5 Pemain Non-Inggris Paling Sering Membela Manchester United

Adakah pemain idolamu?

Manchester United merupakan salah satu klub asal Inggris dengan segudang prestasi. Sulit bagi seorang pesepak bola menolak tawaran membela klub asal kota Manchester tersebut. Tak hanya pemain-pemain dari Inggris, dalam sejarah United cukup banyak pemain non-Inggris yang menjadi andalan.

Saat ini saja cukup banyak pemain non-Inggris yang menjadi pilar utama. Sebut saja Paul Pogba dari Prancis, Bruno Fernandes dari Portugal, hingga David de Gea dari Spanyol. Hal tersebut membuktikan bahwa kewarganegaraan bukan masalah bagi MU, kualitas menjadi prioritas utama mereka. Lantas, siapa saja pemain non-Inggris paling sering tampil membela Manchester United? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua di Premier League Hingga Kini, Ada Ryan Giggs!

1. Ryan Giggs - Wales (930 Penampilan)

5 Pemain Non-Inggris Paling Sering Membela Manchester Unitedtwitter.com/premierleague

Ryan Giggs menjadi pemain non-Inggris yang paling sering tampil membela Manchester United. Giggs merupakan legenda Manchester United yang berasal dari Wales. Menjalani debut pada musim 1991/1992, Giggs membela United dalam 930 laga di semua kompetisi. Jumlah tersebut ia mainkan dalam 23 musim berseragam Setan Merah.

Giggs terbilang cukup sukses selama berseragam merah Manchester. Ia berhasil meraih gelar juara Premier League sebanyak 13 kali. Sementara itu, untuk catatan pribadi sebagai seorang gelandang, Giggs mencatatkan 162 gol dan 248 assist. Ryan Giggs mengakhiri karier sebagai pemain pada tahun 2014.

2. Roy Keane - Irlandia (470 Penampilan)

5 Pemain Non-Inggris Paling Sering Membela Manchester Unitedmanutd.com

Roy Keane menjadi pemain non-Inggris berikutnya dalam daftar ini yang catatkan penampilan tak kalah banyak bersama Manchester United. Pemain asal Irlandia ini membela United selama 13 musim, yaitu sejak 1993/1994 hingga Januari 2006. Pemain berposisi gelandang bertahan ini membela United dalam 470 pertandingan.

Dari penampilannya tersebut, Keane menorehkan 51 gol dan 29 assist. Sebelum hengkang, ia mengantarkan Setan Merah menjuarai Premier League sebanyak 7 kali, Piala FA sebanyak 4 kali, dan 1 trofi Liga Champions. Ia mengakhiri karier sepak bolanya pada tahun 2006 setelah membela Celtic selama setengah musim.

3. Dennis Irwin - Irlandia (455 Penampilan)

5 Pemain Non-Inggris Paling Sering Membela Manchester Unitedmanutd.com

Pemain non Inggris ketiga yang juga sering tampil membela Manchester United adalah Denis Irwin. Pemain asal Irlandia ini merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Irwin menjadi andalan Setan merah selama 12 musim. Ia hijrah ke United dari Oldham pada tahun 1990 dan hengkang ke Wolves pada tahun 2002.

Selama berseragam merah Manchester, ia tampil dalam 455 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, Irwin mencatatkan 33 gol dan 22 assist. Ia juga sukses mengantarkan MU menjuarai Premier League sebanyak 7 kali dan memberikan 1 trofi Liga Champions.

4. David De Gea - Spanyol (420 Penampilan)

5 Pemain Non-Inggris Paling Sering Membela Manchester Unitedpremierleague.com

Tak hanya pemain depan, ada juga penjaga gawang non-Inggris yang jadi andalan Manchester United. Salah satunya ada David De Gea yang saat ini masih aktif membela Setan merah. Pemain berkebangsaan Spanyol ini menjadi bagian United sejak musim 2011/2012. Berbagai prestasi juga sudah diraih kiper 30 tahun itu bersama klub Manchester tersebut.

Ada 1 trofi Piala FA, 1 trofi Piala Liga, 1 trofi Premier League, dan 2 trofi Europa League yang pernah diraih de Gea bersama United. Hingga kini, De Gea telah mencatatkan 420 penampilan bersama United di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, ia mencatatkan 147 clean sheet serta 441 kebobolan.

5. John O'Shea - Irlandia (394 Penampilan)

5 Pemain Non-Inggris Paling Sering Membela Manchester Unitedmanutd.com/Tom Purslow/Getty Images

Pemain non-Inggris kelima dalam daftar ini adalah John O'Shea yang telah pensiun pada tahun 2019. Sama seperti Keane dan Irwin, O'Shea juga berasal dari Irlandia. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut membela tim utama Manchester United sejak musim 2001/2002 hingga 2010/2011.

Sosok yang kini berusia 39 tahun tersebut turut menjadi bagian dalam kejayaan Setan merah. Selama berseragam MU, O'Shea mencatatkan 394 penampipan di semua kompetisi. Sebagai bek tengah, ia menorehkan 15 gol dan 23 assist. Beberapa trofi yang pernah diraih bersama United adalah 5 trofi Premier League, 1 trofi Liga Champions, dan 1 trofi Piala Dunia Antarklub.

 

Itulah 5 pemain non-Inggris paling setia tampil membela Manchester United. Kepercayaan tampil yang diberikan tak disia-siakan dengan gelontoran trofi yang mereka sumbangkan. Siapa pemain terbaik yang pernah membela Setan merah?

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Menggantikan Paul Pogba di Manchester United

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya