10 Gelandang Terbaik di Premier League Sepanjang Tahun 2020, Gemilang!

Adakah gelandang jagoanmu?

Premier League tidak pernah kekurangan gelandang berkualitas. Hingga saat ini kita bisa melihat gelandang-gelandang terbaik bermain di Premier League. Dalam pertandingan dengan intensitas tinggi, para gelandang harus bisa berpikir secara secara cepat.

Hampir semua klub di Premier League memiliki gelandang luar biasa dalam daftar skuad mereka. Dari gelandang kreatif hingga yang bertipikal bertahan. Dengan perbedaan gaya bermain, setiap gelandang berperan penting dalam membangun serangan. Siapa saja gelandang terbaik di Premier League sepanjang tahun 2020? Berikut kami sajikan ulasannya dalam hitung mundur. 

Baca Juga: N'Golo Kante Jadi Pemain dengan Peran Terbesar di Chelsea Musim Ini

10. N'Golo Kante (Chelsea)

10 Gelandang Terbaik di Premier League Sepanjang Tahun 2020, Gemilang!foxsports.co.id

N'Golo Kante bisa dibilang sebagai gelandang bertahan terbaik di dunia saat menjuarai Premier League bersama bersama Leicester City dan Chelsea. Tak hanya itu, ia juga turut mengantar Timnas Prancis menjuarai Piala Dunia. Perubahan pelatih di Chelsea juga tidak memengaruhi posisinya sebagai pilar utama.

Meskipun ada beberapa perbedaan gaya bermain, Kante telah tumbuh dengan peran yang baru dan telah melakukannya dengan cukup baik. Hal itu terbukti dari 14 pertandingan Chelsea musim ini, Kante selalu menjadi pilihan utama.

9. Rodri (Manchester City)

10 Gelandang Terbaik di Premier League Sepanjang Tahun 2020, Gemilang!mancity.com

Bergabungnya Rodri ke dalam skuat Manchester City telah memberi efek positif dari sisi penyerangan. Sulit menemukan gelandang lain yang bisa mendominasi penguasaan bola sebanyak Rodri. Pemain berusia 24 tahun itu membuat jumlah operan paling banyak di Premier League musim 2019/2020.

Selain itu, ia juga menjadi pemain dengan jumlah sentuhan paling banyak. Gelandang asal Spanyol ini adalah pengumpan bola yang sangat baik dengan rata-rata 70 operan per pertandingan dan menyelesaikan lebih dari 90 persen dari percobaan operan.

8. Mason Mount (Chelsea)

10 Gelandang Terbaik di Premier League Sepanjang Tahun 2020, Gemilang!premierleague.com

Mason Mount menjadi pemain penting saat Chelsea menduduki posisi empat besar pada musim lalu. Dengan adanya larangan transfer, Frank Lampard sangat bergantung pada pemain muda seperti Mount. Pemain 21 tahun ini adalah gelandang yang cukup sering masuk dalam line up pertama The Blues.

Musim lau, ia menjadi starter dalam 32 pertandingan Premier League dan mencetak 7 gol serta 5 assist. Pada musim ini, Mount telah berhasil mencetak 1 gol dan 3 assist dari 13 pertandingan. Berkat penampilan impresifnya bersama Chelsea, ia mendapat panggilan untuk membela Timnas Inggris.

7. Joao Moutinho (Wolves)

10 Gelandang Terbaik di Premier League Sepanjang Tahun 2020, Gemilang!goal.com

Wolverhampton Wanderers memiliki maestro lini tengah, Joao Moutinho, yang tampil sangat baik pada musim 2019/2020. Beroperasi sebagai gelandang tengah, Moutinho adalah kunci bagi Wolves untuk bersaing di papan atas Premier League musim lalu.

Pemain berkebangsaan Portugal ini berkontribusi besar, baik dalam bertahan maupun menyerang. Moutinho juga seorang spesialis bola mati yang andal dalam mengirim umpan ke kotak penalti. Musim lalu ia mencatatkan 1 gol dan 6 assist dari 38 pertandingan Premier League. Pada musim ini pemain 34 tahun tersebut telah tampil dalam 12 pertandingan Premier League.

6. Fabinho (Liverpool)

10 Gelandang Terbaik di Premier League Sepanjang Tahun 2020, Gemilang!anfieldwatch.co.uk

Sejak bergabung dengan Liverpool, Fabinho berkembang menjadi gelandang paling diandalkan Jurgen Klopp dalam kurun waktu dua setengah tahun. Gelandang asal Brasil ini merupakan seorang gelandang bertahan yang sangat baik dan membuat lini tengah The Reds cukup solid.

Fabinho juga merupakan pemain yang serbabisa. Tak hanya sebagai gelandang, ia juga kerap dimainkan Klopp sebagai pemain belakang, seperti bek tengah. Dengan banyaknya pemain belakang yang cedera, Fabinho menjadi pemain yang sangat penting bagi The Reds saat ini. Sejauh ini ia telah tampil dalam 12 pertandingan Premier League musim ini.

Baca Juga: Ricardo Kaka Puji Trio Brazil Liverpool: Firmino, Alisson, dan Fabinho

5. Wilfred Ndidi (Leicester City)

10 Gelandang Terbaik di Premier League Sepanjang Tahun 2020, Gemilang!independent.co.uk

Sangat disayangkan Wilfred Ndidi harus absen dalam beberapa pertandingan musim ini. Jika ia selalu fit, Leicester City bisa menjadi kekuatan yang luar biasa musim ini. Ndidi adalah gelandang bertahan terbaik di Premier League musim lalu.

Pemain asal Nigeria ini menjadi pemain dengan tekel terbanyak. Tak hanya itu, Ndidi juga jago dalam duel udara yang membuatnya mendominasi areanya. Masih berusia 24 tahun, ia tentu saja memiliki karier yang masih panjang.

4. Jordan Henderson (Liverpool)

10 Gelandang Terbaik di Premier League Sepanjang Tahun 2020, Gemilang!premierleague.com

Kapten Liverpool, Jordan Henderson, tak boleh ketinggalan dalam daftar ini. Meskipun sudah tak muda lagi, gelandang asal Inggris ini tampil sangat baik di bawah asuhan Jurgen Klopp. Dipercaya sebagai kapten membuatnya berusaha keras untuk menguasai lini tengah.

Hal tersebut pun berbuah hasil dengan membawa The Reds menjadi juara Premier League musim lalu. Pemain 30 tahun ini masih kuat bermain dalam 30 pertandingan Premier League musim lalu. Ia mencatatkan 4 gol dan 5 assist. Pada musim ini, Henderson sudah membela The Reds dalam 11 pertandingan Premier League.

3. Jack Grealish (Aston Villa)

10 Gelandang Terbaik di Premier League Sepanjang Tahun 2020, Gemilang!Instagram.com/jackgrealish

Jack Grealish menjadi pemain terbaik yang dimiliki Aston Villa dalam beberapa tahun terakhir. Gelandang asal Inggris ini membantu Aston Villa keluar dari zona degradasi musim lalu. Berkat penampilan impresifnya bersama The Villans, Grealish sempat menjadi incaran klub-klub elite.

Namun, hingga saat ini ia masih menjadi kunci permainan Villa, bahkan dipercaya sebagai kapten. Pada musim lalu ia membela Aston villa dalam 36 pertandingan Premier League. Grealish mencatatkan 8 gol dan 6 assist. Penampilannya musim ini semakin menjanjikan dengan torehan 5 gol dan 7 assist dari 12 pertandingan.

2. Bruno Fernandes (Manchester United)

10 Gelandang Terbaik di Premier League Sepanjang Tahun 2020, Gemilang!skysports.com

Keputusan Manchester United mendatangkan Bruno Fernandes pada Januari lalu sangat tepat. Pemain berkebangsaan Portugal itu langsung membuat Setan merah menjadi tim yang lebih baik. Sejak bergabung, Fernandes membawa United keluar dari keterpurukan. Dengan kemampuan yang dimilikinya, ia berhasil membawa MU finis di posisi ketiga Premier League musim lalu.

Pemain 26 tahun ini benar-benar menjadi ruh permainan Setan merah saat ini. Meskipun hanya bermain setengah musim, ia mencatatkan 8 gol dan 7 assist dari 14 pertandingan Premier League. Pada musim ini penampilannya semakin menjadi dengan torehan 10 gol dan 6 assist dari 14 pertandingan.

1. Kevin De Bruyne (Manchester City)

10 Gelandang Terbaik di Premier League Sepanjang Tahun 2020, Gemilang!mancity.com

Kevin De Bruyne layak disebut sebagai gelandang terbaik Premier League pada tahun 2020 ini. Pemain asal Belgia ini telah menjadi bintang di lini tengah Manchester City. Meskipun gagal membawa The Citizens mempertahankan gelar, De Bruyne meraih beberapa penghargaan pribadi pada musim lalu.

Penghargaan yang diraih De Bruyne di antaranya adalah Goal of the Month, Player of the Season, dan Best Playmaker. Hal tersebut membuktikan bahwa ia masih menjadi gelandang berkualitas saat ini. Pada musim lalu ia menorehkan 13 gol dan 20 assist dari 35 pertandingan. Sementara musim ini, ia mencetak 2 gol dan 7 assist dari 12 pertandingan.

 

Itulah sepuluh gelandang terbaik di Premier League sepanjang tahun 2020. Bukan tahun yang mudah memang, namun para gelandang tersebut tetap menonjolkan kualitasnya. Bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: 10 Gelandang Serang Terbaik Tahun 2020 Versi ESPN, Banyak Nama Baru!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya