Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Hanya Sekali Membela Timnas Inggris

Termasuk pemain yang dipanggil ke Piala Dunia 2022

Memiliki liga terkompetitif di dunia membuat Inggris tidak pernah kekurangan pemain hebat. Hal tersebut jelas menjadi modal yang bagus untuk Timnas Inggris dalam menghadapi ajang-ajang internasional.

Namun, di satu sisi, banyaknya pemain hebat membuat persaingan untuk membela The Three Lions sangat ketat. Alhasil, ada sejumlah pemain top yang jarang dipanggil oleh Timnas Inggris meski mempunyai rekam jejak yang cukup apik di level klub. Berikut ini merupakan kelima pemain top yang hanya sekali membela Timnas Inggris. Akankah caps mereka bertambah di kemudian hari?

1. James Maddison 

5 Pemain Top yang Hanya Sekali Membela Timnas InggrisJames Maddison (twitter.com/England)

James Maddison melejit bersama Leicester City sejak 2018. Gelandang serang berusia 26 tahun itu tampil begitu ciamik di lini tengah The Foxes tiap musimnya. Sayang, ia jarang dipanggil oleh Timnas Inggris.

Maddison tercatat baru tampil sekali untuk The Three Lions. Momen itu tercipta pada 14 November 2019 saat Timnas Inggris menang 7-0 atas Timnas Montenegro. Setelah itu, ia tak pernah dipanggil lagi ke tim nasional.

Baru di Piala Dunia 2022, Maddison kembali dipercaya terlibat di dalam skuad The Three Lions. Namun, dalam dua laga yang telah dilalui Timnas Inggris, Maddison belum juga dimainkan oleh Gareth Southgate.

2. Dean Henderson 

5 Pemain Top yang Hanya Sekali Membela Timnas InggrisDean Henderson (twitter.com/England)

Dean Henderson merupakan jebolan akademi Manchester United yang bersinar bersama Sheffield United. Performa impresifnya bersama Sheffield United kala itu membuatnya mendapatkan panggilan ke Timnas Inggris beberapa kali.

Namun, Henderson baru sekali dipercaya turun menjaga gawang The Three Lions. Ia menjadi penjaga gawang pengganti dalam laga persahabatan melawan Republik Irlandia pada 12 November 2020.

Musim kompetisi 2022/2023 ini, Henderson kembali dipinjamkan Manchester United ke Nottingham Forest. Penampilannya memang cukup oke sejauh ini. Sayang, performa tersebut belum cukup membuat Gareth Southgate jatuh hati.

Baca Juga: 5 Bintang yang Seharusnya Bisa Membela Timnas Inggris, Ada Haaland

3. Dominic Solanke 

5 Pemain Top yang Hanya Sekali Membela Timnas InggrisDominic Solanke (twitter.com/DomSolanke)

Dominic Solanke merupakan pemain langganan di tim nasional kelompok umur. Ia pernah membela Timnas Inggris U-16, U-17, hingga U-21. Tidak hanya sekadar jadi pelengkap, Solanke memainkan peran penting di tim nasional kelompok umur.

Sayangnya, karier apik itu tidak berlanjut ke tim nasional senior. Solanke tercatat hanya sekali membela The Three Lions. Dalam laga persahabatan melawan Brasil pada 14 November 2017, Solanke masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-75.

Kini, striker berusia 25 tahun tersebut bermain untuk salah satu tim medioker English Premier League (EPL), Bournemouth. Dari 13 pertandingan, Solanke sudah menorehkan 3 gol serta 3 assist sejauh ini.

4. Harvey Barnes 

5 Pemain Top yang Hanya Sekali Membela Timnas InggrisHarvey Barnes (twitter.com/harveybarnes97)

Performa Leicester City yang konsisten di papan tengah Premier League tentu tidak terlepas dari lini serang yang tajam. Salah satu pemain yang tampil konsisten di lini depan Leicester City dalam beberapa musim terakhir adalah Harvey Barnes.

Sejak promosi ke tim utama pada 2018, Barnes telah dipercayai tampil sebanyak 162 pertandingan. Kontribusi sang pemain juga cukup bagus dengan mencetak 38 gol serta 30 assist.

Meski tampil reguler bersama The Foxes, Barnes justru sangat jarang dipanggil Timnas Inggris. Tercatat, pria berusia 24 tahun itu hanya memiliki satu caps bersama The Three Lions pada 8 Oktober 2020 lalu.

5. Patrick Bamford 

5 Pemain Top yang Hanya Sekali Membela Timnas InggrisPatrick Bamford (twitter.com/Patrick_Bamford)

Patrick Bamford debut Timnas Inggris ketika usianya tidak lagi muda, 27 tahun. Ia dipanggil Gareth Southgate karena performanya kala itu sedang naik daun bersama Leeds United.

Bamford tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 saat Timnas Inggris bersua Timnas Andorra pada 5 September 2021. Dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 4-0 itu, Bamford tercatat tampil selama 62 menit sebelum akhirnya digantikan Harry Kane. Itu menjadi satu-satunya laga Bamford bersama The Three Lions sampai saat ini.

Sederet nama tersebut sebenarnya masih memiliki kans untuk kembali membela Timnas Inggris. Semua bisa terjadi, dengan catatan mereka mampu meningkatkan performa di timnya masing-masing.

Baca Juga: 9 Ide OOTD ala Pemain Timnas Inggris di Piala Dunia 2022, Edgy Abis!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya