Comscore Tracker

5 Pelatih Terbaik yang Menangani Chelsea di Era Roman Abramovich

Siapa yang terbaik menurutmu?

Chelsea merupakan klub elite Premier League yang bergelimang prestasi, khususnya sepanjang abad ke-21. Klub London itu dimiliki seorang pengusaha kaya asal Rusia, Roman Abramovich, sejak 2003. Taipan asal Rusia itu mendatangkan pemain-pemain papan atas demi raih prestasi instan. Di balik kesuksesan yang diraih Chelsea selama ini, ada kisah sadis, khususnya bagi para pelatih.

The Blues menjadi klub yang tidak kenal belas kasih bagi pelatih yang tak mampu membawa Chelsea tampil apik. Bahkan, tak sedikit pelatih yang sudah memberikan prestasi untuk The Blues tetap merasakan pedihnya pemecatan. Di era Abramovich, total sudah ada 12 pelatih yang menangani Chelsea, termasuk Frank Lampard yang baru saja dipecat.

Dari banyaknya pelatih tersebut, kira-kira siapa yang bisa dikatakan paling baik? Berikut kami sajikan ulasan pelatih terbaik yang menangani Chelsea di era Roman Abramovich.

Baca Juga: 5 Pemain Tottenham Hotspur yang Tidak Masuk Skema Jose Mourinho

1. Jose Mourinho

5 Pelatih Terbaik yang Menangani Chelsea di Era Roman Abramovichpremierleague.com

Jose Mourinho layak disebut sebagai pelatih terbaik yang pernah menangani Chelsea. Pelatih berkebangsaan Portugal itu melatih The Blues dalam dua periode, yakni pada 2004--2007 dan 2013--2015. Selama dua periode tersebut, Mourinho telah membawa The Blues ke puncak kejayaan.

Total sudah 7 gelar telah diraih Mou selama menangani klub biru London itu. Rinciannya adalah 3 trofi Premier League, 3 trofi Piala Liga, dan 2 trofi Piala FA. Secara statistik, Mou telah menangani Chelsea dalam 321 pertandingan dengan catatan 204 kemenangan, 104 hasil imbang, dan sisanya kalah.

2. Carlo Ancelotti

5 Pelatih Terbaik yang Menangani Chelsea di Era Roman Abramovichgoal.com

Berikutnya ada Carlo Ancelotti yang juga cukup sukses saat menangani Chelsea. Setelah sukses membawa AC Milan berjaya, Ancelotti tentu saja diharapkan bisa membawa Chelsea berprestasi. Harapan itu hanya terjawab dengan dua raihan trofi domestik yang membuatnya juga terdepak.

Pelatih asal Italia itu menjadi juru taktik The Blues sejak Januari 2009 hingga akhir musim 2011. Dua trofi domestik yang diraihnya adalah 1 trofi Premier League dan 1 trofi Piala FA. Ancelotti memimpin skuad biru London dalam 109 pertandingan dengan catatan 67 kemenangan, 20 hasil imbang, dan 22 kekalahan.

3. Antonio Conte

5 Pelatih Terbaik yang Menangani Chelsea di Era Roman Abramovichpremierleague.com

Setelah penampilan Chelsea di periode kedua Jose Mourinho dan Guus Hiddink tak terlalu sukses, Antonio Conte ditunjuk untuk menggantikannya. Conte menangani Chelsea sejak musim 2016/2017 dan bertahan hingga akhir musim 2017/2018. Di awal kepemimpinannya, Conte memiliki tugas berat karena pada musim sebelumnya, The Blues menempati posisi kesepuluh.

Namun, pelatih asal Italia itu menunjukkan kualitasnya dalam melatih. Di musim perdananya, ia sukses membawa The Blues meraih trofi Premier League. Namun, pada musim berikutnya, ia hanya mampu meraih trofi Piala FA. Selama menjadi pelatih The Blues, ia mencatatkan 106 pertandingan, 69 kemenangan, 17 imbang, dan 20 kekalahan.

4. Roberto Di Matteo

5 Pelatih Terbaik yang Menangani Chelsea di Era Roman Abramovichbleacherreport.com/Alex Livesey/Getty Images

Pelatih asal Italia lainnya yang pernah menangani Chelsea adalah Roberto Di Matteo. Awalnya, ia hanya ditunjuk sebagai pelatih sementara untuk menggantikan Andre Villas-Boas yang dipecat pada Maret 2012. Namun anehnya, Chelsea tampil gemilang saat ditangani Di Matteo yang membuat ia dikontrak permanen pada musim berikutnya.

Salah satu prestasi fenomenalnya adalah mengantarkan The Blues menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya pada tahun 2012. Satu prestasi lainnya yang ia raih adalah menjuarai Piala FA. Meskipun telah mencatatkan sejarah, ia tak lepas dari sadisnya Abramovich. Pada November 2012, ia didepak dari kursi pelatih The Blues. Sebelum dipecat, ia mencatatkan 42 pertandingan dengan 25 kemenangan, 8 hasil imbang, dan 9 kekalahan.

5. Guus Hiddink

5 Pelatih Terbaik yang Menangani Chelsea di Era Roman Abramovichbleacherreport.com/Andrew Redington/Getty Images

Pelatih kelima dalam daftar ini adalah Guus Hiddink yang menangani Chelsea dalam dua periode. Pelatih berkebangsaan Belanda itu kerap dipercaya Chelsea untuk menggantikan pelatih yang dipecat.

Periode pertama dipercaya menggantikan Felipe Scolari pada Februari 2009 hingga akhir musim. Kemudian, pada Desember 2015, ia kembali ke Stamford Bridge setelah Jose Mourinho terdepak. Ia pun dipercaya menukangi The Blues hingga akhir musim. Sosok yang memiliki spesialis sebagai pelatih interim di Chelsea ini juga pernah meraih trofi, yakni 1 trofi Piala FA. Selama menukangi The Blues, Hiddink mencatatkan 49 pertandingan dengan catatan 26 kemenangan, 16 hasil imbang, dan 7 kali kekalahan.

 

Itulah lima pelatih terbaik yang pernah menangani Chelsea di era Roman Abramovich. Selain pelatih tersebut, beberapa pelatih yang juga pernah ditunjuk sebagai juru taktik Chelsea adalah Maurizio Sarri, Luiz Felipe Scolari, Andre Villas-Boas, Rafael Benitez, Avram Grant, dan Frank Lampard. Siapa pelatih terbaik menurut kamu?

Baca Juga: 5 Pelatih Tertua dalam Sejarah Premier League, Ada Guus Hiddink!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya