Comscore Tracker

6 Klub Tersukses di Ajang Piala FA Inggris, Kejuaraan Tertua di Dunia!

Adakah klub jagoanmu?

Penggemar sepak bola pasti sudah tahu salah satu turnamen di sepak bola Inggris, yakni Piala FA. Turnamen yang satu ini juga menjadi kejuaraan tertua dalam sejarah sepak bola. Piala FA pertama kali digelar pada tahun 1871. Meskipun kalah bergengsi dari Premier League, Piala FA menyajikan keseruan tersendiri setiap musimnya.

Bagaimana tidak, kejuaraan ini mempertemukan semua klub yang ada di Inggris, tepatnya dari kasta teratas hingga kasta kedelapan. Tak jarang, klub-klub Premier League bertemu dengan klub yang kastanya sangat jauh di bawah.

Nah, mungkin kita sudah tahu fakta-fakta tersebut. Tapi, tahukah kamu klub mana yang menjadi raja di Piala FA? Bagi kamu yang penasaran, berikut daftar klub tersukses di ajang Piala FA.

1. Arsenal (14 trofi)

6 Klub Tersukses di Ajang Piala FA Inggris, Kejuaraan Tertua di Dunia!thescore.com

Klub tersukses dalam sejarah Piala FA Inggris adalah Arsenal. Seperti yang kita tahu, The Gunners memang cukup sering melaju ke partai final. Hingga saat ini, Meriam London telah merengkuh trofi Piala FA sebanyak 14 kali.

Mereka pertama kali melaju ke final pada tahun 1927, namun mereka kalah dari Cardiff City di laga tersebut. Akhirnya mereka merengkuh trofi pertama Piala FA pada tahun 1930 setelah mengalahkan Huddersfield Town di partai final.

Terbaru, Arsenal meraih trofi Piala FA pada tahun 2020 lalu. The Gunners juga mencatatkan 7 kali sebagai runner-up. Sayangnya pada gelaran musim ini, mereka dipastikan gagal setelah kalah dari Southampton.

2. Manchester United (12 trofi)

6 Klub Tersukses di Ajang Piala FA Inggris, Kejuaraan Tertua di Dunia!thesun.co.uk/News Group Newspapers Ltd

Berikutnya ada Manchester United yang tak mau kalah dengan Arsenal. United menjadi klub tersukses di Premier League, meskipun demikian mereka juga tak meremehkan ajang Piala FA. Hingga saat ini, Setan Merah telah melaju ke partai final Piala FA sebanyak 20 kali. Dari kesempatan tersebut, mereka berhasil merengkuh trofi Piala FA sebanyak 12 kali.

Dengan 8 lainnya mereka berstatus sebagai runner-up. Manchester United pertama kali menjuarai ajang tertua ini pada tahun 1909. Saat itu mereka mengalahkan Bristol City di partai final.

Terakhir kali mereka merasakan juara Piala FA yaitu pada tahun 2016 lalu. United sempat melaju ke babak final pada tahun 2018, namun dikalahkan oleh Chelsea.

3. Chelsea (8 trofi)

6 Klub Tersukses di Ajang Piala FA Inggris, Kejuaraan Tertua di Dunia!standard.co.uk

Chelsea juga menjadi klub yang cukup sering menjuarai Piala FA. Dalam sejarah, The Blues telah melaju ke partai puncak Piala FA sebanyak 14 kali. Pertama kali mereka mencapai final yaitu pada 1915, namun mereka dikalahkan oleh Sheffield United.

Baru pada kesempatan final ketiga, The Blues meraih trofi Piala FA perdana setelah mengalahkan Leeds United. Pada tahun 2020 lalu mereka juga sebenarnya berhasil ke final, namun akhirnya dikalahkan oleh Arsenal.

Terakhir kali Chelsea juara Piala FA yakni pada tahun 2018 lalu. Hingga saat ini, The Blues telah merengkuh trofi Piala FA sebanyak 8 kali dan 6 kali menjadi runner-up.

Baca Juga: 6 Klub Liga Inggris Ini Sering Sekali Naik Turun Kasta, bak Yoyo!

4. Tottenham Hotspur (8 trofi)

6 Klub Tersukses di Ajang Piala FA Inggris, Kejuaraan Tertua di Dunia!tottenhamhotspur.com

Klub London lainnya yang juga terbilang cukup sukses di Piala FA adalah Tottenham Hotspur. Klub London Utara itu memiliki raihan trofi Piala FA yang sama dengan Chelsea, yakni 8 gelar.

Spurs langsung menjuarai ajang ini di kesempatan pertama laga final. Tepatnya pada tahun 1901 dengan mengalahkan Sheffield United. Namun akhir-akhir ini, mereka tak bisa berbuat banyak di Piala FA. Terakhir kali Spurs melaju ke final yaitu pada tahun 1991.

Saat itu, mereka mengalahkan Nottingham Forest dan menjadi trofi terakhir Spurs hingga saat ini. Tottenham hanya sekali gagal di partai final, tepatnya pada tahun 1987 setelah kalah dari Coventry City.

5. Liverpool (7 trofi)

6 Klub Tersukses di Ajang Piala FA Inggris, Kejuaraan Tertua di Dunia!thisisanfield.com

Sebagai salah satu klub elit Inggris, Liverpool juga tak mau kalah dengan klub-klub sebelumnya. Hingga saat ini, The Reds telah melaju ke partai final Piala FA sebanyak 14 kali. Final pertama kali bagi Liverpool di Piala FA, terjadi pada tahun 1914. Namun sayangnya, mereka gagal di kesempatan pertama tersebut setelah kalah dari Burnley.

Liverpool baru bisa merengkuh trofi Piala FA pada kesempatan final ketiga. Tepatnya pada tahun 1965 setelah berhasil mengalahkan Leeds United. Terakhir kali mereka melaju ke final yaitu pada tahun 2012, namun kalah dari Chelsea.

Pada tahun 2006 menjadi waktu terakhir The Reds meraih trofi Piala FA. Total, Liverpool meraih trofi Piala FA sebanyak 7 kali serta 7 lainnya jadi runner-up. 

6. Aston Villa (7 trofi)

6 Klub Tersukses di Ajang Piala FA Inggris, Kejuaraan Tertua di Dunia!birminghammail.co.uk

Klub terakhir dalam daftar ini mungkin banyak yang tidak menyangka. Klub tersebut yaitu Aston Villa yang memang pernah berjaya di sepak bola Inggris. Sama seperti Liverpool, The Villans juga telah menjuarai Piala FA sebanyak 7 kali.

Mereka berhasil merengkuh trofi Piala FA perdana di laga final pertama pada tahun 1887 setelah mengalahkan West Bromwich Albion. Pada tahun 2015 lalu, Villa sempat mencapai final ajang ini. Namun mereka harus mengakui keunggulan Arsenal di partai final.

Hal serupa juga dialami pada tahun 2000 setelah kalah dari Chelsea. Terakhir kali mereka merasakan juara Piala FA yaitu pada tahun 1957. Selain meraih 7 gelar, Aston Villa juga 4 kali berstatus runner-up Piala FA.

 

Piala FA tetap menjadi ajang yang tak boleh diremehkan oleh setiap klub Inggris. Karena setelah juara ajang ini, mereka akan mendapat tiket bermain di Eropa, yakni Europa League. Adakah klub jagoanmu dalam daftar ini?

Baca Juga: 5 Klub 'Kuda Hitam' di Liga Inggris yang Mulai Terlupakan, Kamu Ingat?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya