Comscore Tracker

7 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Schalke 04, Ada Mesut Ozil!

Kamu pasti familier dengan pemain-pemain ini!

Schalke 04 merupakan salah satu klub yang cukup ternama. Namun, saat ini klub berjuluk The Royal Blues tengah mengalami krisis. Mereka terpuruk di papan bawah klasemen Bundesliga dengan hanya mengumpulkan 7 poin dari 15 pertandingan. Schalke pun menjadi salah satu klub yang terancam degradasi pada musim ini.

Sebenarnya, Schalke 04 pernah memiliki pemain-pemain kelas dunia. Bahkan, beberapa pemainnya saat ini berada di level teratas kariernya. Seperti klub Bundesliga lainnya, Schalke juga jago mengembangkan pemain hingga direkrut oleh klub-klub elite. Berikut kami sajikan daftar pemain top yang ternyata pernah membela Schalke 04, khususnya yang masih aktif bermain.

Baca Juga: 5 Kiper Jerman dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah UCL, Neuer?

1. Manuel Neuer

7 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Schalke 04, Ada Mesut Ozil!sepakbola.com

Salah satu pemain top yang pernah membela Schalke 04 adalah Manuel Neuer. Kiper berkebangsaan Jerman yang sudah berpengalaman ini menyebrang ke Bayern Munchen sejak 2011/2012. Sebelumnya, Neuer merupakan pemain lulusan akademi Schalke yang dikontrak profesional pada musim 2005/2006.

Penampilannya yang memukau saat berseragam Schalke membuat Neuer direkrut Bayern. Pemain yang kini berusia 34 tahun ini telah menjalani 203 pertandingan bersama The Royal Blues. Dari penampilannya tersebut ia mencatatkan 80 clean sheet dan harus 194 kali kebobolan.

2. Joel Matip

7 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Schalke 04, Ada Mesut Ozil!premierleague.com

Dari posisi bek ada Joel Matip, pemain yang juga merupakan lulusan akademi Schalke 04. Sebelum berseragam Liverpool hingga saat ini, pemain berkebangsaan Kamerun itu sempat dikontrak tim utama Schalke sejak musim 2009/2010 hingga 2015/2016.

Liverpool yang terkesima dengan penampilannya merekrut Matip dari Schalke. Hingga saat ini bek tengah tersebut masih menjadi bagian The Reds. Pemain yang kini berusia 29 tahun tersebut menjalani 258 pertandingan bersama Schalke. Beroperasi di lini belakang, Matip mencetak 23 gol dan 14 assist.

3. Ivan Rakitic

7 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Schalke 04, Ada Mesut Ozil!football-espana.net

Nama Ivan Rakitic tentu saja sudah sangat dikenal saat berseragam Barcelona. Pemain asal Kroasia tersebut saat ini membela klub LaLiga lainnya, Sevilla. Sebelum menyebrang ke Spanyol, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini lebih dulu bermain di Jerman bersama Schalke 04.

Pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut membela The Royal Blues pada musim 2007/2008 hingga Januari 2011. Selama empat setengah musim bersama Schalke, Rakitic mencatatkan 135 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai seorang gelandang, ia menorehkan 16 dan 29 assist.

4. Julian Draxler

7 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Schalke 04, Ada Mesut Ozil!goal.com

Berikutnya ada Julian Draxler yang juga pernah membela beberapa klub elite. Lulusan akademi Schalke ini sempat dikontrak tim utama sejak Januari 2011. Draxler kemudian hengkang ke Wolfsburg pada musim 2015/2016 dan bertahan hingga Januari 2017. Sebelum akhirnya Draxler direkrut raksasa Prancis, Paris Saint-Germain, dan bertahan hingga saat ini.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini juga pernah mendapat kesempatan tampil bersama Timnas Jerman. Selama membela Schalke, pemain 27 tahun ini telah tampil dalam 170 pertandingan di semua kompetisi dengan torehan 30 gol serta 29 assist.

5. Leon Goretzka

7 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Schalke 04, Ada Mesut Ozil!fcbayern.com

Masih dari posisi gelandang, pemain selanjutnya adalah Leon Goretzka. Pemain berkebangsaan Jerman ini mulai dikenal saat berseragam Bayern Munchen hingga saat ini. Namun, sebelum bergabung dengan The Bavarians, ia sempat bersinar bersama Schalke 04.

Goretzka menjadi andalan The Royal Blues sejak musim 2013/2014. Pemain yang kini berusia 25 tahun itu sempat dilirik beberapa klub elite sebelum akhirnya diboyong Bayern pada musim 2018/2019. Ia mencatatkan 147 pertandingan selama berseragam Schalke. Beroperasi di lini tengah, Goretzka mencetak 19 gol dan 17 assist.

6. Leroy Sane

7 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Schalke 04, Ada Mesut Ozil!fcbayern.com

Pemain Bayern Munchen lainnya, Leroy Sane, juga merupakan pemain yang pernah membela Schalke 04. Bahkan, pemain yang kini berusia 25 tahun itu pernah menimba ilmu di akademi Schalke. Ia lulus dari akademi Schalke pada musim 2015/2016. Penyerang sayap berkebangsaan Jerman ini tentu saja memiliki kualitas mumpuni.

Sempat menjadi bagian skuad The Royal Blues selama semusim, ia akhirnya dibajak Manchester City pada musim 2016/2017. Setelah beberapa musim membela City, Sane akhirnya kembali ke Bundesliga dengan membela Bayern Munchen. Saat berseragam Schalke, ia telah tampil dalam 57 laga dengan catatan 13 gol dan 8 assist.

7. Mesut Ozil

7 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Schalke 04, Ada Mesut Ozil!thetimes.co.uk

Pemain top terakhir yang juga pernah berseragam Schalke 04 adalah Mesut Ozil. Pemain yang saat ini menjadi bagian Arsenal tersebut juga merupakan pemain lulusan akademi Schalke. Ia sempat dikontrak tim utama The Royal Blues pada musim 2005/2006. Pada Januari 2008, ia kemudian hengkang ke Werder Bremen sebelum akhirnya direkrut Real Madrid pada musim 2010/2011.

Setelah beberapa musim di Madrid, Ozil diboyong The Gunners pada musim 2013/2014 dan bertahan hingga kini. Meskipun saat ini tak diandalkan Arsenal, Ozil merupakan salah satu gelandang berkebangsaan Jerman yang memiliki kualitas. Saat menjadi bagian Schalke, pemain 32 tahun ini tampil dalam 39 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 5 assist.

 

Itulah tujuh pemain top yang ternyata pernah membela Schalke 04. Mungkin beberapa pemain tersebut tak disadari pernah berseragam The Royal Blues, bahkan ada yang lulusan akademi. Semoga Schalke bisa bangkit dan bertahan di Bundesliga, ya!

Baca Juga: 5 Pemain Ternama Lulusan Akademi FC Schalke, Neuer Hingga Mesut Ozil!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya