5 Klub Portugal yang Pernah Menjadi Lawan Arsenal, Ada Sporting CP

Arsenal bertemu Sporting CP di babak 16 besar Europa League

Arsenal menjadi salah satu klub Inggris yang saat ini masih berlaga di UEFA Europa League (UEL). Keluar sebagai salah satu juara grup, The Gunners akan melanjutkan perjalanannya di babak 16 besar.

Di babak ini, Arsenal dipastikan akan menghadapi klub asal Portugal, Sporting CP. Kepastian tersebut didapat setelah drawing Europa League pada Jum'at (24/2/2023) petang WIB.

Bagi Arsenal, menghadapi klub asal Portugal bukan sesuatu yang asing. Setidaknya sudah ada lima klub Portugal yang pernah menjadi lawan Arsenal. Termasuk Sporting CP, berikut daftar klub Portugal yang pernah dihadapi Arsenal.

1. FC Porto

5 Klub Portugal yang Pernah Menjadi Lawan Arsenal, Ada Sporting CPArsenal melawan FC Porto. (uefa.com)

FC Porto jadi klub Portugal yang paling sering dihadapi Arsenal. Klub berjuluk The Dragoes ini memang konsisten menjadi wakil Portugal di kompetisi antarklub Eropa.

Hingga saat ini, Arsenal telah menghadapi Porto dalam enam pertandingan. Secara total, The Gunners masih kalah rekor pertemuan dengan Porto. Arsenal meraih 2 kemenangan dan 3 kekalahan.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada babak 16 besar Liga Champions 2009/2010 lalu. Kala itu, Arsenal berhasil menyingkirkan wakil Portugal tersebut.

2. SL Benfica

5 Klub Portugal yang Pernah Menjadi Lawan Arsenal, Ada Sporting CPArsenal menghadapi Benfica. (uefa.com)

Raksasa Portugal lainnya, SL Benfica, juga pernah menghadapi Arsenal. Dalam rekor pertemuan, kedua tim merah ini masih cukup berimbang. Dari empat pertandingan yang sudah dilakoni kedua tim, Arsenal dan Benfica baru sama-sama meraih satu kemenangan. 

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada 2021 lalu pada playoff babak gugur Europa League. Saat itu, Arsenal yang sempat kalah imbang di Portugal berhasil menang di kandangnya sendiri dengan skor 3-2.

Baca Juga: 5 Pemain Polandia yang Merumput di EPL 2022/2023, Ada Bek Baru Arsenal

3. Sporting CP

5 Klub Portugal yang Pernah Menjadi Lawan Arsenal, Ada Sporting CPArsenal menghadapi Sporting CP. (arsenal.com)

Sporting CP yang akan dihadapi Arsenal juga jadi klub Portugal yang pernah dihadapi Arsenal. The Gunners akan berduel dengan Sporting dalam dua leg babak 16 besar Europa League.

Secara total, Arsenal telah menghadapi Sporting CP dalam empat pertandingan. Sebelum musim ini, kedua tim pernah berduel di Europa League dan Fairs Cup. 

Dari empat pertandingan yang sudah kedua tim lakoni, The Gunners masih terlalu tangguh bagi Sporting CP. Klub asal Portugal satu ini harus mengakui keunggulan Arsenal dalam tiga pertandingan.

4. SC Braga

5 Klub Portugal yang Pernah Menjadi Lawan Arsenal, Ada Sporting CPSC Braga (uefa.com)

SC Braga jadi klub Portugal lainnya yang pernah dihadapi Arsenal. Braga memang menjadi salah satu klub yang beberapa kali mewakili Portugal di kompetisi antarklub Eropa.

Hingga saat ini, The Gunners telah berhadapan dengan Braga dalam dua pertandingan. Dari jumlah tersebut, Arsenal berhasil mengungguli Braga dalam 1 pertandingan dan bermain kalah pada 1 pertandingan lainnya.

Momen pertemuan kedua tim ini terjadi pada fase grup Liga Champions 2010/2011. Saat itu, Arsenal berhasil menang 6-0 saat bermain sebagai tuan rumah. Namun, Arsenal harus kalah 0-2 saat bertandang ke Portugal.

5. Vitoria Guimaraes SC

5 Klub Portugal yang Pernah Menjadi Lawan Arsenal, Ada Sporting CPVitoria Guimaraes (uefa.com)

Klub Portugal kelima yang pernah dihadapi Arsenal adalah Vitoria Guimaraes. Prestasi Guimaraes mungkin tak terlalu mentereng. Klub Portugal ini beberapa kali tampil di kompetisi antarklub Eropa khususnya Europa League.

Hingga saat ini, Vitoria Guimaraes telah menghadapi The Gunners dalam dua pertandingan. Dari dua laga tersebut, Arsenal meraih 1 kemenangan dan 1 hasil imbang. Kedua tim ini bertemu pada babak grup Europa League 2019/2020.

 

Secara umum Arsenal masih mampu mengatasi perlawanan klub-klub Portugal. Patut kita nantikan kiprah The Gunners saat berduel melawan Sporting CP.

Baca Juga: Arsenal Permalukan Leicester di Kandangnya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya