Terancam Bangkrut, Barcelona Segera Pangkas Gaji Pemain Termasuk Messi

Tak ada keistimewaan untuk Messi!

Barcelona merupakan salah satu klub elite asal Spanyol yang bergelimang prestasi. Tak hanya sukses di kompetisi domestik, El Barca juga cukup sukses di ajang mancanegara. Meskipun demikian, status sebagai klub elite tak bisa menghindarkan Barca dari masalah.

Blaugrana terus menerus diterpa badai masalah khususnya dalam hal finansial. Tak bisa dimungkiri kondisi buruk akibat COVID-19 juga membuat klub sepak bola kesulitan dana. Barca yang setiap tahunnya bisa meraih pendapatan dari tiket pertandingan hingga merchandise tim harus gigit jari.

1. El Barca diperkirakan bangkrut pada Januari 2021

Terancam Bangkrut, Barcelona Segera Pangkas Gaji Pemain Termasuk Messisport.es

Dilansir as.com, pendapatan Barcelona menurun hingga 300 juta euro akibat pandemi COVID-19. El Barca pun terancam mengalami kebangkrutan jika tidak segera mencari solusi dari masalah ini. Barca diperkirakan bakal gulung tikar pada Januari 2021 mendatang. Hal ini tentu saja tidak mengenakan untuk klub sebesar Barcelona.

Presiden klub sementara yakni Carles Tusquets harus berpikir keras untuk menyehatkan finansial klub. Salah satu solusi yang bisa menyelamatkan El Barca dari masalah ini adalah dengan pemangkasan gaji pemain.

2. Pangkas gaji pemain besar-besaran

Terancam Bangkrut, Barcelona Segera Pangkas Gaji Pemain Termasuk Messifcbarcelona.com

Demi selamatkan finansial klub, manajemen Barca berencana untuk memotong gaji para pemainnya. Langkah ini tampaknya wajib mereka lakukan, setidaknya gaji pemain harus dipotong hingga 190 juta euro atau sekitar Rp 3,2 triliun.

Saat ini mereka sedang gencar bernegosiasi dengan para pemain. Pasalnya 5 November nanti menjadi penentu mereka akan 'kolaps' atau masih bisa menghela napas. Langkah ini bukannya tanpa hambatan, karena mayoritas pemain menolak rencana tersebut.

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Dijual Barcelona di Era Josep Maria Bartomeu

3. Tak ada kata 'istimewa' untuk Lionel Messi

Terancam Bangkrut, Barcelona Segera Pangkas Gaji Pemain Termasuk Messigoal.com

Barcelona berencana memangkas gaji semua pemainnya tak terkecuali Lionel Messi. Berlabel pemain terbaik dunia serta menjadi kapten, Messi dipastikan tak mendapat keistimewaan.

"Kami tidak bisa membuat kesepakatan ini hanya untuk [Messi]. Kami bisa saja membuat perbedaan terkait kebijakan ini, tetapi kami tidak akan membuat kesepakatan hanya untuk individu tertentu." ungkap Carles Tusquets.

Kondisi saat ini tentu menguji kesetiaan Messi yang kontraknya tersisa hingga Juni 2021 nanti. La Pulga sendiri saat ini mendapat bayaran tertinggi di skuat Barca.

4. Performa Blaugrana sedang tidak sehat

Terancam Bangkrut, Barcelona Segera Pangkas Gaji Pemain Termasuk Messigoal.com

Kondisi finansial bukanlah satu-satunya masalah yang dihadapi Barcelona saat ini. Performa Messi dan kolega di atas lapangan juga sedang tidak baik-baik saja. Di kompetisi LaLiga, El Barca berada di urutan 12 dengan 8 poin dari 6 pertandingan.

Mereka hanya mampu meraih dua kemenangan dan dua imbang serta dua kekalahan termasuk di laga El Classico melawan Real Madrid. Jika tak segera mencari solusi, anak asuh Ronald Koeman mungkin saja akan mengakhiri musim tanpa gelar.

5. Bartomeu baru saja mundur dari jabatannya

Terancam Bangkrut, Barcelona Segera Pangkas Gaji Pemain Termasuk Messifcbarcelona.com

Belum lama ini presiden Barcelona yakni Josep Maria Bartomeu memutuskan mundur dari jabatannya. Kondisi ini tentu saja memperparah kondisi internal tim Barca. Keputusan tersebut tak terlepas dari desakan berbagai pihak termasuk dari beberapa pemain. Saat ini Carles Tusquets didapuk sebagai presiden sementara. Mereka berencana untuk menentukan presiden anyar sebelum akhir tahun ini.

Dengan kondisi yang dihadapi saat ini, Barcelona juga tak akan bergeliat mendatangkan pemain baru pada bursa transfer Januari 2021 mendatang. Akankah kondisi finansial akan kembali pulih? Atau justru keperkasaan Barca akan berakhir? Patut ditunggu!

Baca Juga: Presiden Barcelona Ungkap Kegagalan Lionel Messi Pergi dari Camp Nou

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya