Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik yang Pernah Direkrut Pep Guardiola di Manchester City

Bagaimana kontribusinya?

Josep 'Pep' Guardiola menjadi pelatih top yang kini menangani Manchester City. Pelatih asal Spanyol itu ditunjuk sebagai juru taktik The Citizens sejak musim 2016/2017. Difasilitasi dana besar, Pep pun tak ragu memboyong banyak pemain dengan harga tinggi. Namun, tak selamanya pembelian Pep tampil moncer saat berseragam City.

Meskipun demikian, banyak juga pemain yang bersinar di Etihad Stadium setelah direkrut Pep Guardiola. Beberapa dari mereka sukses mengantarkan City meraih berbagai gelar bergengsi. Siapa saja pemain terbaik yang pernah direkrut Pep Guardiola di Manchester City? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 10 Potret Aymeric Laporte, Bek Manchester City yang Gagah Menawan

1. Aymeric Laporte

5 Pemain Terbaik yang Pernah Direkrut Pep Guardiola di Manchester Citygoal.com

Salah satu pemain terbaik yang direkrut Pep Guardiola di Manchester City adalah Aymeric Laporte. Pemain berkebangsaan Prancis itu didatangkan Pep pada musim 2018/2019. Saat itu City memboyongnya dari Athletic Bilbao dengan harga mencapai 65 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun.

Dana besar yang dikeluarkan The Citizens pun terbilang tidak sia-sia. Sang pemain berkontribusi besar dalam permainan City di bawah asuhan Guardiola. Hingga saat ini, pemain 26 tahun itu telah membela City dalam 92 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai bek tengah, Laporte mencetak 4 gol dan 3 assist.

2. Ederson Moraes

5 Pemain Terbaik yang Pernah Direkrut Pep Guardiola di Manchester Cityinstagram.com/ederson93

Berikutnya ada pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang, yakni Ederson Moraes. Pemain 27 tahun itu lebih dulu bergabung dengan Manchester City dibanding Laporte. Tepatnya pada musim 2017/2018, Ederson direkrut Pep Guardiola dari Benfica. Meskipun seorang kiper, ia ditebus City dengan harga tinggi, yakni 40 juta euro atau setara dengan Rp769 miliar.

Pemain berkebangsaan Brasil itu pun langsung menyegel tempat utama di bawah mistar gawang City. Ia menggeser posisi kiper veteran Claudio Bravo yang sebelumnya diandalkan Pep. Selama berseragam The Citizens, Ederson tampil dalam 163 pertandingan di semua kompetisi. Ia sukses mencatatkan 80 clean sheet dan hanya 124 kebobolan.

3. Rodri

5 Pemain Terbaik yang Pernah Direkrut Pep Guardiola di Manchester Citypremierleague.com

Sementara dari lini tengah ada Rodrigo yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Pemain Spanyol ini sebenarnya belum terlalu lama membela The Citizens, namun kini menjadi pilar utama di bawah asuhan Pep Guardiola. Rodri didatangkan City dari Atletico Madrid pada musim 2019/2020.

Ia ditebus dengan harga 62,7 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun. Memasuki musim kedua bersama City, penampilannya semakin menjanjikan. Pemain 24 tahun ini membela The Citizens dalam 74 pertandingan di semua kompetisi. Pemain Spanyol ini mencetak 4 gol dan 2 assist dari penampilannya tersebut.

4. Kyle Walker

5 Pemain Terbaik yang Pernah Direkrut Pep Guardiola di Manchester Citybeinsports.com

Kyle Walker menjadi salah satu pemain senior yang dimiliki Manchester City saat ini. Pemain 30 tahun itu direkrut Pep Guardiola pada musim 2017/2018. The Citizens menebusnya dari klub sesama Premier League, Tottenham Hotspur. Saat itu, City merogoh kocek sebesar 52,7 juta euro atau setara dengan Rp1 triliun untuk merekrutnya.

Pemain berkebangsaan Inggris ini juga menjadi pilar utama City di bawah asuhan Pep. Hingga saat ini Walker telah mencatatkan 161 pertandingan di semua kompetisi bersama City. Berposisi sebagai bek kanan, ia menorehkan 4 gol dan 15 assist. Walker sendiri memiliki kontrak hingga Juni 2024.

5. Riyad Mahrez

5 Pemain Terbaik yang Pernah Direkrut Pep Guardiola di Manchester Citygoal.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Riyad Mahrez yang menjadi salah satu rekrutan mahal Pep Guardiola. Pemain berkebangsaan Aljazair itu bergabung dengan Manchester City pada musim 2018/2019. Ia hengkang dari Leicester City setelah ditebus dengan harga 67,8 juta euro atau setara dengan Rp1,3 triliun.

Kualitas Mahrez tentu saja sudah tak perlu diragukan lagi dan sudah berkontribusi banyak untuk City. Pemain 29 tahun itu menjadi andalan di lini depan dan telah membela The Citizens dalam 112 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai seorang penyerang sayap, Mahrez mencatatkan 30 gol dan 29 assist.

 

Meskipun pemain-pemain tersebut didatangkan dengan harga mahal, kontribusinya setara dengan harganya tersebut. Siapa pemain selanjutnya yang bakal direkrut Pep Guardiola ke Manchester City?

Baca Juga: Diincar PSG, Manchester City Mempersilakan Riyad Mahrez Hengkang

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya