5 Pemain Top Ini Pernah Mengantarkan AS Monaco Menjuarai Ligue 1

Bagaimana kabarnya saat ini?

Ligue 1 2016/2017 mungkin tak terlupakan bagi AS Monaco. Pada saat itu, mereka berhasil menjadi juara memutus dominasi Paris Saint-Germain. Seperti yang kita tahu, PSG menjadi klub paling dominan saat ini di kasta teratas liga Prancis. Tak mudah bagi klub mana pun memutus dominasi mereka. Namun, pada musim 2016/2017, Monaco berhasil melakukannya dengan skuad yang terbilang muda.

Lantas, bagaimana kabar para pemain AS Monaco musim 2016/2017 saat ini? Berkat penampilan impresifnya bersama Monaco, tak sedikit dari mereka yang kini menjadi andalan klub elite. Para pemain tersebut juga dijual Monaco dengan harga lumayan tinggi. Bagi kamu yang penasaran dengan kabar mereka, berikut daftar pemain top yang pernah mengantarkan AS Monaco juara Ligue 1 2016/2017.

Baca Juga: 10 Potret Memesona Bintang Manchester City, Bernardo Silva

1. Bernardo Silva

5 Pemain Top Ini Pernah Mengantarkan AS Monaco Menjuarai Ligue 1goal.com/VALERY HACHE/Getty Images

Salah satu pemain top yang mengantarkan AS Monaco berjaya di Ligue 1 pada musim 2016/2017 adalah Bernardo Silva. Para penggemar sepak bola tentu saja sudah tidak asing lagi dengan pemain asal Portugal ini. Ia menjadi andalan di lini depan Manchester City saat ini. Pemain yang kini berusia 26 tahun itu langsung direkrut The Cityzens pada musim 2017/2018.

Saat itu, City memboyong Silva dengan harga 50 juta euro. Nilai tersebut tentu saja cukup tinggi jika dibandingkan saat ia bergabung dengan Monaco. Silva dipermanenkan Monaco dari Benfica pada musim 2015/2016 dengan harga 15,75 juta euro. Selama membela klub Ligue 1 tersebut, penyerang sayap ini tampil dalam 147 pertandingan dengan torehan 28 gol dan 19 assist.

2. Thomas Lemar

5 Pemain Top Ini Pernah Mengantarkan AS Monaco Menjuarai Ligue 1skysports.com

Berikutnya ada Thomas Lemar yang saat ini membela klub LaLiga, Atletico Madrid. Lemar juga menjadi bagian penting Monaco saat menjuarai Ligue 1 musim 2016/2017. Berposisi sebagai gelandang, perannya cukup vital untuk membantu timnya meraih hasil positif setiap laganya. Hingga di akhir musim, Lemar menjadi incaran klub-klub elite.

Namun, ia baru meninggalkan Monaco pada musim 2018/2019 setelah ditebus Atletico dengan harga 72 juta euro. Monaco juga mendapat untung besar dari penjualannya karena mereka merekrut Lemar dengan harga 4 juta euro. Bergabung dengan Monaco sejak musim 2015/2016, pemain yang kini berusia 25 tahun itu tampil dalam 127 pertandingan. Sebagai seorang gelandang, ia mencatatkan 22 gol dan 33 assist.

3. Fabinho

5 Pemain Top Ini Pernah Mengantarkan AS Monaco Menjuarai Ligue 1goal.com

Masih dari lini tengah, Fabinho juga menjadi andalan AS Monaco saat itu. Pemain yang saat ini menjadi andalan Liverpool itu bergabung dengan Monaco pada musim 2013/2014. Awalnya ia berstatus sebagai pemain pinjaman dari Rio Ave hingga akhirnya dipermanenkan dengan harga 5 juta euro.

Berkat penampilan apiknya hingga juara Ligue 1, harga pemain Brasil ini naik drastis. Liverpool rela mengeluarkan dana sebesar 45 juta euro untuk mendapatkan Fabinho pada musim 2018/2019. Cukup lama menjadi bagian Monaco, pemain yang kini berusia 27 tahun ini tampil dalam 233 pertandingan. Bisa beroperasi sebagai gelandang bertahan dan bek tengah, ia menorehkan 31 gol dan 21 assist.

4. Benjamin Mendy 

5 Pemain Top Ini Pernah Mengantarkan AS Monaco Menjuarai Ligue 1goal.com

Sementara dari lini belakang, salah satu pemain yang diandalkan AS Monaco saat itu adalah Benjamin Mendy. Nama pemain yang satu ini tentu saja sudah tidak asing lagi karena kini ia menjadi bagian Manchester City. Sama seperti pemain lainnya, Mendy juga dijual Monaco dengan mahar tinggi. Setelah mengantarkan Monaco juara Ligue 1, City langsung tancap gas merekrutnya dengan harga 57,5 juta euro.

Padahal, pemain berkebangsaan Prancis itu didatangkan Monaco dengan 13 juta euro pada awal musim 2016/2017. Selama semusim membela Monaco, perannya cukup vital dengan catatan 39 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai bek kiri, pemain yang kini berusia 26 tahun itu mencetak 1 gol dan 11 assist. 

5. Kylian Mbappe

5 Pemain Top Ini Pernah Mengantarkan AS Monaco Menjuarai Ligue 1bleacherreport.com/Claude Paris/Associated Press

Pemain terakhir dalam daftar ini tentu saja sudah bisa ditebak. Siapa lagi kalau bukan Kylian Mbappe. Pemain muda tersebut menjadi aktor utama dalam performa Monaco yang mengejutkan. Saat mengantarkan Monaco menjuarai Ligue 1 musim 2016/2017, ia masih berusia 17 tahun. Performa apiknya itu menjadi buruan klub-klub elite hingga Paris Saint-Germain memboyongnya dengan harga fantastis.

Awalnya, ia membela PSG dengan status pinjaman pada musim 2017/2018. Pada musim berikutnya, ia dipermanenkan dengan harga mencapai 145 juta euro. Angka tersebut tentu saja menjadi keuntungan penuh Monaco karena sang pemain merupakan lulusan akademi timnya sendiri. Pemain yang kini berusia 22 tahun itu mencatatkan 60 pertandingan bersama tim utama Monaco. Sebagai striker muda, ia menorehkan 27 gol dan 16 assist.

 

Mayoritas dari pemain-pemain tersebut masih berusia cukup muda saat mengantarkan Monaco menjuarai Ligue 1 musim 2016/2017. Selain berprestasi, generasi emas Monaco tersebut juga memberikan keuntungan yang sangat besar. Siapa pemain tersukses setelah hengkang dari Monaco?

Baca Juga: Ulang Tahun ke-22, Berikut 5 Fakta Menarik Kylian Mbappe

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya