Comscore Tracker

5 Pemain Prancis Paling Subur di Era Deschamps

Ada Mbappe juga, lho!

Didier Deschamps menjadi salah satu pelatih tersukses di level tim nasional dalam sedekade terakhir. Salah satu prestasi paling bergengsi yang diraih pria 54 tahun tersebut, sejak menangani Prancis di 2012, tentu saja Piala Dunia 2018.

Tentu, bersama Prancis, Deschamps ingin mengulangi pencapaian empat tahun lalu di Piala Dunia 2022. Tapi, tugasnya tak mudah karena Prancis harus memutus kutukan juara bertahan Piala Dunia.

Satu kutukan sudah terpecahkan dengan berhasil lolos ke fase gugur. Tinggal satu lagi, yakni meraih gelar juara dunia secara back to back.

Demi bisa mewujudkannya, Deschamps tentu saja mengandalkan pemain-pemain terbaik. Dia memang punya kepiawaian dalam memoles pemain hingga tajam di depan gawang lawan.

Ada beberapa pemain yang dalam beberapa tahun terakhir jadi andalan Deschamps karena jadi mesin gol utama Prancis dan produktivitasnya tinggi. Beberapa dari mereka masih aktif main bersama Prancis hingga sekarang. Mari kita ulas.

1. Olivier Giroud 

5 Pemain Prancis Paling Subur di Era DeschampsOlivier Giroud (fifa.com)

Pemain Prancis paling subur selama ditangani Deschamps adalah Olivier Giroud. Meski tak lagi muda, Giroud masih menjadi andalan Deschamps di lini depan Les Bleus.

Bahkan, dia sudah menorehkan dua gol sepanjang Piala Dunia 2022. Total, Giroud sudah mengantongi 50 gol di bawah asuhan Deschamps. Jumlah tersebut dia torehkan dari 107 pertandingan.

Pemain AC Milan ini sudah mencatatkan 51 gol bersama Les Bleus, menyamai jumlah gol Thierry Henry. Giroud hanya membutuhkan satu gol lagi untuk memastikan diri sebagai pencetak gol terbanyak Prancis sepanjang sejarah.

Baca Juga: Resep Prancis Patahkan Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia

2. Antoine Griezmann

5 Pemain Prancis Paling Subur di Era DeschampsAntoine Griezmann (fifa.com)

Berikutnya, ada Antoine Griezmann yang saat ini juga diandalkan Deschamps di Piala Dunia. Pemain Atletico Madrid ini masih berpeluang besar menyusul Giroud dan Henry. Saat ini, Griezmann telah mengoleksi 42 gol bersama Prancis.

Dia pun menempati posisi ketiga dalam daftar pencetak gol terbanyak Ayam Jantan. Jumlah gol tersebut ditorehkan Griezmann selama ditangani Deschamps.

Pemain 31 tahun ini memang menjalani debut bersama Prancis saat diasuh Deschamps. Hingga saat ini, Griezmann telah dimainkan Deschamps dalam 112 pertandingan.

3. Kylian Mbappe

5 Pemain Prancis Paling Subur di Era DeschampsStriker Prancis, Kylian Mbappe, usai cetak gol ke gawang Denmark di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Pemain ketiga yang juga mencatatkan banyak gol saat ditangani Deschamps adalah Kylian Mbappe. Pemain 23 tahun ini digadang-gadang bakal menjadi bintang masa depan Prancis dan itu sudah dibuktikannya.

Mbappe diberi kesempatan debut oleh Deschamps pada 2017 atau saat usianya masih 18 tahun. Hingga saat ini, pemain Paris Saint-Germain tersebut telah mengoleksi 31 gol bersama Les Bleus. Catatan tersebut ditorehkan Mbappe hanya dalam 61 pertandingan, gila!

Jumlah tersebut sangat mungkin bertambah dalam beberapa tahun ke depan. Bahkan, ada potensi Mbappe menjadi pencetak gol terbanyak Prancis sepanjang sejarah.

4. Karim Benzema

5 Pemain Prancis Paling Subur di Era DeschampsKarim Benzema (fifa.com)

Karim Benzema memiliki karier yang naik turun bersama Prancis khususnya saat ditangani Didier Deschamps. Pemain 34 tahun ini sempat diasingkan Deschamps dari Prancis.

Padahal, Benzema punya performa yang ciamik. Selama ditangani Deschamps saja, dia sukses mengoleksi 22 gol. Benzema sebenarnya sudah dimainkan Deschamps dalam 48 pertandingan.

Total, pemain Real Madrid ini telah mengoleksi 37 gol selama berseragam Prancis. Sayangnya, Benzema harus absen di Piala Dunia 2022 Qatar akibat cedera. Dengan begitu, Benzema pastinya tak bisa mengejar perolehan gol Giroud, karena kemungkinan ini Piala Dunia terakhir buatnya.

5. Paul Pogba

5 Pemain Prancis Paling Subur di Era DeschampsPaul Pogba (twitter.com/equipedefrance)

Pemain Prancis berikutnya yang catatkan banyak gol saat ditangani Deschamps adalah Paul Pogba. Pemain Juventus ini bukanlah seorang penyerang, melainkan gelandang.

Meski begitu, Deschamps bisa menyulap Pogba menjadi pemain yang subur. Selama ditangani Deschamps, pemain 29 tahun ini berhasil mengemas 11 gol.

Jumlah tersebut dia torehkan dari 91 kesempatan yang diberikan Deschamps. Sama seperti Benzema, Pogba juga harus absen di Piala Dunia 2022 Qatar karena masalah kebugaran.

Deschamps terbilang sangat sukses dalam meramu strategi hingga para pemainnya tampil subur. Patut kita nantikan kiprah Prancis di Piala Dunia 2022 Qatar kali ini. Akankah mereka bisa mempertahankan gelar juara?

Baca Juga: Resep Prancis Patahkan Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya