Comscore Tracker

5 Debutan Termuda Timnas Prancis di Piala Dunia, Camavinga Terbaru

Camavinga debut saat Prancis takluk di laga pamungkas

Timnas Prancis tampil superior dalam fase grup Piala Dunia 2022 Qatar. Prancis memang datang ke Piala Dunia 2022 dengan status juara bertahan. Mereka sebenarnya dinaungi mitos juara bertahan yang gagal di edisi berikutnya.

Namun hal tersebut langsung terbantahkan setelah Les Bleus menjadi tim pertama yang lolos ke babak gugur. Sudah memastikan aman dalam dua laga awal, Didier Deschamps pun memainkan banyak pemain muda di laga ketiga menghadapi Tunisia.

Salah satunya yaitu Eduardo Camavinga yang masuk dalam daftar debutan termuda Timnas Prancis di Piala Dunia. Sebelum Camavinga, siapa saja yang jadi debutan termuda Les Bleus di ajang 4 tahunan ini? 

1. Kylian Mbappe

5 Debutan Termuda Timnas Prancis di Piala Dunia, Camavinga TerbaruKylian Mbappe (fifa.com)

Pemain termuda yang debut di Piala Dunia bersama Timnas Prancis adalah Kylian Mbappe. Dia menjalani debut di Piala Dunia bersama Prancis pada edisi 2018 lalu.

Mbappe dipercaya tampil ketika Les Bleus menghadapi Australia di fase grup. Dalam laga tersebut, pemain muda Paris Saint-Germain ini masih berusia 19 tahun, 5 bulan, dan 27 hari. Hingga kini, Mbappe sendiri mengoleksi 61 caps bersama Les Bleus dengan torehan 31 gol.

2. Eduardo Camavinga

5 Debutan Termuda Timnas Prancis di Piala Dunia, Camavinga TerbaruEduardo Camavinga (twitter.com/StatmanDave)

Eduardo Camavinga menjadi yang terbaru sebagai pemain termuda Prancis yang mentas di Piala Dunia. Pada edisi 2022, Camavinga mencicipi atmosfer magis Piala Dunia bersama Les Bleus.

Pada, Rabu (30/11/2022), Camavinga merasakan megahnya panggung Piala Dunia saat membela Prancis melawan Tunisia. Usianya dalam laga itu masih 20 tahun dan 20 hari.

Baca Juga: 6 Debutan Termuda Timnas Prancis di Era Didier Deschamps, Siapa Saja?

3. Bruno Bellone

5 Debutan Termuda Timnas Prancis di Piala Dunia, Camavinga TerbaruBruno Bellone (twitter.com/FIFAWorldCup)

Pemain termuda Prancis lainnya yang pernah bermain di Piala Dunia adalah Bruno Bellone. Mantan pemain AS Monaco ini menjalani debut di Piala Dunia pada 10 Juni 1982.

Saat itu, Bellone tampil ketika Prancis berduel melawan Polandia di laga perebutan tempat ketiga. Dalam laga tersebut, Bellone masih berusia 20 tahun, 3 bulan, dan 26 hari.

Setelahnya, penyerang sayap ini rutin masuk ke skuad Les Bleus. Sebanyak 34 caps dikantongi Bellone hingga gantung sepatu pada 1990.

4. Manuel Amoros

5 Debutan Termuda Timnas Prancis di Piala Dunia, Camavinga TerbaruManuel Amoros (fifa.com)

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Manuel Amoros yang juga debut di Piala Dunia 1982. Mantan pemain Olympique Lyon tersebut tampil saat Prancis menghadapi Kuwait di fase grup. Melakoni debut, Amoros sendiri masih berusia 20 tahun, 4 bulan, dan 20 hari.

Pemain berposisi sebagai bek kanan ini mencatatkan 82 caps bersama Les Bleus. Ia akhirnya memutuskan gantung sepatu pada 1996.

5. David Trezeguet

5 Debutan Termuda Timnas Prancis di Piala Dunia, Camavinga TerbaruDavid Trezeguet (uefa.com)

David Trezeguet juga menjadi salah satu pemain yang bersinar sejak usia muda. Pemain berposisi penyerang ini pertama kali membela Timnas Prancis di Piala Dunia 1998 silam.

Laga pertamanya terjadi pada saat menghadapi Afrika Selatan dalam fase grup. Pada pertandingan yang digelar 12 Juni 1998 tersebut, Trezeguet masih berusia 20 tahun, 7 bulan, dan 28 hari.

Setelahnya, Trezeguet selalu jadi andalan Les Bleus dalam berbagai ajang. Total, mantan pemain Juventus ini menorehkan 71 caps dengan catatan 34 gol.

 

Eduardo Camavinga memang menjadi pemain termuda yang ada di skuad Prancis untuk Piala Dunia 2022. Akankah ia mampu membawa Les Bleus juara di edisi debutnya seperti Mbappe di Piala Dunia 2018 lalu?

Baca Juga: Randal Kolo Muani, Striker Debutan Timnas Prancis pada 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya