5 Pemain Ternama Lulusan Akademi FC Schalke, Neuer Hingga Mesut Ozil!

Kamu pasti familiar dengan pemain-pemain ini!

Bundesliga menjadi salah satu liga top Eropa yang kerap melahirkan bintang-bintang pesepak bola. Salah satu klub Bundesliga yang telah terbukti melakukannya yaitu FC Schalke. Dalam hal prestasi, Schalke mungkin kalah jauh dari Bayern Munchen bahkan Borussia Dortmund. Namun klub berjuluk The Royal Blues ini memiliki akademi yang berkualitas.

Banyak pemain ternama yang ternyata pernah menimba ilmu di akademi Schalke. Manuel Neuer hingga Mesut Ozil menjadi contoh segelintir pemain top lulusan akademi Schalke. Lalu siapa saja pemain ternama lulusan akademi FC Schalke khususnya yang masih aktif bermain? Berikut kami sajikan ulasannya.

1. Manuel Neuer

5 Pemain Ternama Lulusan Akademi FC Schalke, Neuer Hingga Mesut Ozil!bundesliga.com

Salah satu pemain ternama lulusan akademi FC Schalke adalah Manuel Neuer. Kiper Jerman yang sudah berpengalaman ini telah membela Bayern Munchen sejak 2011/2012. Sebelumnya, Neuer dikontrak profesional oleh FC Schalke pada 2005/2006. 

Penampilannya yang memukau membuat penyerang sayap ini direkrut Bayern. Pemain 34 tahun ini telah menjalani 203 pertandingan bersama The Royal Blues. Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 80 clean sheet dan harus 194 kebobolan.

2. Joel Matip

5 Pemain Ternama Lulusan Akademi FC Schalke, Neuer Hingga Mesut Ozil!premierleague.com

Kemudian ada Joel Matip, lulusan akademi FC Schalke yang berseragam Liverpool. Pemain berposisi bek ini sempat dikontrak tim utama Schalke sejak musim 2009/2010 hingga 2015/2016. Liverpool yang baru ditangani Jurgen Klopp merekrut Matip dari Schalke.

Hingga saat ini pemain berkebangsaan Kamerun ini masih menjadi bagian The Reds. Pemain yang kini berusia 29 tahun tersebut menjalani 258 pertandingan bersama Schalke. Sebagai bek tengah, Matip mencetak 23 gol dan 14 assist.

3. Julian Draxler

5 Pemain Ternama Lulusan Akademi FC Schalke, Neuer Hingga Mesut Ozil!bundesliga.com

Berikutnya ada Julian Draxler yang pernah membela beberapa klub elite. Pemain berposisi gelandang ini sempat dikontrak tim utama FC Schalke sejak Januari 2011. Draxler kemudian hijrah ke Wolfsburg pada musim 2015/2016 dan bertahan hingga Januari 2017.

Setelah itu Draxler direkrut Raksasa Prancis, Paris Saint-Germain dan bertahan hingga saat ini. Pemain Jerman yang satu ini juga pernah mendapat kesempatan tampil bersama timnas. Bersama Schalke, pemain 27 tahun ini telah tampil dalam 170 pertandingan di semua kompetisi dengan torehan 30 gol serta 29 assist. 

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Lulusan Akademi VfB Stuttgart, Werner hingga Gnabry! 

4. Leroy Sane

5 Pemain Ternama Lulusan Akademi FC Schalke, Neuer Hingga Mesut Ozil!fcbayern.com

Leroy Sane juga merupakan pemain yang pernah menimba ilmu di akademi FC Schalke. Pemain yang menjadi andalan Bayern Munchen ini lulus dari akademi Schalke pada musim 2015/2016. Penyerang sayap berkebangsaan Jerman ini tentu saja memiliki kualitas mumpuni.

Sempat menjadi andalan skuat The Royal Blues selama semusim, ia akhirnya direkrut Manchester City pada musim 2016/2017. Setelah beberapa musim membela City, pemain 24 tahun ini akhirnya kembali ke Bundesliga dengan membela Bayern Munchen. Saat berseragam Schalke, ia telah tampil dalam 57 laga dengan catatan 13 gol dan 8 assist.

5. Mesut Ozil

5 Pemain Ternama Lulusan Akademi FC Schalke, Neuer Hingga Mesut Ozil!thetimes.co.uk

Pemain ternama yang juga pernah menimba ilmu di akademi Schalke ada Mesut Ozil. Pemain yang saat ini menjadi bagian Arsenal tersebut sempat dikontrak tim utama Schalke pada musim 2005/2006. Pada Januari 2008, ia kemudian hijrah ke Werder Bremen sebelum akhirnya diboyong Real Madrid pada musim 2010/2011.

Setelah itu Ozil direkrut The Gunners pada musim 2013/2014 dan bertahan hingga kini. Meskipun saat ini tak diandalkan Arsenal, Ozil merupakan salah satu gelandang Jerman yang berkualitas. Saat dikontrak Schalke, pemain 32 tahun ini tampil dalam 39 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 5 assist.

Di era modern, kesuksesan sebuah klub sepak bola tak melulu soal raihan trofi. Namun lebih dari itu, pembibitan pemain muda juga tak kalah penting. Selain membantu klub, pemain-pemain tersebut juga memberi keuntungan lumayan besar saat dijual. FC Schalke menjadi salah satu contohnya. Siapa pemain ternama lainnya yang juga lulusan akademi Schalke?

Baca Juga: 5 Pemain Top Jebolan Akademi Sporting Lisbon, Ronaldo Salah Satunya!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya