Comscore Tracker

6 Bek Terbaik yang Pernah Berseragam Barcelona, Puyol hingga Pique!

Benteng kokoh Catalan

Salah satu klub terbaik di dunia yakni Barcelona, tentu sudah tak perlu diragukan lagi prestasinya. Mereka dihuni oleh pemain-pemain hebat sejak dulu hingga saat ini. El Barca kerap memiliki penyerang yang sukses catatkan banyak gol dan rekor. Namun, kesuksesan Barca selama ini bukan hanya peran para penyerang semata.

Layaknya sebuah tim pada umumnya, butuh sebuah keseimbangan dalam sebuah tim. Tak hanya penyerang yang hebat, Blaugrana juga memiliki pemain-pemain belakang yang kokoh. Peran bek-bek tersebut juga tak boleh dianggap sebelah mata dalam pertandingan.

Nah, siapa saja sih bek terbaik yang pernah berseragam Barcelona? Bagi football lovers yang penasaran, berikut ulasannya.

1. Carles Puyol

6 Bek Terbaik yang Pernah Berseragam Barcelona, Puyol hingga Pique!barcablaugranes.com/Getty Images

Carles Puyol bisa dibilang sebagai bek terbaik yang pernah berseragam Barcelona. Bek tengah asal Spanyol ini merupakan pemain yang sangat setia bersama El Barca.

Legenda Barca yang satu ini menimba ilmu di La Masia dan debut bersama tim utama saat masih berusia 18 tahun bersama Barca. Puyol menjadikan Barca satu-satunya klub yang dibela, yakni sejak musim 1999/2000 hingga 2013/2014.

Dipercaya sebagai kapten, Puyol juga mengantarkan Blaugrana meraih banyak gelar. Selama menjadi bagian klub Catalan itu, sosok yang kini berusia 42 tahun ini mencatatkan 593 pertandingan dengan mencetak 19 gol dan 13 assist. 

2. Miguel Bernardo

6 Bek Terbaik yang Pernah Berseragam Barcelona, Puyol hingga Pique!fcbarcelona.com

Pemain berikutnya yaitu Miguel Bernardo atau yang memiliki nama panggilan 'Tarzan'. Pemain Spanyol yang satu ini juga memiliki karier yang tidak jauh berbeda dengan Carles Puyol. Di mana Tarzan hanya membela Barcelona sepanjang kariernya, tepatnya sejak tahun 1973 hingga akhir kariernya pada tahun 1988.

Selama membela raksasa Spanyol itu, Tarzan tampil dalam 549 pertandingan di semua kompetisi. Gelar demi gelar ia raih bersama Barca, mulai kompetisi domestik hingga Eropa.

Dengan fisiknya yang sangat kokoh, membuat pertahanan Blaugrana begitu solid. Tak mudah bagi bek mana pun menembus benteng kokoh yang dikawal Miguel Bernardo.

3. Dani Alves

6 Bek Terbaik yang Pernah Berseragam Barcelona, Puyol hingga Pique!beinsports.com

Tak hanya bek tengah, Barcelona juga memiliki pemain yang sangat baik di posisi bek sayap. Salah satunya yaitu Dani Alves yang menjadi pemain dengan raihan trofi terbanyak. Pemain asal Brasil ini menjadi bek tersukses termasuk saat berseragam El Barca. Bek kanan ini menjadi salah satu pilar penting dalam skuat emas yang pernah dimiliki Barca, salah satunya saat meraih trebel winner 2009.

Dani Alves sendiri berseragam Blaugrana selama delapan musim, yaitu sejak 2008/2009 hingga 2015 /2016. Ia mencatatkan 391 pertandingan dengan torehan 21 gol dan 101 assist.

Alves menjadi bek kanan yang tak kenal lelah, tak hanya bertahan, ia juga kerap membantu penyerangan. Saat ini pemain 37 tahun itu masih aktif bermain bersama Sao Paolo. 

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol yang Paling Sering Membela Barcelona, Local Pride!

4. Rafa Marquez

6 Bek Terbaik yang Pernah Berseragam Barcelona, Puyol hingga Pique!marca.com

Berikutnya ada pemain berkebangsaan Meksiko, yakni Rafa Marquez. Bek tengah yang satu ini tak kalah bersinar ketika berseragam Barcelona. Marquez bergabung dengan El Barca sejak musim 2003/2004 dan bertahan hingga musim 2009/2010. Ia merupakan bek dengan kualitas sangat mumpuni yang pernah dimiliki Barca.

Tak hanya jago bertahan, ia juga memiliki umpan-umpan berkualitas layaknya seorang gelandang. Tak heran jika Marquez dipercaya sebagai spesialis tendangan bebas.

Bersama klub Catalan tersebut, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2018 ini mencatatkan 242 pertandingan dengan catatan 13 gol dan 12 assist. Ia juga turut menjadi bagian Barcelona dalam meraih berbagai gelar bergengsi. 

5. Ronald Koeman

6 Bek Terbaik yang Pernah Berseragam Barcelona, Puyol hingga Pique!goal.com

Pelatih Barcelona saat ini yaitu Ronald Koeman, juga pernah menjadi andalan Barcelona saat masih aktif bermain. Ia membela Blaugrana selama enam musim, yaitu sejak musim 1989/1990 hingga 1994/1995. Koeman merupakan pemain belakang yang spesial, saat itu posisi disebut sweeper atau bek tengah yang rajin membantu penyerangan.

Tak heran jika ia mencatatkan banyak gol meskipun berposisi sebagai bek tengah. Bersama Barca saja, Koeman sukses mencatatkan 83 gol dan 5 assist dari 254 pertandingan di semua kompetisi.

Hal itu menunjukkan jika Koeman adalah bek yang benar-benar spesial. Sebelum memulai karier sebagai pelatih, Koeman gantung sepatu pada tahun 1997.

6. Gerard Pique

6 Bek Terbaik yang Pernah Berseragam Barcelona, Puyol hingga Pique!fcbarcelona.com

Pemain terakhir dalam daftar ini yaitu Gerard Pique yang saat ini masih aktif membela Barcelona. Bek tengah asal Spanyol ini seperti meneruskan tahta lini belakang El Barca.

Meskipun lulusan akademi La Masia, Pique sempat merantau ke Manchester United sebelum akhirnya kembali pada musim 2008/2009. Pique menjadi salah satu bek lulusan La Masia terbaik yang berkontribusi untuk tim utama Barca. Ia juga sempat menjadi rekan duet Carles Puyol yang mengantarkan El Barca merajai Spanyol hingga Eropa.

Pemain yang kini berusia 33 tahun itu tentu saja menjadi tumpuan utama di lini belakang Blaugrana saat ini karena belum adanya penerus sepadan. Hingga kini, ia telah membela Barca dalam 553 pertandingan dengan mencetak 48 gol dan 13 assist.

 

Bek-bek tersebut tentu saja memiliki peran yang tak kalah penting dalam kesuksesan Barcelona selama ini. Dengan semakin menuanya Pique, Barca yang saat ini ditangani Koeman harus mencari bek yang sepadan seperti para pendahulunya. Di antara bek-bek dalam daftar ini, siapa yang menurutmu terbaik?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Disadari Pernah Berkostum Barcelona, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya