Meski Dibayar Mahal, 5 Pemain Ini Minim Kontribusi Bagi Klubnya

Pemain-pemain berikut tak layak dapat bayaran selangit

Dengan bayaran yang terbilang luar biasa besar, maka tak heran jika pemain sepak bola memiliki gaya hidup yang mewah alias glamor. Akan tetapi, di dunia sepak bola, gaji pemain tidak selalu mencerminkan kualitas dari pemain itu sendiri.

Dalam beberapa kasus, banyak pemain dengan kontribusi besar untuk tim mendapatkan gaji yang sedikit, sedangkan yang minim kontribusi malah diberi gaji yang sangat besar. Berikut 5 pemain dengan bayaran termahal namun minim kontribusi.

1. Ousmane Dembele - £220.000/minggu

Meski Dibayar Mahal, 5 Pemain Ini Minim Kontribusi Bagi KlubnyaBeinsports.com

Ousmane Dembele belum benar-benar bersinar setelah pindah ke Barcelona dengan nilai transfer yang sangat mahal. Di musim ini saja, Dembele harus kehilangan sebagian besar pertandingan karena cedera hamstring. Meski di awal Dembele telah menunjukkan potensi yang cukup menjanjikan, namun ia belum pada tingkatan dimana ia pantas digaji £220.000/minggu.

Sejauh ini, Dembele baru mencetak 3 gol dari 16 pertandingan dan itu bukanlah statistik yang mengesankan untuk pemain dengan nilai transfer mencapai triliunan rupiah. Mungkin saja, Dembele baru bisa memberi penampilan yang diharapkan oleh Barcelona dalam beberapa musim ke depan. Namun terlepas dari semua itu, Dembele saat ini masih menjadi pemain muda dengan bayaran tertinggi di dunia

2. Yaya Toure - £220.000/minggu

Meski Dibayar Mahal, 5 Pemain Ini Minim Kontribusi Bagi Klubnyaeurosport.com

Yaya Toure telah menjadi pemain penting di Manchester City dalam beberapa tahun terakhir. Pemain asal Pantai Gading ini menunjukkan kemampuan terbaiknya sebagai gelandang box-to-box yang tidak hanya fasih di lini tengah, namun juga pintar dalam membantu lini serang. Sayangnya, semenjak kedatangan Pep Guardiola, Yaya Toure jarang mendapat kesempatan bermain.

Padahal pemain berusia 35 tahun ini, memiliki bayaran yang sangat tinggi untuk ukuran pemain yang jarang dibawa bertanding. Bayangkan saja, Yaya Toure digaji sebesar £220.000/minggu yang notabene dua kali lipat gaji Harry Kane yang dalam beberapa musim terakhir berkontribusi besar untuk Spurs. Menurut beberapa sumber, Yaya Toure akan meninggalkan Manchester City pada akhir musim ini.

3. Alexis Sanchez - £350,000/minggu

Meski Dibayar Mahal, 5 Pemain Ini Minim Kontribusi Bagi Klubnyacityam.com

Alexis Sanchez sejauh ini belum menunjukkan performa terbaiknya semenjak bergabung dengan Manchester United dari Arsenal pada Januari lalu. Sanchez sering dikritik karena dianggap tidak cocok dan menghambat gaya permainan dari MU. Salah satu alasan kenapa Sanchez lebih memilih MU ketimbang City adalah tawaran gaji yang jauh lebih besar.

Pemain asal Chile ini digaji sebesar £350,000/minggu, yang bisa dibilang terlalu tinggi untuk pemain minim kontribusi dan gol. David De Gea saja yang bersinar musim ini berkat penampilan ciamik dibawah mistar, hanya digaji sebesar £200,000/minggu. Mungkin, butuh waktu adaptasi yang lebih lama lagi agar Sanchez bisa memenuhi harapan MU.

4. Gareth Bale - £350,000/minggu

Meski Dibayar Mahal, 5 Pemain Ini Minim Kontribusi Bagi Klubnyafootballwest.tv

Tidak ada yang menyangkal kualitas Gareth Bale. Mantan pemain Tottenham Hotspur ini, tidak diragukan lagi merupakan salah winger tercepat dan terbaik di dunia. Akan tetapi, Bale tidak menjadi pemain seperti yang diharapkan fans ketika pertama kali bergabung dengan Real Madrid dengan nilai transfer yang cukup besar.

Selama berseragam Los Blancos, Bale seringkali dilanda cedera yang membuat pihak klub maupun fans, frustasi. Akibatnya, ia dikabarkan akan meninggalkan klub musim ini, untuk kembali ke Liga Premier. Bale sendiri dibayar hampir setara dengan Cristiano Ronaldo, yaitu sebesar £350,000/minggu. Benar memang, jika Bale mungkin bisa berkontribusi banyak apabila tidak sering dilanda cedera, namun fakta bahwa ia jarang dimainkan musim ini, membuat banyak pihak menggangap jika Bale tidak harus dibayar setinggi itu.

5. Oscar - £400.000/minggu

Meski Dibayar Mahal, 5 Pemain Ini Minim Kontribusi Bagi Klubnyafoxsports.com

Tidak ada penjelasan logis yang bisa menjelaskan kenapa seorang pemain muda berbakat asal Brazil bernama Oscar, memutuskan untuk pindah ke Liga Super China padahal lumayan bersinar ketika bermain di Liga Premier bersama Chelsea. Akan tetapi, dengan jumlah gaji yang diberitakan, sepertinya kita semua sudah paham jika alasan utama di balik semua itu adalah keuangan.

Oscar sendiri dibayar £400.000/minggu oleh Shanghai SIPG. Para miliader Cina memang dikenal gemar berinvestasi di bidang olahraga, terutama sepak bola. Bahkan, mereka rela mengeluarkan uang yang cukup besar, demi bisa menggaet beberapa talenta terbaik di dunia. Terlepas dari fakta bahwa Oscar memang berbakat, mendapat gaji diatas Cristiano Ronaldo dan Griezmann rasanya tidak adil.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai pemain-pemain dengan bayaran termahal namun minim kontribusi bagi klub. Cukup memprihatinkan memang, mengingat masih banyak pemain-pemain berbakat diluar sana, yang memiliki kontribusi besar bagi klub, namun digaji dengan jumlah yang tidak seharusnya.

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya