5 Klub Terakhir yang Ditangani Jose Luis Mendilibar sebelum Sevilla

Mendilibar membawa Sevilla menjuarai Liga Europa 2022/2023

Nama Jose Luis Mendilibar mungkin masih sedikit asing bagi penggemar sepak bola. Namun, ia merupakan pelatih yang baru saja mengantarkan Sevilla menjadi juara Liga Europa 2022/2023. Mereka menaklukkan AS Roma dalam laga final yang digelar pada Kamis (1/6/2023) dini hari WIB.

Mendilibar memang belum terlalu dikenal sebagai pelatih yang berprestasi. Pelatih asal Spanyol ini ditunjuk Sevilla sejak Maret 2023 lalu. Sebelum menangani Sevilla, Mendilibar sudah malang melintang bersama klub-klub Spanyol.

Total, pelatih 62 tahun itu sudah menukangi sepuluh klub, termasuk Sevilla. Trofi Liga Europa musim ini menjadi trofi pertama dalam karier Mendilibar. Berikut daftar klub terakhir yang ditangani Jose Luis Mendilibar sebelum Sevilla.

1. Deportivo Alaves

5 Klub Terakhir yang Ditangani Jose Luis Mendilibar sebelum SevillaJose Luis Mendilibar saat menukangi Deportivo Alaves. (twitter.com/alaveseng)

Deportivo Alaves menjadi klub terakhir yang ditangani Jose Luis Mendilibar sebelum berlabuh ke Sevilla. Namun, ia hanya sebagai pelatih pengganti di pertengahan musim. Mendilibar menjadi pelatih Deportivo Alaves pada Desember 2021 hingga April 2022.

Bahkan, Mendilibar tak sampe akhir musim menukangi Alaves. Ia dipecat Alaves setelah takluk 1-4 dari Atletico Madrid pada pekan ke-30 LaLiga 2021/2022. Hal itu merupakan puncak dari hasil buruk yang didapatnya selama menukangi Alaves. Menjalani 12 pertandingan, Mendilibar hanya meraih 1 kali kemenangan dan harus takluk dalam 7 pertandingan.

2. SD Eibar

5 Klub Terakhir yang Ditangani Jose Luis Mendilibar sebelum SevillaJose Luis Mendilibar saat menangani SD Eibar. (twitter.com/SDEibar)

Sebelum menjadi pelatih Deportivo Alaves, Jose Luis Mendilibar cukup lama menjadi juru taktik SD Eibar. Ditunjuk pada awal musim 2015/2016, Mendilibar meninggalkan Eibar pada akhir musim 2020/2021. Meski tak meraih trofi apa pun, Mendilibar membawa Eibar selalu bertahan di kasta teratas Liga Spanyol.

Selama kurang lebih 6 musim menukangi Eibar, Mendilibar mencatatkan 248 pertandingan. Uniknya, Eibar tetap mempertahankan Mendilibar meski kerap mendapat hasil buruk. Dari jumlah pertandingan tersebut, Mendilibar hanya meraih 76 kemenangan dan harus kalah dalam 106 pertandingan. 

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Sevilla Juara Liga Europa 2022/23

3. Levante

5 Klub Terakhir yang Ditangani Jose Luis Mendilibar sebelum SevillaJose Luis Mendilibar (twitter.com/SDEibar)

Levante menjadi klub Spanyol lain yang pernah menggunakan jasa Jose Luis Mendilibar. Namun, karier Mendilibar bersama Levante hanya seumur jagung. Ditunjuk pada awal musim 2014/2015, Mendilibar kemudian dipecat setelah hanya menjalani delapan pertandingan, tepatnya pada Oktober 2014.

Keputusan cepat tersebut tak lepas dari hasil buruk Levante selama ditangani Mendilibar. Dari 8 pertandingan, Mendilibar hanya membawa Levante meraih 1 kali kemenangan. Sementara itu, 7 pertandingan lainnya berakhir 2 kali imbang dan 5 kali mengalami kekalahan. 

4. Osasuna

5 Klub Terakhir yang Ditangani Jose Luis Mendilibar sebelum SevillaJose Luis Mendilibar (twitter.com/SDEibar)

Sebelum ditunjuk sebagai pelatih Levante, Jose Luis Mendilibar sebenernya hampir semusim menjadi pengangguran. Klub sebelumnya yang ditangani Mendilibar adalah Osasuna. Klub Spanyol yang satu ini menggunakan jasa Mendilibar pada Februari 2011 hingga September 2013.

Rekor pertandingan selama menukangi Osasuna juga tak terlalu bagus. Menjalani 102 pertandingan, Mendilibar lebih banyak menderita kekalahan. Rinciannya yaitu 33 kemenangan, 26 hasil imbang, dan 43 kekalahan. 

5. Real Valladolid

5 Klub Terakhir yang Ditangani Jose Luis Mendilibar sebelum SevillaJose Luis Mendilibar (twitter.com/SDEibar)

Salah satu klub terakhir yang ditangani Jose Luis Mendilibar sebelum Sevilla adalah Real Valladolid. Klub Spanyol ini menjadi klub kedua terlama yang menggunakan jasa Mendilibar setelah Eibar. Mendilibar menjadi pelatih Valladolid selama 1.322 hari.

Pelatih 62 tahun itu ditunjuk Valladolid pada awal musim 2006/2007. Sebelum berpisah pada Februari 2010, Mendilibar mencatatkan 124 pertandingan. Hasilnya, Valladolid asuhan Mendilibar meraih 45 kemenangan, 34 hasil imbang, dan 45 kekalahan.

 

Mendilibar cukup beruntung bisa membawa Sevilla menjuarai Liga Europa 2022/2023. Padahal, sebelumnya, ia merupakan pelatih antah berantah yang belum pernah meraih trofi. Akankah karier Mendilibar bertahan lama bersama Sevilla?

Baca Juga: Sevilla Rusak Rekor Impresif Jose Mourinho di Final Eropa

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya