Negara Amerika Selatan yang Kerap Berjumpa Prancis, Termasuk Argentina

Prancis akan bersua Argentina di final Piala Dunia 2022

Prancis berpeluang besar mempertahankan gelar juara Piala Dunia. Setelah meraihnya pada edisi 2018, Les Bleus kembali akan memperebutkan trofi tersebut pada edisi Piala Dunia 2022 Qatar.

Di partai final, Prancis akan menghadapi tim unggulan dari Amerika Selatan, Argentina. Menghadapi negara Amerika Selatan tentu bukan sesuatu yang asing bagi Prancis.

Mereka sudah kerap berjumpa negara Amerika Selatan termasuk di ajang Piala Dunia. Bahkan, salah satunya ada Argentina yang jadi lawan Prancis di final kali ini. 

1. Brasil

Negara Amerika Selatan yang Kerap Berjumpa Prancis, Termasuk ArgentinaTimnas Brasil menghadapi Prancis di Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Salah satu negara Amerika Selatan yang kerap bersua Prancis adalah Brasil. Kedua tim ini bahkan pernah bertarung dalam sengitnya partai final Piala Dunia. Momen tersebut terjadi pada edisi 1998 yang akhirnya dimenangi oleh Prancis.

Tak hanya itu, Les Bleus juga pernah bertemu Brasil dalam tiga kesempatan lain di Piala Dunia. Sementara, momen terakhir kali mereka bertemu yaitu pada Maret 2015.

Secara total, Prancis telah berjumpa Brasil dalam 15 pertandingan. Rekor pertemuan keduanya cukup berimbang, yakni masing-masing meraih enam kemenangan. 

2. Argentina

Negara Amerika Selatan yang Kerap Berjumpa Prancis, Termasuk ArgentinaArgentina melawan Prancis di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Di urutan kedua ada Argentina yang bakal jadi lawan Prancis di final Piala Dunia 2022. Sama seperti Brasil, Argentina juga kerap berjumpa Prancis di ajang Piala Dunia.

Sebelum laga final nanti, Prancis sudah bertemu La Albiceleste dalam tiga pertandingan Piala Dunia. Momen terakhir terjadi saat Prancis menaklukkan Argentina di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Pertandingan tersebut juga menjadi pertemuan terakhir kedua tim. Hingga saat ini, Prancis sudah bersua Argentina dalam 12 pertandingan.

Prancis masih kalah dalam rekor pertemuan, yaitu baru menang dalam tiga pertandingan. Di kubu lawan, Argentina telah menaklukkan Prancis dalam enam laga. 

Baca Juga: Argentina Paling Banyak Dapat Penalti di Piala Dunia 2022!

3. Uruguay

Negara Amerika Selatan yang Kerap Berjumpa Prancis, Termasuk ArgentinaPrancis menaklukkan Uruguay di perempat final Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Uruguay juga jadi salah satu negara Amerika Selatan yang kerap bersua Prancis. Di ajang Piala Dunia, Prancis sudah berjumpa dengan Uruguay dalam empat kesempatan.

Salah satu momen tersebut terjadi pada perempat final Piala Dunia 2018. Saat itu, Prancis sukses menyingkirkan Uruguay. Sementara untuk laga terakhir pertemuan keduanya terjadi pada November 2018.

Secara total, Les Bleus telah bersua Uruguay dalam 10 pertandingan. Masing-masing telah memenangkan 3 pertandingan di antaranya.

4. Paraguay

Negara Amerika Selatan yang Kerap Berjumpa Prancis, Termasuk ArgentinaPotret laga Prancis melawan Paraguay di Piala Dunia 1998. (fifa.com)

Berikutnya ada Paraguay yang pernah mewakili Amerika Selatan di Piala Dunia. Hingga kini, Prancis telah berjumpa Paraguay dalam lima kesempatan. Dari kelima kesempatan tersebut, dua di antaranya mereka mainkan di ajang Piala Dunia.

Momen itu tepatnya terjadi pada fase grup Piala Dunia 1958 dan 16 besar Piala Dunia 1998. Pertemuan terakhir Prancis dan Paraguay terjadi pada Juni 2017 dalam laga persahabatan.

Les Bleus cukup perkasa dalam rekor pertemuan melawan Paraguay. Dari lima pertandingan, Prancis berhasil menaklukkan Paraguay dalam tiga laga dan belum sekalipun kalah.

5. Chile

Negara Amerika Selatan yang Kerap Berjumpa Prancis, Termasuk ArgentinaTimnas Chile (fifa.com)

Negara Amerika Selatan kelima yang kerap berjumpa Prancis adalah Chile. Sama seperti negara sebelumnya, Chile juga pernah berhadapan dengan Prancis di ajang Piala Dunia. Namun, momen tersebut sudah terjadi sangat lama, yaitu pada edisi pertama tahun 1930.

Setelahnya, Prancis dan Chile hanya bertarung di laga persahabatan. Terakhir kali Prancis bertemu Chile terjadi pada Agustus 2011. Total, keduanya berjumpa sebanyak lima kali. Dari kelima laga tersebut, keduanya saling mengalahkan dalam dua laga.

Duel Prancis melawan Argentina di partai final diprediksi akan berjalan seru. Patut kita nantikan tim mana yang akan menjuarai Piala Dunia 2022

Baca Juga: Makna Ayam Jantan Timnas Prancis, dari Cacian Menjadi Kebanggaan!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya