7 Pemain Timnas Maroko yang Paling Banyak Bermain di Piala Dunia 2022

Deretan pemain kunci Timnas Maroko

Timnas Maroko takluk dari Kroasia dengan skor 1-2 pada laga perebutan peringkat ketiga Piala Dunia 2022 Qatar yang digelar pada, Sabtu (17/12/2022) malam hari WIB. The Atlas Lions, julukan Maroko, harus puas mengakhiri kiprahnya pada Piala Dunia tahun ini dengan menduduki peringkat empat. 

Kendati demikian, itu sudah menjadi pencapaian terbaik Maroko dalam enam kali partisipasinya di Piala Dunia. Tak cukup sampai di situ, Maroko juga jadi negara Afrika pertama yang berhasil masuk empat besar Piala Dunia. 

Apa yang diraih Timnas Maroko pada Piala Dunia 2022 tentu tidak terjadi secara kebetulan. Prestasi tersebut merupakan hasil semangat juang tinggi dari penggawa The Atlas Lions. 

Dari 26 pemain yang dibawa, Maroko memiliki sejumlah nama yang jadi andalan. Terhitung ada tujuh pemain Maroko yang selalu dimainkan dalam tujuh laga yang dilalui pada Piala Dunia 2022. Siapa mereka?

1. Sofyan Amrabat

7 Pemain Timnas Maroko yang Paling Banyak Bermain di Piala Dunia 2022Sofyan Amrabat (instagram.com/sofyanamrabat)

Sofyan Amrabat merupakan seorang gelandang bertahan berusia 26 tahun. Ia selalu bermain penuh dalam 7 laga dengan total 660 menit. Tak ada pemain Maroko lainnya yang memiliki menit bermain lebih banyak dari Amrabat. 

Meski tak membuat gol ataupun assist, dominasi Amrabat di lini tengah Maroko begitu kuat. Ia tercatat sebagai pemain paling sibuk dengan total melakukan 310 operan. Pemain milik Fiorentina ini juga membukukan 15 tekel bersih, 9 clearance, dan 5 intersep. 

2. Hakim Ziyech

7 Pemain Timnas Maroko yang Paling Banyak Bermain di Piala Dunia 2022Hakim Ziyech (instagram.com/hziyech)

Hakim Ziyech merupakan seorang winger jempolan milik Maroko. Hal itu membuat dirinya selalu diandalkan sang pelatih, Walid Regragui, pada setiap laga Maroko di Piala Dunia 2022.

Ziyech tercatat bermain sebanyak tujuh kali dengan selalu turun sebagai starter. Jika ditotal, maka pemain Chelsea berusia 29 tahun ini berlaga selama 639 menit.

Ziyech tampil mengesankan dengan menyumbang 1 gol dan 1 assist. Usaha kerasnya di lapangan juga terlihat melalui catatan 10 tembakan percobaan dan 29 dribel. 

3. Achraf Hakimi

7 Pemain Timnas Maroko yang Paling Banyak Bermain di Piala Dunia 2022Achraf Hakimi (instagram.com/achrafhakimi)

Achraf Hakimi termasuk pemain top yang paling sering tampil di Piala Dunia 2022. Bertindak sebagai bek kanan, Hakimi bermain dalam semua laga Maroko di Piala Dunia 2022. 

Jika diakumulasi, maka bek Paris Saint-Germain berumur 24 tahun ini menorehkan 634 menit di lapangan. Hakimi tak kenal lelah naik turun membantu penyerangan dan pertahanan. 

Kerja kerasnya berbuah 4 clean sheet dan 1 assist. Selain itu, Hakimi juga membukukan 24 tekel bersih, 9 intersep, dan 7 clearance

Baca Juga: Sederet Rekor Mentereng Maroko di Piala Dunia 2022, Sejarah Baru!

4. Azzedine Ounahi

7 Pemain Timnas Maroko yang Paling Banyak Bermain di Piala Dunia 2022Azzedine Ounahi (instagram.com/azzedine_ounahi)

Dari sektor gelandang tengah, Maroko begitu mengandalkan Azzedine Ounahi di Piala Dunia 2022. Pemain muda berusia 22 tahun ini selalu diturunkan dalam 7 laga dengan 1 di antaranya masuk sebagai pemain pengganti. 

Dengan total 571 menit bermain, Ounahi melakukan berbagai kontribusi meski bukan gol ataupun assist. Gelandang yang membela Angers tersebut tercatat mengemas 248 operan, 9 tekel bersih, 6 tembakan percobaan, dan 13 dribel. 

5. Youssef En-Nesyri

7 Pemain Timnas Maroko yang Paling Banyak Bermain di Piala Dunia 2022Youssef En-Neysri (instagram.com/sevillafc)

Youssef En-Nesyri merupakan striker utama Timnas Maroko di Piala Dunia 2022. Ia selalu dipercaya tampil dalam tujuh laga yang dilakoni The Atlas Lions. 

Striker Sevilla berumur 25 tahun tersebut bermain agresif dalam total 547 menit di lapangan. Ketajaman En-Nesyri terbukti dengan torehan dua gol. Upayanya untuk menciptakan gol juga terlihat lewat catatan 9 tembakan percobaan dan 8 dribel. 

6. Sofiane Boufal

7 Pemain Timnas Maroko yang Paling Banyak Bermain di Piala Dunia 2022Sofiane Boufal (instagram.com/sofianeboufal_19)

Sofiane Boufal merupakan rekan seklub Azzedine Ounahi di Angers. Perannya tak kalah penting dengan selalu diturunkan dalam tujuh laga Maroko di Piala Dunia 2022.

Boufal sendiri beroperasi di sektor winger kiri jadi tandem Hakim Ziyech. Pergerakannya kerap merepotkan lini pertahanan lawan dalam 482 menit di lapangan. 

Sayang, Boufal tak mencetak sebiji gol ataupun assist. Penyerang berusia 29 tahun tersebut sejatinya sudah berusaha dengan melakukan 7 tembakan percobaan dan 27 dribel. 

7. Selim Amallah

7 Pemain Timnas Maroko yang Paling Banyak Bermain di Piala Dunia 2022Selim Amallah (instagram.com/selim_amallah)

Satu nama lagi yang selalu tampil dalam setiap laga Maroko di Piala Dunia 2022 adalah Selim Amallah. Ia turun dalam 7 laga dengan rincian 4 kali starter dan 3 kali sebagai pemain pengganti. 

Amallah sendiri beroperasi di sektor gelandang tengah. Namun, beberapa kali ia juga diplot sebagai gelandang serang. 

Dengan total 409 menit bermain, Amallah belum bisa terlibat dalam proses terjadinya gol Maroko. Gelandang milik Standard Liege berusia 26 tahun tersebut menorehkan 85 operan, 2 tembakan percobaan, 13 tekel bersih, dan 7 dribel. 

Selalu diturunkan pada setiap laga Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 menunjukkan betapa pentingnya peran ketujuh pemain tersebut. Mereka bisa dikatakan sebagai aktor utama kesuksesan The Atlas Lions menuai prestasi membanggakan di Piala Dunia kali ini.

Baca Juga: Membandingkan Kejutan Korea Selatan dan Maroko di Piala Dunia

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya