5 Debutan Termuda Barcelona sejak Ditangani Xavi Hernandez, Bertalenta

Mereka belum mampu bersaing di tim utama?

Barcelona dikenal sebagai klub top yang memiliki akademi berkualitas. Tak sedikit lulusan akademi Barca, La Masia, yang menjadi andalan Blaugrana maupun klub lain. Sebut saja nama Lionel Messi sebagai produk terbaik La Masia.

Di era Xavi Hernandez, Barcelona juga memberikan kesempatan tampil kepada para pemain muda. Pelatih asal Spanyol itu tak ragu memainkan pemain muda bertalenta di tim utama. Berikut daftar debutan termuda Barcelona sejak ditangani Xavi Hernandez.

1. Ilias Akhomach

5 Debutan Termuda Barcelona sejak Ditangani Xavi Hernandez, BertalentaIlias Akhomach (instagram.com/iliasakhomach)

Debutan termuda Barcelona sejak ditangani Xavi Hernandez adalah Ilias Akhomach. Pemain asal Spanyol ini membela Barcelona untuk pertama kalinya pada 20 November 2021, tepatnya saat Blaugrana menghadapi Espanyol dalam ajang LaLiga. Saat itu, Akhomach masih berusia 17 tahun, 7 bulan, dan 4 hari.

Saat ini, penyerang sayap tersebut masih tergabung di tim satelit Barca. Meski begitu, Akhomach pribadi telah memainkan tiga pertandingan bersama tim senior Barcelona sejauh ini.

2. Estanis Pedrola

5 Debutan Termuda Barcelona sejak Ditangani Xavi Hernandez, BertalentaEstanis Pedrola (instagram.com/estanispf)

Pemain muda berikutnya merumput di skuad utama Barcelona era Xavi Hernandez adalah Estanis Pedrola. Pemain berkebangsaan Spanyol ini menjalani debut bersama Blaugrana pada 2 Januari 2022. Saat itu, Pedrola masih tergabung dengan tim muda. Namun, ia mendapat kesempatan tampil menghadapi RCD Mallorca dalam ajang LaLiga.

Dalam laga tersebut, pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini masih berusia 18 tahun, 4 bulan, dan 9 hari. Saat ini, Pedrola masih tergabung di tim satelit Barcelona. Momen itu pun menjadi satu-satunya laga yang dimainkan Pedrola bersama skuat utama Blaugrana.

Baca Juga: 5 Pemain Afrika Terakhir yang Didatangkan Barcelona, Siapa Saja?

3. Angel Alarcon

5 Debutan Termuda Barcelona sejak Ditangani Xavi Hernandez, BertalentaAngel Alarcon (fcbarcelona.com)

Angel Alarcon juga menjadi salah satu debutan termuda Barcelona di era Xavi Hernandez. Pemain asal Spanyol tersebut saat ini masih menjadi bagian Barca U-19. Meski begitu, Alarcon pernah membela tim utama Blaugrana.

Alarcon menjalani debut bersama Barcelona saat menghadapi AD Ceuta FC di ajang Copa Del Rey. Pada laga yang digelar 19 Januari 2023 tersebut, ia masih berusia 18 tahun, 8 bulan, dan 4 hari. Selain laga itu, Alarcon juga sempat dimainkan Xavi dalam dua laga lainnya.

4. Marc Casado

5 Debutan Termuda Barcelona sejak Ditangani Xavi Hernandez, BertalentaMarc Casado (instagram.com/marc.casado.6)

Marc Casado juga menjadi pemain muda yang diberikan kesempatan debut membela Barcelona oleh Xavi Hernandez. Sebagai lulusan akademi, Casado membela skuad utama Blaugrana pada 1 November 2022, tepatnya saat Barcelona menghadapi Viktoria Plzen dalam fase grup Liga Champions. Pemain berkebangsaan Spanyol ini masih berusia 19 tahun, 1 bulan, dan 18 hari kala menjalani laga tersebut.

Hingga saat ini, kesempatan berharga itu menjadi satu-satunya laga yang dimainkan sang gelandang muda bersama tim utama. Sama seperti pemain lainnya, hingga kini dia masih tergabung di tim muda Blaugrana.

5. Chadi Riad

5 Debutan Termuda Barcelona sejak Ditangani Xavi Hernandez, BertalentaChadi Riad (instagram.com/chadiriad17)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Chadi Riad. Pemain asal Maroko tersebut menjalani debut bersama Barcelona pada 8 November 2022. Saat itu, Barcelona menghadapi Osasuna dalam ajang LaLiga. Riad masih berusia 19 tahun, 4 bulan, dan 22 hari saat tampil dalam laga tersebut.

Hingga kini, Riad juga masih tergabung dalam skuat muda Blaugrana. Laga melawan Osasuna tersebut pun menjadi satu-satunya kesempatan yang diberikan Xavi kepada bek tengah muda ini.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada November 2021, Xavi Hernandez sebenarnya banyak mengandalkan pemain muda. Namun, para pemain dalam daftar ini sepertinya masih belum bisa bersaing merebut posisi inti di tim utama.

Baca Juga: 5 Rekrutan Barcelona Era Xavi yang Digaet dari Klub Big Six EPL

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya