premier selama 3 musim berturut-turut, dan itu merupakan catatan yang luar biasa. Kemunculan Harry Kane menjadi salah satu fenomena terbesar yang pernah terjadi di era Pochettino. Kemampuan Kane untuk mencetak gol lewat kaki maupun kepala, membuatnya menjadi striker yang lengkap.

Untuk striker yang telah mencetak 41 gol di semua kompetisi musim ini, gaji sebesar £100.000/minggu pasti membuatnya merasa kurang dihargai. Maka sama seperti rumor yang terjadi pada Dele Alli, desas-desus kenaikan gaji dua kali lipatnya yang ‘katanya’ akan segera didapatkan Kane, nampaknya tidak akan pernah terwujud.

5. Mohamed Salah - £120,000/minggu

Berkontribusi Besar, 5 Pemain Luar Biasa Ini Malah Digaji Kecilliverpooloffside.sbnation.com

Ketika datang ke Inggris musim panas lalu, banyak pers yang menertawai Klopp karena membeli pemain ‘setengah jadi’, yaitu Mohammed Salah. Akan tetapi, Mo Salah musim ini seakan membuat pengkritik itu memakan kata-kata mereka sendiri, dan membuat mereka berbalik untuk memuji performanya. Di musim pertamanya di Liga Premier, Mo Salah langsung tancap gas, dengan memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu musim, mengalahkan Cristiano Ronaldo, Luis Suarez dan Alan Shearer.

Sebenarnya, Mo Salah tidak dibayar dengan gaji yang sangat kecil. Akan tetapi, untuk seorang pemain yang telah mencetak 42 gol dan 14 assist musim ini, rasanya gaji £120.000/minggu terasa kurang. Terlebih, pemain seperti Alexis Sanchez yang kurang bersinar musim ini, malah mendapat gaji tiga kali lipat dari jumlah itu. Mo Salah menjadi kandidat kuat untuk masuk ke dalam nominasi Ballon D’or tahun ini, dan apabila ia berhasil memenangkan Liga Champions, bukan tidak mungkin ia akan mendapat penghargaan pemain terbaik dunia itu.

Demikian tadi sejumlah info mengenai pemain-pemain berkontribusi besar yang hanya dibayar sedikit oleh klubnya. Sepak bola terkadang memang menyajikan fakta yang tidak adil dan berat sebelah. Semoga saja, pemain-pemain di atas, segera mendapatkan gaji yang sesuai dengan apa yang selama ini mereka lakukan kepada klub.

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya