Melihat Kembali Maroko hingga Cetak Sejarah di Piala Dunia 2022

Membuat Piala Dunia 2022 sangat berkesan

Pada awalnya, tak banyak yang memedulikan Maroko di Piala Dunia 2022 Qatar. Namun, pada akhirnya, Maroko menjadi buah bibir hingga menjadi inspirasi. Tim berjuluk The Atlas Lions ini benar-benar luar biasa pada keikutsertaannya di Piala Dunia tahun ini.

Mereka terus melaju hingga akhirnya mencatatkan sejarah baru. Ya, Maroko tercatat sebagai negara Afrika pertama yang maju hingga semifinal Piala Dunia. Meski akhirnya hanya menempati peringkat keempat, penampilan Maroko layak mendapat apresiasi setinggi-tingginya.

Lantas, bagaimana langkah demi langkah Maroko selama bertarung di Piala Dunia 2022?

1. Capaian selama mengikuti Piala Dunia sebelumnya

Melihat Kembali Maroko hingga Cetak Sejarah di Piala Dunia 2022Timnas Maroko pada Piala Dunia 2018 (fifa.com)

Sebenarnya hal yang biasa jika tak banyak yang tertarik pada Maroko di Piala Dunia 2022. Mereka bukanlah negara dengan tradisi sepak bola mumpuni. Dalam sejarah Piala Dunia, The Atlas Lions tercatat baru turut serta dalam enam kesempatan termasuk tahun ini.

Dari lima kesempatan sebelumnya, pencapaian terbaik Maroko hanya sampai ke babak 16 besar. Momen tersebut terjadi pada edisi 1986. Selebihnya, Maroko hanya jadi pelengkap dalam fase grup termasuk pada gelaran empat tahun lalu di Rusia.

2. Tak terkalahkan selama fase grup

Melihat Kembali Maroko hingga Cetak Sejarah di Piala Dunia 2022Maroko mengalahkan Belgia di Piala Dunia 2022 Qatar. (fifa.com)

Maroko datang ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan status tim yang tak diunggulkan. Mereka tergabung di Grup F bersama Belgia, Kroasia, dan Kanada. Tentu saja, Maroko tak diprediksi lolos karena tim unggulannya ada Belgia dan Kanada.

Namun, siapa yang menyangka, Maroko bertengger di puncak klasemen setelah menjalani tiga laga fase grup. Di laga perdana, Maroko seperti belum panas setelah hanya main imbang tanpa gol melawan Kroasia.

Namun, dalam dua laga berikutnya The Atlas Lions mengamuk. Bahkan, Belgia menjadi korbannya di laga kedua dengan skor 2-0. Pada laga ketiga, Maroko berhasil menang 2-1 melawan Kanada.

Baca Juga: 7 Pemain Timnas Maroko yang Paling Banyak Bermain di Piala Dunia 2022

3. Singkirkan Spanyol di 16 besar

Melihat Kembali Maroko hingga Cetak Sejarah di Piala Dunia 2022Maroko menaklukkan Spanyol di 16 besar Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Lolos sebagai juara grup membuat Maroko mulai diperhitungkan. Namun, mereka mendapat adangan dari Spanyol di babak 16 besar. Kala itu, Spanyol lebih diunggulkan jika melihat permainan dan materi pemain. Namun, The Atlas Lions sukses membuat Spanyol mati kutu.

Maroko memaksa Spanyol bermain tanpa gol hingga babak tambahan waktu. Hingga akhirnya, laga pun ditentukan melalui babak adu penalti. Maroko seperti sudah tahu kekuatan mereka di babak ini.

Hebatnya, semua penendang Spanyol tak ada yang sukses menjebol gawang Yassine Bounou. Akhirnya, Maroko mencatatkan catatan baru dengan lolos ke babak perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya.

4. Catat sejarah baru setelah taklukkan Portugal

Melihat Kembali Maroko hingga Cetak Sejarah di Piala Dunia 2022Momen Maroko menjebol gawang Portugal di perempat final Piala Dunia 2022. (twitter.com/fifaworldcup_pt)

Kekuatan Maroko semakin menjadi setelah sukses memulangkan Spanyol di 16 besar. Pada babak perempat final, mereka sudah ditunggu tim unggulan lainnya, Portugal. Sudah memiliki kepercayaan diri tinggi, skuad The Atlas Lions seperti tak ada takutnya.

Mereka bahkan berhasil mengungguli Portugal sebelum babak pertama usai. Di babak kedua, Maroko mencoba membangun benteng pertahanan solid. Mereka sudah memprediksi jika Cristiano Ronaldo dan kolega akan tampil habis-habisan.

Hingga laga usai, Maroko sukses mempertahankan keunggulan 1-0. Mereka lolos ke babak semifinal sekaligus menjadi negara Afrika pertama yang mencapai babak tersebut.

5. Mengakhiri turnamen di peringkat keempat dengan penuh kebanggaan

Melihat Kembali Maroko hingga Cetak Sejarah di Piala Dunia 2022Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Laju Maroko sepertinya akan sulit dibendung setelah melaju ke semifinal. Namun, mereka akhirnya menemui tembok kokoh bernama Prancis. Di babak semifinal, Maroko seperti kalah pengalaman dibanding Prancis yang berstatus juara bertahan.

Benar saja, The Atlas Lions dibuat tak berdaya oleh Kylian Mbappe dan kolega. Hingga akhirnya, Maroko gagal ke final setelah takluk dari Prancis dengan skor 0-2. Maroko pun mencoba meraih prestasi terbaik saat melakoni laga perebutan tempat ketiga melawan Kroasia.

Sayangnya, kekuatan mereka sudah tak lagi perkasa. Meski bertarung sengit, Maroko harus puas berada di peringkat keempat setelah kalah dengan skor 1-2.

Maroko benar-benar menjadi fenomena tersendiri di Piala Dunia 2022 Qatar. Hadirnya kejutan dari Maroko membuat gelaran tahun ini cukup berkesan bagi penikmat sepak bola.

Baca Juga: Membandingkan Kejutan Korea Selatan dan Maroko di Piala Dunia

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya