Comscore Tracker

5 Negara Eropa Terakhir Dihadapi Amerika Serikat sebelum Belanda

Bagaimana hasil Amerika Serikat pada pertandingan tersebut?

Amerika Serikat menjadi wakil tunggal CONCACAF yang berlaga di babak gugur Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka lolos ke babak gugur dengan status runner-up Grup B di bawah Inggris.

Hal itulah yang membuat Amerika Serikat harus berhadapan dengan sang juara Grup A, Belanda. Dalam laga yang bakal digelar pada, Sabtu (3/12/2022), Belanda tentu lebih diunggulkan. Apalagi jika melihat catatan pertandingan Amerika Serikat melawan tim Eropa.

Amerika Serikat seperti kurang bertaji ketika harus melawan negara Eropa. Memangnya seperti apa hasil Amerika Serikat saat melawan negara Eropa dalam lima pertandingan terakhir?

1. Irlandia Utara

5 Negara Eropa Terakhir Dihadapi Amerika Serikat sebelum BelandaTimnas Irlandia Utara (uefa.com)

Irlandia Utara menjadi salah satu negara Eropa terakhir yang dihadapi Amerika Serikat. Momen tersebut terjadi pada 28 Maret 2021 dalam laga persahabatan. Saat itu, kedua tim bertanding di Irlandia Utara, tepatnya di Stadion Windsor Park. Bertindak sebagai tamu, Amerika Serikat tampil cukup meyakinkan.

The Yanks berhasil menaklukkan tuan rumah dengan skor 2-1. Giovanni Reyna membuka keunggulan tim tamu pada menit ke-30. Di babak kedua, giliran Christian Pulisic yang menggandakan keunggulan. Irlandia Utara baru bisa memperkecil kedudukan pada menit ke-88.

2. Swiss

5 Negara Eropa Terakhir Dihadapi Amerika Serikat sebelum BelandaTimnas Swiss (uefa.com)

Dua bulan berselang, giliran Swiss yang menjadi negara Eropa lawan dari Amerika Serikat. Kedua tim bertanding pada 31 Mei 2021. Lagi-lagi, Amerika Serikat bertindak sebagai tim tamu dalam laga persahabatan ini. Memiliki kualitas yang lebih baik dari Irlandia Utara, Swiss berhasil menyulitkan Amerika Serikat.

Tim tamu sebenarnya sudah unggul cepat pada menit ke-5. Namun, lima menit kemudian Swiss membalasnya melalui gol Rodriguez. Baru di babak kedua, Swiss membalikkan kedudukan setelah Zuber mencetak gol. Skor 2-1 untuk keunggulan Swiss bertahan hingga laga usai.

Baca Juga: 3 Fakta Jelang Belanda vs Amerika Serikat di 16 Besar Piala Dunia 2022

3. Bosnia Herzegovina

5 Negara Eropa Terakhir Dihadapi Amerika Serikat sebelum BelandaTimnas Bosnia-Herzegovina (uefa.com)

Setelah cukup lama tak menjajal kekuatan Eropa, Amerika Serikat menjamu Bosnia-Herzegovina pada akhir tahun 2021. Kini giliran Amerika Serikat yang berstatus sebagai tuan rumah dalam laga yang digelar pada 19 Desember 2021.

Pada laga yang bertajuk pertandingan persahabatan ini, Amerika Serikat sukses menandaskan tamunya. Cole Basset menjadi satu-satunya pencetak gol dalam laga ini. Amerika Serikat pun berhasil menang dengan skor 1-0.

4. Wales

5 Negara Eropa Terakhir Dihadapi Amerika Serikat sebelum BelandaWales melawan Amerika Serikat (twitter.com/tyler_adams14)

Dalam gelaran Piala Dunia 2022 Qatar, Amerika Serikat berada satu grup dengan dua negara Eropa. Wales menjadi tim Eropa pertama yang dihadapi Amerika Serikat pada ajang ini. Laga perdana di Grup B itu berjalan cukup sengit.

Timothy Weah sempat membawa The Yanks mengungguli Wales di babak pertama. Sayangnya, Amerika Serikat harus rela gawangnya dibobol oleh Gareth Bale pada menit ke-82 melalui titik putih. Laga yang digelar pada 22 November 2022 itu pun berakhir imbang 1-1.

5. Inggris

5 Negara Eropa Terakhir Dihadapi Amerika Serikat sebelum BelandaAmerika Serikat melawan Inggris (twitter.com/USMNT)

Berikutnya, ada Inggris yang dihadapi Amerika Serikat saat bersaing di Grup B Piala Dunia 2022. Setelah bermain imbang 1-1 melawan Wales, Amerika Serikat mencoba meraih kemenangan. Namun, hal itu tampaknya cukup berat.

Apalagi, Inggris berada di atas angin setelah menang dengan skor 6-2 melawan Iran di pertandingan pertama. Meskipun begitu, Amerika Serikat tak mau menyerah sebelum berlaga. Serangkaian serangan Inggris pun mampu dipatahkan barisan pertahanan The Yanks. Hingga wasit meniup peluit panjangnya, skor tetap sama kuat 0-0.

Dalam lima laga terakhir melawan negara Eropa, performa Amerika Serikat nyatanya boleh dibilang tak terlalu mengecewakan karena hanya sekali kalah dari Swiss. Mampukah The Yanks memberikan kejutan saat menjamu Belanda di babak 16 besar Piala Dunia 2022?

Baca Juga: 6 Negara Eropa yang Paling Sering Dihadapi Timnas Amerika Serikat

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya