6 Klub Inggris yang Pernah Dihadapi AC Milan di Liga Champions

AC Milan juga bermain pada babak 16 besar UCL 2022/2023

Setelah jeda cukup lama, UEFA Champions League (UCL) akan kembali menyapa penggemar sepak bola pada tengah pekan ini. Pertarungan leg pertama babak 16 besar menjadi sajian yang tak boleh dilewatkan.

Salah satu laga menarik terjadi pada duel AC Milan dan Tottenham Hotspur. Rossoneri yang sudah lama tak berprestasi di kancah Eropa berhasrat bisa menjadi juara musim ini. Namun, Tottenham siap menjadi batu sandungan klub Italia tersebut.

Bagi AC Milan, menghadapi klub Inggris di Liga Champions bukan sesuatu yang asing. Setidaknya, ada enam klub Inggris yang pernah dihadapi AC Milan di Liga Champions.

1. Manchester United

6 Klub Inggris yang Pernah Dihadapi AC Milan di Liga ChampionsAC Milan menghadapi Manchester United. (uefa.com)

Manchester United jadi klub Inggris yang paling sering dihadapi AC Milan di Liga Champions. Klub asal Manchester ini memang konsisten menjadi wakil Inggris di kompetisi antarklub Eropa.

Di Liga Champions sendiri, AC Milan telah menghadapi Setan Merah dalam enam pertandingan. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada babak 16 besar Liga Champions 2009/2010.

Rossoneri gagal mengalahkan MU. Mereka kalah dengan agregat 2-7. Secara total, AC Milan memiliki rekor pertemuan yang seimbang dengan Manchester United. Mereka meraih 3 kemenangan dan 3 kekalahan.

2. Arsenal

6 Klub Inggris yang Pernah Dihadapi AC Milan di Liga ChampionsArsenal melawan AC Milan. (uefa.com)

Arsenal jadi klub Inggris lain yang pernah dihadapi AC Milan di Liga Champions. Sama seperti Manchester United, klub ibukota ini juga sempat menjadi salah satu klub Inggris yang berkompetisi di Liga Champions.

Hingga saat ini, AC Milan telah berhadapan dengan Arsenal dalam empat pertandingan Liga Champions. Dari jumlah tersebut, Rossoneri harus mengakui keunggulan Arsenal dalam 2 pertandingan dan baru menang pada 1 pertandingan lainnya.

Momen terakhir pertemuan kedua tim ini terjadi pada babak 16 besar Liga Champions 2011/2012. Saat itu, AC Milan berhasil menang 4-0 saat bermain di San Siro. Meski kalah 0-3 pada leg kedua, AC Milan berhak melaju ke perempat final.

3. Liverpool

6 Klub Inggris yang Pernah Dihadapi AC Milan di Liga ChampionsAC Milan menghadapi Liverpool. (acmilan.com)

Liverpool juga kerap menghadapi AC Milan di Liga Champions. Mereka menjadi klub yang kerap menyulitkan AC Milan di Liga Champions.

Dari empat pertandingan yang sudah dilakoni kedua tim, Rossoneri baru sekali menang atas Liverpool. Klub Italia itu harus mengakui keunggulan The Reds dalam tiga pertandingan lainnya.

Momen paling diingat dari duel tim ini tentu saja pada final Liga Champions 2004/2005. Saat itu, AC Milan yang sudah unggul tiga gol pada babak pertama harus takluk pada akhir laga. Namun, Rossoneri berhasil membalaskan dendam di final 2006/2007 dengan menang 2-1.

Baca Juga: 6 Klub Serie A Paling Sering Mengalahkan Juventus, Duo Milan Teratas?

4. Chelsea

6 Klub Inggris yang Pernah Dihadapi AC Milan di Liga ChampionsAC Milan melawan Chelsea. (acmilan.com)

Chelsea yang satu grup di Liga Champions musim ini jadi klub Inggris yang sering dihadapi AC Milan. Sayangnya, Rossoneri tak mampu menaklukkan The Blues dari dua pertandingan fase grup. 

Secara total, AC Milan telah menghadapi Chelsea dalam empat pertandingan Liga Champions. Sebelum musim ini, kedua tim pernah satu grup di Liga Champions 1999/2000. 

Dari empat pertandingan yang sudah mereka lakoni, Chelsea masih terlalu tangguh bagi AC Milan. Klub Italia ini harus mengakui keunggulan Chelsea dalam 2 pertandingan dan 2 laga lain imbang.

5. Leeds United

6 Klub Inggris yang Pernah Dihadapi AC Milan di Liga ChampionsLeeds United (uefa.com)

Klub Inggris kelima yang pernah dihadapi AC Milan di Liga Champions adalah Leeds United. Prestasi Leeds United saat ini mungkin tak terlalu mentereng. Namun, klub yang identik dengan warna putih ini pernah beberapa kali tampil di Liga Champions.

Mereka tak terhindarkan bertemu AC Milan di kompetisi antarklub Eropa tersebut. Hingga saat ini, Leeds United telah menghadapi Rossoneri dalam dua pertandingan.

Dari dua laga tersebut, AC Milan belum mampu meraih kemenangan. Kedua tim ini bertemu pada babak grup Liga Champions 2000/2001.

6. Tottenham Hotspur

6 Klub Inggris yang Pernah Dihadapi AC Milan di Liga ChampionsAC Milan menghadapi Tottenham Hotspur. (uefa.com)

Klub terakhir dalam daftar ini adalah Tottenham Hotspur. Klub Inggris satu ini akan menjadi lawan AC Milan pada babak 16 besar Liga Champions 2022/2023.

Sebelum berduel pada tengah pekan nanti, AC Milan ternyata sudah pernah menjajal kekuatan Spurs di Liga Champions. Momen tersebut terjadi pada gelaran Liga Champions 2010/2011.

Kala itu Tottenham sukses menyingkirkan AC Milan pada babak 16 besar. Dengan catatan itu, AC Milan harus lebih waspada saat berduel dengan Tottenham musim ini.

AC Milan tampaknya kerap menemui kesulitan saat berhadapan dengan klub Inggris. Berhadapan dengan Tottenham Hotspur, Rossoneri harus tampil maksimal jika ingin melaju ke babak berikutnya.

Baca Juga: 4 Tim yang Sudah Kalahkan AC Milan di Serie A 2022/2023

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya