Comscore Tracker

5 Pemain Manchester United Paling Diandalkan Sir Alex Ferguson

Pemain yang berjasa dalam kariernya!

Berbicara Sir Alex Ferguson, tentu saja tidak bisa dilepaskan dari Manchester United. Sosok ikonik yang satu ini tentu tak bisa dipisahkan dari sejarah Setan merah. Ferguson atau sosok yang akrab dipanggil Fergie ini sukses membawa The Reds Devils meraih kejayaan tertinggi sepanjang sejarah klub.

Fergie sendiri menangani United sejak tahun 1986 hingga akhir kariernya tahun 2013. Di balik kesuksesannya menjadi juru taktik MU, pelatih asal Skotlandia ini tentu saja memiliki pemain yang diandalkan. Nama-nama seperti Gary Neville hingga Ryan Giggs tentu saja masuk dalam daftar ini. Lalu siapa saja pemain United yang paling diandalkan Fergie selama kariernya? Berikut ulasan 5 pemain di antaranya.

Baca Juga: 7 Rekrutan Termahal Sir Alex Ferguson Selama Kariernya, Siapa Terbaik?

1. Ryan Giggs (908 Pertandingan)

5 Pemain Manchester United Paling Diandalkan Sir Alex Fergusontwitter.com/utdarena

Ryan Giggs menjadi pemain Manchester United yang paling diandalkan Sir Alex Ferguson. Giggs merupakan legenda Manchester United yang berasal dari Wales. Menjalani debut pada musim 1992/1993, Giggs dimainkan Fergie dalam 908 laga. Jumlah tersebut ia mainkan dalam 23 musim berseragam Setan Merah.

Giggs terbilang cukup sukses selama berada dalam asuhan Fergie. Ia berhasil meraih gelar juara Premier League sebanyak 13 kali. Sementara itu, untuk catatan pribadi sebagai seorang gelandang, Giggs mencatatkan 109 gol dan 162 assist. Semusim setelah sang pelatih pensiun, Ryan Giggs juga mengakhiri karier sebagai pemain pada tahun 2014.

2. Paul Scholes (709 Pertandingan)

5 Pemain Manchester United Paling Diandalkan Sir Alex Fergusonmanutd.com

Pemain kedua juga merupakan salah satu legenda yang dimiliki Manchester United, yaitu Paul Scholes. Secara total, Scholes diasuh Sir Alex Ferguson dalam 19 musim. Ia membela Setan merah pada musim 1994/1995 hingga musim 2012/2013. Sempat mengumumkan pensiun selama setengah musim 2012/2013, ia kembali merumput pada Januari 2012.

Di bawah asuhan Fergie, Scholes tampil dalam 708 pertandingan. Gelandang asal Inggris ini sukses mencetak 152 gol dan 73 assist. Scholes tentu saja turut mengantarkan United meraih berbagai gelar bergengsi selama diasuh pelatih asal Skotlandia itu.

3. Gary Neville (598 Pertandingan)

5 Pemain Manchester United Paling Diandalkan Sir Alex Fergusonmanutd.com

Pemain ketiga merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kanan, yaitu Gary Neville. Sama seperti Scholes dan Giggs, Neville hanya membela Manchester United selama kariernya. Pemain asal Inggris ini menjadi bagian dari Setan merah selama 19 musim. Ia menjadi andalan Fergie sejak musim 1994/1995 hingga 2012/2013.

Neville dimainkan Sir Alex dalam 598 pertandingan. Sama seperti legenda United lainnya, Neville juga turut menjadi bagian dalam kesuksesan Fergie meraih trofi bergengsi bersama MU. Sepanjang kariernya bersama The Reds Devils, ia berhasil menorehkan 7 gol dan 47 assist.

4. Roy Keane (470 Pertandingan)

5 Pemain Manchester United Paling Diandalkan Sir Alex Fergusonmanutd.com

Roy Keane menjadi pemain keempat yang menjadi andalan Sir Alex Ferguson saat menangani Manchester United. Pemain asal Irlandia ini membela United selama 13 musim, yaitu sejak 1993/1994 hingga Januari 2006. Pemain berposisi gelandang bertahan ini dimainkan Fergie dalam 470 pertandingan.

Dari penampilannya tersebut, Keane menorehkan 51 gol dan 29 assist. Sebelum hengkang, ia mengantarkan Setan merah menjuarai Premier League sebanyak 7 kali, Piala FA sebanyak 4 kali, dan 1 trofi Liga Champions. Ia mengakhiri karier sepak bolanya pada tahun 2006 setelah membela Celtic selama setengah musim.

5. Denis Irwin (455 Pertandingan)

5 Pemain Manchester United Paling Diandalkan Sir Alex Fergusonmanutd.com

Pemain terakhir yang juga sering dimainkan Sir Alex Ferguson di Manchester United adalah Denis Irwin. Pemain asal Irlandia ini merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Irwin menjadi andalan Fergie selama 12 musim. Ia diboyong United dari Oldham pada tahun 1990 hingga hengkang ke Wolves pada tahun 2002.

Selama berseragam merah Manchester, ia dimainkan Fergie dalam 455 laga. Dari penampilannya tersebut, Irwin mencatatkan 33 gol dan 22 assist. Ia juga sukses mengantarkan MU menjuarai Premier League sebanyak 7 kali dan memberikan 1 trofi Liga Champions.

Setelah ditinggal Fergie, prestasi Manchester United belum juga membaik. Tampaknya Setan merah masih membutuhkan waktu untuk menemukan penerus Fergie. Apa momen terbaik United selama diasuh Fergie?

Baca Juga: 8 Pemain Paling Tajam yang Pernah Membela Manchester United, Predator!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya