5 Debutan Termuda Borussia Dortmund di Era Lucien Favre, Penuh Talenta

Salah satu jasa Favre saat latih Dortmund

Lucien Favre telah resmi dipecat Borussia Dortmund pada Minggu (13/12/2020). Hal tersebut tak lepas dari penampilan Dortmund yang tak konsisten di bawah asuhan pelatih Swiss itu.

Meskipun minim prestasi, Favre menjadi pelatih yang cukup berjasa bagi Die Borussen. Setidaknya dalam hal pengembangan pemain muda.

Selama menangani Dortmund, Favre sangat gemar mengorbitkan pemain muda. Bahkan beberapa di antaranya sukses memecahkan rekor debutan termuda di Bundesliga serta di Liga Champions.

Hal ini tentu saja merupakan hal positif, karena pemain-pemain tersebut bisa menjadi bintang masa depan Dortmund. Berikut daftar debutan termuda Borussia Dortmund di era Lucien Favre.

1. Youssoufa Moukoko

5 Debutan Termuda Borussia Dortmund di Era Lucien Favre, Penuh Talentagoal.com

Youssoufa Moukoko menjadi debutan termuda Borussia Dortmund di era Lucien Favre. Pemain berkebangsaan Jerman tersebut mendapat kesempatan tampil bersama skuat utama Dortmund pada 21 November 2020. Tepatnya saat pekan ke delapan Bundesliga, di mana Dortmund bertandang ke markas Hertha Berlin.

Dalam pertandingan tersebut, Moukoko baru berusia 16 tahun dan 1 hari. Hal tersebut membuat Moukoko menjadi pemain termuda dalam sejarah Bundesliga.

Setelah laga tersebut, Moukoko juga ditampilkan Favre dalam laga Liga Champions dan membuatnya memecahkan rekor debutan termuda UCL.

2. Giovanni Reyna

5 Debutan Termuda Borussia Dortmund di Era Lucien Favre, Penuh Talentagoal.com

Giovanni Reyna juga menjadi salah satu pemain muda yang debut bersama Borussia Dortmund di era Lucien Favre. Reyna merupakan pemain kelahiran Amerika Serikat pada 13 November 2002. Pemain muda yang satu ini berposisi sebagai gelandang serang. Reyna menjalani debut bersama Borussia Dortmund saat menghadapi Augsburg.

Pada laga yang digelar 18 Januari 2020 tersebut, Reyna masih berusia 17 tahun, 2 bulan dan 5 hari. Memiliki talenta istimewa, Reyna telah dimainkan Favre dalam 37 laga di semua kompetisi dengan torehan 5 gol dan 8 assist. Reyna bisa saja menjadi pemain muda selanjutnya yang menjadi bintang Dortmund.

Baca Juga: 10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhir

3. Jude Bellingham

5 Debutan Termuda Borussia Dortmund di Era Lucien Favre, Penuh Talentaskysports.com

Pemain ketiga dalam daftar ini menjalani debut bersama Borussia Dortmund pada musim ini. Pemain tersebut yaitu Jude Bellingham yang baru direkrut dari Birmingham City pada musim panas ini. Pemain berkebangsaan Inggris ini pun telah dimainkan Lucien Favre dalam beberapa pertandingan. 

Bellingham tampil perdana bersama Dortmund pada 14 September 2020. Tepatnya saat Die Borussen menghadapi Duisburg pada laga DFB Pokal. Dalam laga tersebut, pemain gelandang ini masih berusia 17 tahun, 2 bulan dan 16 hari. Sejauh ini, ia telah tampil bersama Dortmund dalam 17 pertandingan dengan 1 gol dan 3 assist.

4. Sergio Gomez

5 Debutan Termuda Borussia Dortmund di Era Lucien Favre, Penuh Talentagoal.com/TF-Images/Getty Images

Debutan termuda berikutnya yaitu Sergio Gomez yang saat ini tengah dipinjamkan ke klub Spanyol, Huesca. Pemain berkebangsaan Spanyol itu juga menjadi salah satu pemain muda yang dimainkan Lucien Favre di Borussia Dortmund. Laga debutnya terjadi pada 11 Desember 18, di mana Dortmund menghadapi AS Monaco di babak grup Liga Champions.

Pada laga bergengsi itu, Gomez masih berusia 18 tahun, 3 bulan dan 7 hari. Selama ditangani Favre, pemain gelandang serang ini hanya dimainkan dalam pertandingan di semua kompetisi. Ia lebih sering membela tim muda Borussia Dortmund.

5. Jadon Sancho 

5 Debutan Termuda Borussia Dortmund di Era Lucien Favre, Penuh Talentaen.as.com

Pemain terakhir dalam daftar ini tentu saja sudah tak asing lagi. Jadon Sancho menjadi pemain yang diandalkan Lucien Favre selama menangani Borussia Dortmund. Pemain berkebangsaan Inggris pertama kali dimainkan Favre pada 20 Agustus 2018.

Saat itu, Dortmund menghadapi Greuther Furth di ajang DFB Pokal. Dalam laga tersebut, Sancho masih berusia 18 tahun, 4 bulan dan 26 hari. Setelah laga tersebut, Sancho menjadi pilar utama di lini depan Die Borussen. Di bawah asuhan Favre, penyerang sayap ini mencatatkan 102 penampilan dengan mencetak 36 gol dan 45 assist.

 

Setiap pelatih memiliki ciri khas masing-masing dalam pelatih. Meskipun Favre belum mampu membawa Dortmund meraih gelar bergengsi, namun ia telah mebangun masa depan Die Borussen

Baca Juga: 6 Pemain Borussia Dortmund Paling Diandalkan Lucien Favre, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya