Orang Terkaya di Inggris Ternyata Masih Mau Beli Manchester United

Ratcliffe siap beli MU seharga Rp89 triliun

Jakarta, IDN Times - Salah satu orang terkaya Inggris, Sir Jim Ratcliffe, kembali membangkitkan niatnya buat membeli Manchester United dari Keluarga Glazer. Ratcliffe tertarik untuk membeli MU setelah Keluarga Glazer mengungkapkan niat untuk menjual sebagian saham klub.

Kemarin (17/8/2022), Keluarga Glazer dilaporkan akan menjual saham minoritasnya. Opsi ini keluar mengingat desakan fans yang begitu masif akan keterbukaan Keluarga Glazer untuk investor baru di klub.

Belum rela melepas kepemilikan MU dengan skala besar, Keluarga Glazer hanya mau melepasnya senilai lima miliar poundsterling atau setara Rp89 triliun.

1. Investor yang potensial

Orang Terkaya di Inggris Ternyata Masih Mau Beli Manchester UnitedSir Jim Ratcliffe (youtube.com/INEOS)

Ratcliffe, pria yang memiliki kekayaan hingga 25 miliar dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp369 triliun, dianggap sebagai investor potensial buat MU. Selain kerajaan bisnisnya yang begitu besar, Ratcliffe juga merupakan fans MU.

Fakta inilah yang bikin Ratcliffe bisa nyetel dengan MU. Ada peluang kalau dia akan lebih membumi dan bisa mendengarkan suara fans ketimbang Keluarga Glazer.

"Jika ada rencana penjualan klub, Jim jelas merupakan pembeli potensial. Kami pastinya tertarik untuk berbicara prospek kepemilikan klub dalam jangka panjang. Ini bukan soal berapa uang yang akan dihabiskan," ujar juru bicara INEOS, perusahaan milik Ratcliffe, kepada The Times.

Baca Juga: Orang Super Kaya Inggris Ilfil Lihat Manchester United

2. Sempat mau beli Chelsea

Orang Terkaya di Inggris Ternyata Masih Mau Beli Manchester UnitedSir Jim Ratcliffe (platformlondon.org)

Ratcliffe sebenarnya nyaris menjadi pemilik Chelsea. Ketika Roman Abramovich mengumumkan penjualan kepemilikan The Blues, Ratcliffe dengan cepat menggelar negosiasi.

Namun, kala itu Ratcliffe kalah dari Todd Boehly yang didukung sejumlah kawannya untuk membeli Chelsea secara konsorsium. Tawaran Ratcliffe yang cuma 4,25 miliar poundsterling atau setara dengan Rp75 triliun, masih kalah dari Boehly dan kawan-kawan.

Baca Juga: Keluarga Glazer Mulai Pikirkan Jual Saham Manchester United

3. Sempat bilang MU sudah bobrok

Orang Terkaya di Inggris Ternyata Masih Mau Beli Manchester UnitedGlazer Family (skysports.com

Beberapa waktu lalu, Ratcliffe sebenarnya sempat menyoroti kebijakan manajemen MU dan merasa ilfil. Kebijakan manajemen MU di bawah Keluarga Glazer, menurut Ratcliffe, banyak yang aneh.

Ratcliffe menilai saat ini MU terlalu banyak menghamburkan uang untuk urusan tak penting. Kesabaran manajemen MU begitu buruk dan selalu salah dalam mengambil keputusan terkait manajer.

Pun, menurutnya, MU terlalu gegabah dalam urusan membeli pemain. Keputusan mendatangkan Fred, jadi sorotan Ratcliffe.

"Kami tak pernah mau menghabiskan uang dengan cuma-cuma. Mereka tak pernah memilih manajer dengan benar, beli pemain juga selalu salah, seperti saat mendatangkan Fred. Kami tak akan pernah membeli pemain dengan gegabah seperti itu," kata Ratcliffe dilansir Daily Mirror.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya