5 Momen Terakhir Timnas Inggris Bertarung di Piala Eropa, Gagal Juara!

Inggris pernah gagal lolos dari fase grup

Inggris menjadi negara Eropa dengan kualitas sepak bola cukup baik. Bahkan, Liga Inggris menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Sayangnya, prestasi tim nasional Inggris tak terlalu superior. Bahkan, Inggris belum mampu menaklukkan ajang antarnegara Eropa, Piala Eropa. Prestasi terbaik mereka hanya mampu menjadi runner-up.

Hingga saat ini, Inggris tercatat telah berpartisipasi di putaran final Piala Eropa sebanyak sepuluh kali. Lantas, bagaimana torehan Inggris dalam keikutsertaannya di beberapa edisi terakhir? 

1. Hampir juara di Piala Eropa 2020

5 Momen Terakhir Timnas Inggris Bertarung di Piala Eropa, Gagal Juara!Inggris melawan Italia. (uefa.com)

Salah satu momen terakhir Timnas Inggris mentas di Piala Eropa adalah edisi 2020 lalu. Akibat adanya COVID-19, Piala Eropa 2020 baru digelar pada 2021. Inggris menghadapi ajang ini dengan motivasi tinggi di bawah asuhan Gareth Southgate.

Perjalanan mereka diawali dengan bersaing di Grup D bersama Kroasia, Republik Ceko, dan Skotlandia. Sebagai tim unggulan, The Three Lions lolos ke babak gugur dengan status juara grup.

Di babak gugur, Inggris cukup superior hingga melaju ke final. Jerman, Ukraina, dan Denmark berhasil disingkirkan. Sayangnya, kiprah apik mereka tak mampu menaklukkan Italia di partai final.

2. Dikejutkan Islandia di babak 16 besar pada edisi 2016

5 Momen Terakhir Timnas Inggris Bertarung di Piala Eropa, Gagal Juara!Inggris melawan Islandia. (uefa.com)

Meski gagal juara di Piala Eropa 2020, performa Inggris saat itu mendapat banyak apresiasi. Hal itu tak lepas dari peningkatan prestasi dibanding edisi sebelumnya. Pada Piala Eropa 2016, Inggris tak bisa berbuat banyak.

Kala itu Inggris mampu lolos ke babak gugur. Mereka lolos dengan status runner-up grup setelah bersaing dengan Wales, Slovakia, dan Rusia.

Performa kurang meyakinkan di fase grup akhirnya membuat Inggris langsung terhenti di babak 16 besar. Anak asuh Roy Hodgson dikejutkan oleh Islandia yang saat itu berstatus sebagai tim debutan. Inggris tersingkir setelah kalah dengan skor 1-2.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Hanya Sekali Membela Timnas Inggris

3. Disingkirkan Italia di babak perempat final pada 2012

5 Momen Terakhir Timnas Inggris Bertarung di Piala Eropa, Gagal Juara!Italia melawan Inggris. (uefa.com)

Empat tahun sebelumnya, prestasi Timnas Inggris di ajang Piala Eropa juga tak terlalu istimewa. Pada Piala Eropa 2012, Inggris hanya mampu lolos ke babak perempat final. Kala itu Italia menjadi batu sandungan The Three Lions.

Sebelum tersingkir, Inggris yang ditangani Roy Hodgson mampu lolos dari fase grup yang berisikan Prancis, Ukraina, dan Swedia. Pada edisi tersebut, tim yang lolos ke babak gugur langsung bersaing di perempat final.

4. Mentok di perempat final pada Piala Eropa 2004

5 Momen Terakhir Timnas Inggris Bertarung di Piala Eropa, Gagal Juara!Inggris menghadapi Portugal. (chelseafc.com)

Sebelum bertarung pada 2012, Inggris terakhir kali main di Piala Eropa 2004. Inggris sendiri gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2008. Pada Piala Eropa 2004, Timnas Inggris juga gagal juara.

Sama seperti edisi 2012, perjalanan The Three Lions hanya mentok di perempat final. Saat itu Inggris mampu bersaing dengan Prancis, Swiss, dan Kroasia.

Inggris yang lolos dengan status runner-up grup harus bersua dengan Portugal. Sayangnya, The Three Lions gagal lolos ke semifinal setelah kalah adu penalti melawan Portugal.

5. Gagal lolos dari fase grup pada edisi 2000

5 Momen Terakhir Timnas Inggris Bertarung di Piala Eropa, Gagal Juara!Inggris melawan Jerman. (uefa.com)

Empat tahun sebelumnya, performa Timnas Inggris di Piala Eropa justru lebih memprihatinkan. Pada Piala Eropa 2000, Inggris yang ditangani Kevin Keegan tak mampu lolos dari fase grup.

Kala itu The Three Lions tergabung di Grup A yang berisikan Portugal, Jerman, dan Romania. Uniknya, tim yang lolos dari grup tersebut yaitu Portugal dan Romania.

Inggris sendiri menduduki peringkat ketiga dengan koleksi tiga poin. Mereka hanya mampu meraih kemenangan saat berhadapan dengan Jerman.

 

Entah apa yang membuat Inggris sulit berprestasi di ajang antarnegara. Padahal, tak sedikit pemain berkualitas dari masa ke masa yang memperkuat The Three Lions.

Baca Juga: 5 Pemain Ini Pernah Berpeluang Membela Timnas Inggris, Banyak Saingan!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya