Argentina Paling Banyak Dapat Penalti di Piala Dunia 2022!

Argentina menyamai rekor Portugal dan Belanda

Jakarta, IDN Times - Argentina jadi tim pertama yang melaju ke final Piala Dunia 2022. Menariknya, mereka tercatat jadi kontestan yang paling sering mendapat hadiah penalti. 

Teranyar, tim Tango mendapat penalti usai Julian Alvarez bertabrakan dengan kiper Kroasia Dominik Livakovic. Wasit yang memimpin jalannya laga, Daniele Orsato, menagggap Livakovic melakukan pelanggaran.

Alhasil, Argentina mendapat kesempatan melalui sepakan 12 pas. Lionel Messi yang jadi algojo, menjalankan tugasnya dengan baik dan membawa timnya unggul satu gol dalam laga itu, sebelum dua gol Alvarez terjadi.

1. Argentina menyamai rekor Portugal dan Belanda soal penalti

Argentina Paling Banyak Dapat Penalti di Piala Dunia 2022!Pemain Argentina Lionel Messi merayakan gol ketiga bersama rekan setimnya saat laga perempat final Copa America 2021 melawan Ekuador di Estadio Olimpico, Goiania, Brazil (3/7/2021). Argentina berhasil melangkah ke babak final usai memenangi pertandingan dengan skor 3-0. ANTARA FOTO/REUTERS/Diego Vara.

Dikutip Soccerway, total sudah ada empat penalti yang didapatkan Argentina sepanjang gelaran Piala Dunia 2022. Itu jadi jumlah terbanyak yang didaptkan sebuah tim di ajang empat tahunan ini.

Argentina menyamai rekor yang pernah ditorehkan Portugal pada gelaran serupa edisi 1966 dan Belanda dengan jumlah yang sama saat mentas di Piala Dunia 1978.

Argentina mendapatkan penalti pertama saat memulai laga perdana di Piala Dunia 2022. Kala itu, mereka mendapatkan penalti saat bentrok dengan Arab Saudi di babak penyisihan Grup B. Walau bisa dimanfaatkan Messi jadi gol, dalam laga itu timnya harus keok.

Baca Juga: Penalti Kontroversial Messi di Duel Argentina vs Kroasia

2. Messi selalu jadi eksekutor penalti Argentina

Argentina Paling Banyak Dapat Penalti di Piala Dunia 2022!Selebrasi pemain Argentina. (fifa.com)

Melewati dua laga fase penyisihan tanpa menggosok voucher, Argentina baru mendapat penalti lagi saat tampil di babak 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Polandia. Sayang, Messi yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Kemudian, penalti ketiga Argentina lahir saat mentas di babak perempat final melawan Belanda. Messi lagi-lagi ditunjuk sebagai algojo. Kali ini dia bisa mencetak gol ke gawang De Oranje.

Penalti terakhir Argentina tercipta ke gawang Kroasia. Menariknya, penalti ini dianggap kontroversial lantaran pelanggaran itu masih bisa diperdebatkan. Tak sedikit yang menyebut Orsato salah mengambil keputusan.

3. Penalti kontroversial Messi di laga Argentina vs Kroasia

Argentina Paling Banyak Dapat Penalti di Piala Dunia 2022!Penyerang Argentina Julian Avarez saat bertabrakan dengan Kiper Kroasia Dominik Livakovic, yang akhirnya dianggap pelanggaran hingga lahir penalti kontroversial dalam laga semifinal Piala Dunia 2022. (fifa.com).

Terkait keputusan wasit memberikan penalti, perdebatan pun terjadi di dunia maya. Banyak yang meyakini bahwa Argentina tidak selayaknya mendapat penalti lantaran Alvarez menabrak Livakovic setelah menendang bola. 

Sebelum Messi bisa membuat gol melalui penalti, Kroasia tampil baik dengan terus menekan lawannya di babak tersebut. Jika berandai-andai itu tak terjadi, mungkin saja hasilnya akan lain. 

Pundit sepak bola yang merupakan mantan pemain Manchester United, Gerry Neville, mengatakan jika penalti itu tak seharusnya terjadi.

“Tidak [penalti] itu. Kiper Kroasia berusaha keluar dan bergerak untuk menghentikan bola, tetapi Avarez menabraknya hingga terjatuh. Jika kaki yang diterjang itu wajar. Namun, dia berhenti dan melihat motifnya. Wasit malah memberikan penalti,” kata Neville dikutip Mirror.

Namun, semuanya sudah terjadi. Argentina sudah tercatat mendapat empat penalti di Piala Dunia 2022. Jumlah itu berpotensi bisa bertambah mengingat mereka bakal tampil di laga final.

Baca Juga: Deretan Rekor Apik Lionel Messi Usai Argentina Bekuk Kroasia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya