5 Momen Terakhir Timnas Prancis Bertarung di Semifinal Piala Dunia

Les Bleus bersua Maroko di semifinal Piala Dunia 2022

Timnas Prancis berpeluang besar mempertahankan gelar juara Piala Dunia pada 2022. Mereka akan berlaga di semifinal melawan Maroko pada Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Bagi Les Bleus, laga semifinal Piala Dunia bukanlah sesuatu yang asing. Selama berkompetisi di ajang 4 tahunan ini, Prancis sudah beberapa kali main di semifinal. Sementara, lawannya, Maroko, baru pertama kali mentas pada babak ini.

Meski begitu, skuad Didier Deschamps patut waspada. Dalam beberapa kesempatan tampil di semifinal, tak jarang Prancis juga gagal ke final.

Berikut lima momen terakhir Timnas Prancis bertarung di semifinal Piala Dunia. Seperti apa hasilnya?

1. Ditaklukkan Jerman pada semifinal Piala Dunia 1982

5 Momen Terakhir Timnas Prancis Bertarung di Semifinal Piala DuniaMomen Timnas Prancis ditaklukkan Jerman di semifinal Piala Dunia 1982. (fifa.com)

Salah satu momen terakhir Timnas Prancis di semifinal Piala Dunia adalah pada edisi 1982. Pada Piala Dunia 1982, Prancis menjadi salah satu negara dari 12 tim yang berlaga di ajang tersebut. Kala itu, Prancis bersua Jerman di laga semifinal.

Sayangnya, langkah Les Bleus harus terhenti pada babak ini. Kedua wakil Eropa ini bertarung sengit hingga berakhir dengan skor 3-3 dalam permainan normal. Pemenang pun harus ditentukan melalui adu penalti.

Prancis kalah beruntung dalam adu tos-tosan ini setelah harus mengakui Jerman dengan skor 4-5. Prancis harus puas hanya main di laga perebutan tempat ketiga. Menghadapi Polandia, Prancis justru kalah dengan skor 2-3.

2. Jerman kembali jadi batu sandungan Prancis di semifinal Piala Dunia 1986

5 Momen Terakhir Timnas Prancis Bertarung di Semifinal Piala DuniaPrancis ditaklukkan Jerman di semifinal Piala Dunia 1986. (fifa.com)

Sekitar 4 tahun berselang, kejadian serupa harus dialami Timnas Prancis. Pada Piala Dunia 1986, Prancis berhasil melaju hingga ke semifinal. Lagi-lagi, Les Bleus harus bersua Jerman pada babak ini.

Alih-alih melakukan balas dendam, Prancis justru kembali tersungkur menghadapi wakil Eropa ini. Kala itu, Prancis takluk dengan skor 0-2.

Andreas Brehme dan Rudi Voeller menjadi dua pemain Jerman yang menjebol gawang Prancis. Dalam laga perebutan tempat ketiga, kali ini Prancis berhasil menang melawan Belgia.

Baca Juga: Mau Teror Prancis, Fans Maroko Disiapkan 30 Penerbangan ke Qatar

3. Kubur mimpi Kroasia melaju ke final pada Piala Dunia 1998

5 Momen Terakhir Timnas Prancis Bertarung di Semifinal Piala DuniaPrancis menyingkirkan Kroasia di semifinal Piala Dunia 1998. (fifa.com)

Pada Piala Dunia 1998, Prancis berlaga di ajang ini dengan status tuan rumah. Les Bleus tentu berhasrat merengkuh Piala Emas di hadapan para pendukungnya. Laju mereka pun sulit ditahan oleh para lawannya.

Pada babak semifinal, Prancis menghadapi Kroasia, tim yang saat itu menjadi kejutan. Sempat tertinggal lebih dahulu melalui gol Davor Suker, Prancis berhasil mengembalikan kedudukan. Lilian Thuram menjadi pahlawan Prancis setelah membobol gawang Kroasia dua kali.

Kemenangan 2-1 mengantarkan Prancis berlaga di partai puncak. Bersua Brasil, Prancis tanpa ampun menaklukkan wakil Conmebol itu dengan skor 3-0.

4. Portugal jadi korban Prancis di semifinal Piala Dunia 2006

5 Momen Terakhir Timnas Prancis Bertarung di Semifinal Piala DuniaPrancis menaklukkan Portugal di semifinal Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Pada Piala Dunia 2002, Prancis sempat gagal total hingga tak lolos dari fase grup. Namun, pada Piala Dunia 2006, Prancis berhasil kembali bangkit.

Diperkuat Zinedine Zidane hingga Thierry Henry, laju Prancis sulit dibendung. Mereka akhirnya bersua Portugal pada babak semifinal. Dalam laga yang digelar di Jerman tersebut, Prancis berhasil menyingkirkan Portugal.

Gol semata wayang Zinedine Zidane sudah cukup bagi Prancis untuk melaju ke final. Sayangnya, performa apik mereka tak berbuah trofi. Di partai puncak, Les Bleus takluk dari Italia melalui adu penalti.

5. Belgia jadi korban terbaru pada edisi 2018

5 Momen Terakhir Timnas Prancis Bertarung di Semifinal Piala DuniaBelgia takluk dari Prancis. (fifa.com)

Setelah lama tak berlaga di semifinal Piala Dunia, Prancis akhirnya kembali bertarung pada babak ini pada Piala Dunia 2018. Saat itu, Prancis tak tersentuh kekalahan hingga akhirnya berlaga di semifinal.

Mereka diprediksi akan menemui kendala berarti saat bersua Belgia. Namun, nyatanya, Les Bleus berhasil mengubur mimpi generasi emas Belgia lolos ke final.

Samuel Umtiti menjadi pahlawan Prancis setelah menjadi satu-satunya pencetak gol dalam laga tersebut. Akhirnya, Prancis berhasil mengangkat trofi Piala Dunia untuk ketiga kalinya setelah mengalahkan Kroasia di final.

Pada Piala Dunia 2022 Qatar, laju Prancis sebenarnya tak terlalu mulus. Mereka bahkan kalah melawan Tunisia pada fase grup. Sementara, lawannya, Maroko, menjadi tim yang belum terkalahkan. Akankah Prancis mampu menyingkirkan tim kejutan Maroko di semifinal?

Baca Juga: Rekor Pertemuan Prancis dengan Tim Afrika di Piala Dunia

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya