5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Diboyong Klub Premier League

Pemain duo Manchester mendominasi!

Keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa berdampak pada berbagai bidang, termasuk sepak bola. Salah satunya dalam perekrutan pemain oleh klub-klub Inggris yang ada beberapa ketentuan baru. Jika tak ingin terlalu ribet, klub-klub Premier League bisa memboyong pemain asli Inggris.

Tak kalah dengan pemain dari negara lain, pemain Inggris pun berkualitas dan tersebar di Premier League. Hal itu juga terbukti dari nilai transfer pemain-pemain Inggris sebelumnya yang terbilang cukup mahal, khususnya yang direkrut klub Premier League. Siapa saja? Berikut kami rangkum lima di antaranya.

Baca Juga: Harry Maguire Ditangkap karena Hajar Polisi di Yunani

1. Harry Maguire diboyong Manchester United dari Leicester City dengan harga 87 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Diboyong Klub Premier Leaguepremierleague.com

Pemain Inggris termahal yang pernah diboyong klub Premier League adalah Harry Maguire. Pemain berusia 27 tahun ini hijrah dari Leicester City ke Manchester United pada awal musim 2019/2020. Untuk memboyong Maguire, United menggelontorkan dana mencapai 87 juta euro atau setara dengan Rp1,4 triliun.

Maguire juga tercatat sebagai pemain termahal yang direkrut United. Bersama Setan merah, ia telah mencatatkan 78 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai bek tengah, Maguire hanya mampu mencetak 4 gol dan 3 assist. Bahkan, saat ini ia dipercaya sebagai kapten Manchester United.

2. Raheem Sterling diboyong Manchester City dari Liverpool dengan harga 63,7 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Diboyong Klub Premier Leaguepremierleague.com

Tak mau kalah dengan tim sekota, Manchester City juga pernah memboyong pemain Inggris yang tak kalah mahal. The Citizens mendapatkan Raheem Sterling pada musim 2015/2016 dari rivalnya, Liverpool. Saat itu Sterling masih berusia 20 tahun dan ditebus City dengan harga sebesar 63,7 juta euro atau setara dengan Rp1 triliun.

Dana yang dikeluarkan City tersebut tak sia-sia karena Sterling turut mengantarkan The Citizens meraih gelar. Hingga kini, pemain 26 tahun itu telah membela City dalam 264 pertandingan di semua kompetisi. Berposisi sebagai penyerang, ia pun cukup produktif dengan gelontoran 107 gol dan 83 assist.

3. John Stones diboyong Manchester City dari Everton dengan harga 55,6 euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Diboyong Klub Premier Leaguegoal.com

Tak hanya Sterling, Manchester City juga mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan pemain Inggris lainnya, John Stones. Bek tengah Inggris ini didatangkan City ke Etihad Stadium dari Everton. Kepindahan Stones terjadi pada musim 2016/2017 dengan mahar mencapai 55,6 juta euro atau setara dengan Rp947 miliar.

Namun, saat ini karier John Stones tak terlalu gemilang dan terancam didepak Manchester City. Selama menjadi bagian The Citizens, ia telah mencatatkan 144 pertandingan di semua kompetisi. Bek tengah 26 tahun ini mencatatkan 5 gol dan 2 assist.

4. Aaron Wan-Bissaka diboyong Manchester United dari Crystal Palace dengan harga 55 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Diboyong Klub Premier Leaguegoal.com

Pemain Inggris lainnya yang memiliki nilai transfer tinggi adalah Aaron Wan-Bissaka. Bek kanan ini dibeli Manchester United dari Crystal Palace pada awal musim 2019/2020. Demi dapatkan Bissaka, Setan merah mengeluarkan dana hingga 55 juta euro atau setara dengan Rp937 miliar.

Dengan usianya yang masih cukup muda, Wan-Bissaka tentu diharapkan bisa menjadi pemain penting bersama Setan Merah dan Timnas Inggris. Hingga kini pemain berusia 23 tahun tersebut telah membela United dalam 67 pertandingan di semua kompetisi dengan catatan 1 gol.

5. Kyle Walker diboyong Manchester City dari Tottenham Hotspur dengan harga 52,7 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Diboyong Klub Premier Leaguebeinsports.com

Pemain belakang Inggris berikutnya juga memiliki nilai transfer yang tak kalah tinggi. Kyle Walker menjadi pemain Inggris lainnya yang diboyong Manchester City. Pada musim 2017/2018, The Citizens merekrut Walker dari Tottenham Hotspur. Nilai transfer pemain yang saat itu berusia 27 tahun tersebut mencapai 52,7 juta euro atau setara dengan Rp897 miliar.

Sama seperti Wan-Bissaka, Walker berposisi sebagai bek kanan, namun usianya jauh lebih tua. Pemain 30 tahun ini telah mencatatkan 161 penampilan bersama City di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 4 gol dan 15 assist.

 

Itulah lima pemain Inggris termahal yang pernah diboyong klub Premier League. Pemain-pemain tersebut tentu saja memiliki kualitas mumpuni dengan harga yang juga cukup tinggi. Siapa selanjutnya yang bakal memecahkan rekor Maguire?

Baca Juga: 5 Bek Kanan dengan Harga Tertinggi di Dunia Saat Ini, Ada Kyle Walker

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya