Comscore Tracker

6 Gelandang Berlabel 'Raja Assist' di Premier League, Deretan Bintang!

Adakah gelandang favoritmu?

Gelandang menjadi salah satu posisi dalam permainan sepak bola yang cukup vital peranannya. Tak hanya membangun serangan, seorang gelandang juga harus membantu pertahanan. Pemain yang berposisi sebagai gelandang biasanya dikenal dengan umpan-umpannya yang akurat. Tak heran jika mereka mencatatkan assist cukup banyak.

Di kompetisi bergengsi Premier League, ada beberapa gelandang yang juga berlabel "Raja Assist". Sebagai kompetisi paling sengit, para peserta Premier League harus memiliki gelandang yang berkualitas. Berikut kami sajikan daftar gelandang berlabel "Raja Assist" terbanyak di Premier League. 

1. Ryan Giggs - 162 assist

6 Gelandang Berlabel 'Raja Assist' di Premier League, Deretan Bintang!thetimes.co.uk

Gelandang yang menjadi "raja assist"  di Premier League hingga saat ini adalah Ryan Giggs. Legenda Manchester United ini mengawali karier di Premier League sejak musim 1992/1993. Giggs mencatatkan 162 assist dari 632 penampilan di Premier League.

Tak hanya itu, Giggs juga mencetak 109 gol serta mengantarkan United juara Premier League sebanyak 13 kali. Pemain Wales tersebut mengakhiri karier bersama Setan merah pada musim 2013/2014. 

2. Cesc Fabregas - 111 assist

6 Gelandang Berlabel 'Raja Assist' di Premier League, Deretan Bintang!standard.co.uk

Cesc Fabregas menjadi gelandang kedua dengan assist terbanyak sepanjang sejarah Premier League. Selama berkarier di Premier League, Fabregas membela duo tim London yaitu Arsenal dan Chelsea. Selama 13 musim bermain di Premier League, Fabregas mencatatkan 111 assist dari 350 penampilan.

Gelandang asal Spanyol ini juga berhasil meraih juara Premier League sebanyak dua kali saat membela Chelsea. Selain itu, pemain gelandang ini juga berhasil mencetak 50 gol di Premier League. 

3. Frank Lampard - 102 assist

6 Gelandang Berlabel 'Raja Assist' di Premier League, Deretan Bintang!thesefootballtimes.co

Legenda Chelsea, yakni Frank Lampard juga memiliki assist yang cukup banyak di Premier League. Selain Chelsea, tim lain yang pernah dibela Lampard ada West Ham United dan Manchester City. Debut di Premier League pada musim 1995/1996, Lampard mencatatkan 609 penampilan dan berhasil mencetak 102 assist.

Gelandang berkebangsaan Inggris ini juga berhasil mencetak 177 gol. Tak hanya itu, Lampard juga berhasil menjadi juara sebanyak tiga kali serta meraih beberapa penghargaan pribadi. 

Baca Juga: 5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Satu Musim Premier League 

4. David Silva - 93 assist

6 Gelandang Berlabel 'Raja Assist' di Premier League, Deretan Bintang!premierleague.com

Tak hanya Fabregas, David Silva menjadi gelandang Spanyol lainnya dengan catatan assist cukup banyak di Premier League. Pemain 34 tahun ini telah bergabung dengan Manchester City sejak musim 2010/2011. Ia menjadi salah satu pemain yang membawa The Cityzens berjaya di Premier League.

Selama sepuluh musim membela City, Silva telah bermain dalam 309 laga. Pemain gelandang ini mencatatkan 93 assist serta mencetak 60 gol di Premier League. Hebatnya lagi, Silva telah mengantarkan The Cityzens juara Premier League sebanyak empat kali. 

5. Steven Gerrard - 92 assist

6 Gelandang Berlabel 'Raja Assist' di Premier League, Deretan Bintang!liverpoolfc.com

Legenda Liverpool yakni Steven Gerrard juga tak mau kalah dengan gelandang hebat lainnya. Selama berkarier di Premier League Gerrard hanya membela The Reds, yakni selama 17 musim. Tepatnya sejak musim 1998/1999 hingga musim 2014/2015.

Sayangnya dalam rentang waktu tersebut, Gerrard gagal mengantarkan Liverpool meraih gelar Premier League. Padahal gelandang Inggris ini memiliki catatan pribadi yang cukup mentereng. Bermain dalam 504 pertandingan, ia sukses menorehkan 92 assist serta 120 gol.

6. James Milner - 84 assist

6 Gelandang Berlabel 'Raja Assist' di Premier League, Deretan Bintang!standard.co.uk

James Milner menjadi satu-satunya gelandang dalam daftar ini yang masih aktif bermain. Pemain Inggris tersebut telah mulai berkarier di Premier League sejak 2002/2003. Diusianya yang menginjak 34 tahun, Milner telah membela cukup banyak klub Premier League.

Di antaranya ada Leeds United, Aston Villa, Newcastle United, Manchester City dan saat ini Liverpool. Ia menorehkan 84 assist dari 544 laga serta berhasil mencetak 55 gol. Gelandang asal Inggris ini juga berhasil meraih trofi Premier League sebanyak tiga kali. Dua di antaranya ia raih saat berseragam City.

Gelandang-gelandang tersebut tentu saja memiliki kualitas yang luar biasa. Namun banyaknya gelandang dalam daftar ini yang sudah tidak aktif bermain membuat torehan mereka bisa saja dilewati. Adakah gelandang favoritmu dalam daftar ini?

Baca Juga: 5 Pemain dengan Assist Terbanyak di Satu Musim La Liga, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya