Comscore Tracker

5 Kiper Termuda yang Debut di Liga Champions, Casillas Salah Satunya!

Mendapat kesempatan berharga!

Dalam menghadapi ketatnya persaingan Liga Champions, tim-tim peserta tentu saja menyiapkan skuat terbaik. Mereka harus bersaing dengan tim terbaik dari negara lain. Meskipun demikian, tak menutup kemungkinan bagi pemain muda untuk tampil di Liga Champions khususnya seorang kiper.

Hingga saat ini, ada beberapa kiper muda yang menjalani debut di Liga Champions. Kiper-kiper tersebut tentu saja memiliki bakat dan potensi yang cukup menjanjikan. Salah satunya yaitu Iker Casillas yang sangat sukses bermain di Liga Champions. Lantas siapa saja kiper termuda yang debut di Liga Champions hingga kini? Berikut ulasannya.

1. Maarten Vandevoordt (RKC Genk)

5 Kiper Termuda yang Debut di Liga Champions, Casillas Salah Satunya!thenewspots.com

Vandevoordt menjadi kiper termuda yang debut di Liga Champions. Momen tersebut terjadi saat dirinya membela RKC Genk saat melawan Napoli. Tepatnya pada 10 Desember 2019 lalu. Dalam laga fase grup tersebut, Vandevoordt masih berusia 17 tahun, 9 bulan dan 14 hari.

Momen tersebut menjadi satu-satunya pertandingan yang dimainkan pemain Belgia tersebut di Liga Champions sejauh ini. Masih sangat belia, Vandevoordt bisa menjadi kiper selanjutnya yang dimunculkan Genk, setelah sebelumnya ada Thibaut Courtois.

2. Mile Svilar (Benfica)

5 Kiper Termuda yang Debut di Liga Champions, Casillas Salah Satunya!slbenfica.pt

Diurutan kedua ada Mile Svilar yang menjalani di Liga Champions bersama Benfica. Pemain berkebangsaan Portugal tersebut membela The Eagles saat menghadapi Manchester United pada 18 Oktober 2017. Saat itu, Svilar masih berusia 18 tahun, 1 bulan dan 21 hari.

Selain laga berat tersebut, hingga kini ia baru bermain dalam 3 pertandingan di ajang bergengsi ini. Dari penampilannya tersebut, kiper 21 tahun ini harua kebobolan 5 gol tanpa sekalipun clean sheet. Sama seperti Vandevoordt, Svilar juga merupakan kiper berkebangsaan Belgia.

3. Iker Casillas (Real Madrid)

5 Kiper Termuda yang Debut di Liga Champions, Casillas Salah Satunya!cadenaser.com

Jauh sebelum pemain-pemain tersebut, Iker Casillas lebih dulu tercatat sebagai kiper termuda yang debut di Liga Champions. Kiper yang telah pensiun pada tahun 2020 ini pertama kali tampil di Liga Champions pada 15 September 1999. Saat itu Casillas membela El Real saat menghadapi Olympiacos di babak grup.

Dalam laga tersebut, kiper asal Spanyol ini masih berusia 18 tahun, 3 bulan dan 26 hari. Casillas tentu saja menjadi kiper yang sukses di Liga Champions, yakni dengan raihan 3 trofi. Kesuksesan tersebut ia raih dari 177 laga dengan raihan 59 clean sheet serta 201 kebobolan.

Baca Juga: 6 Debutan Termuda Borussia Dortmund di Bundesliga, Ada Rekor Baru!

4. Nikolay Mihaylov (Levski Sofia)

5 Kiper Termuda yang Debut di Liga Champions, Casillas Salah Satunya!express.co.uk

Nikolay Mihaylov menjadi kiper keempat dalam daftar ini. Pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut menjalani pertandingan perdana di Liga Champions pada 31 Oktober 2006. Saat itu Mihaylov membela klub Hungaria Levski Sofia melawan Werder Bremen.

Dalam laga fase grup tersebut, pemain berkebangsaan Hungaria ini masih berusia 18 tahun, 4 bulan dan 3 hari. Meskipun namanya kurang populer, ternyata Mihaylov pernah membela beberapa tim elite seperti Twente hingga Liverpool. Namun di Liga Champions, ia hanya tampil dalam 6 pertandingan dengan catatan 11 kebobolan dan sekali clean sheet.

5. Igor Akinfeev (CSKA Moscow)

5 Kiper Termuda yang Debut di Liga Champions, Casillas Salah Satunya!mirror.co.uk

Kiper terakhir dalam daftar ini menjadi salah satu pemain yang berpengalaman di Liga Champions. Kiper tersebut yaitu Igor Akinfeev yang cukup setia membela CSKA Moscow. Kiper berkebangsaan Rusia ini pertama kali debut di Liga Champions pada 14 September 2004.

Pada pertandingan menghadapi FC Porto tersebut, Akinfeev masih berusia 18 tahun, 5 bulan dan 6 hari. Hingga saat ini, kiper berusia 34 tahun itu telah mencatatkan 60 penampilan di Liga Champions. Akinfeev menorehkan 9 clean sheet dan 98 kebobolan, namun ia belum mampu meraih trofi ajang bergengsi ini.

Di tengah banyaknya kiper yang telah teruji kualitasnya, kiper-kiper tersebut mampu menembus starting eleven. Mereka tentu saja memiliki potensi yang luar biasa.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Dimainkan Jurgen Klopp untuk Liverpool

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya