6 Negara Eropa yang Paling Sering Dihadapi Timnas Amerika Serikat

Inggris salah satunya

Sepak bola mungkin bukanlah olahraga yang paling populer di Amerika Serikat. Meskipun demikian, sepak bola Negeri Paman Sam sudah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu buktinya adalah dengan adanya kompetisi domestik MLS yang sudah semakin populer.

Pemain-pemain Amerika Serikat pun mulai membela klub-klub elite Eropa karena memiliki kualitas mumpuni. Para pemain itu pun akan menjadi andalan Amerika Serikat di Piala Dunia 2022. Mereka harus bersaing dengan Iran serta dua negara Eropa, yaitu Inggris dan Wales.

Jika melihat sejarah, Amerika Serikat sudah beberapa kali melawan negara Eropa. Berikut daftar negara Eropa yang paling sering dihadapi Amerika Serikat.

1. Polandia menjadi negara Eropa yang paling sering dihadapi Amerika Serikat

6 Negara Eropa yang Paling Sering Dihadapi Timnas Amerika SerikatTimnas Polandia (fifa.com)

Polandia menjadi negara Eropa yang paling sering dihadapi Amerika Serikat. Sudah ada total 17 pertandingan yang dimainkan Polandia dan Amerika Serikat, baik di Piala Dunia maupun laga persahabatan.

Kedua tim tersebut memiliki rekor pertemuan yang imbang. Masing-masing sudah saling mengalahkan dalam tujuh pertandingan. Namun, di Piala Dunia, Amerika Serikat baru berhadapan dengan Polandia dalam satu kesempatan.

Pertandingan Piala Dunia itu terjadi pada penyisihan grup 2002. Sementara itu, pertandingan terakhir terjadi pada 2010 lalu dalam laga persahabatan yang berakhir imbang 1-1.

2. Italia menjadi negara top Eropa yang kerap dilawan Amerika Serikat

6 Negara Eropa yang Paling Sering Dihadapi Timnas Amerika SerikatTimnas Italia (fifa.com)

Negara top Eropa, Italia, juga tak lepas dari menghadapi Timnas Amerika Serikat. Namun, pada Piala Dunia 2022 nanti, Italia tak mungkin jadi lawan Amerika Serikat karena Gli Azzurri gagal lolos.

Terakhir kali Amerika Serikat berhadapan dengan Italia terjadi pada 2018 dalam laga persahabatan. Saat itu, tuan rumah Italia sukses menang dengan skor 1-0.

Di Piala Dunia, Amerika Serikat telah menghadapi Timnas Italia sebanyak dua kali. Terakhir kali terjadi di babak grup Piala Dunia 2006. Dari 12 laga yang dilakoni, Amerika Serikat hanya bisa unggul dalam 1 pertandingan dan 8 kali kalah melawan Italia.

3. Jerman sudah tiga kali melawan Amerika Serikat di Piala Dunia

6 Negara Eropa yang Paling Sering Dihadapi Timnas Amerika SerikatAmerika Serikat melawan Jerman (fifa.com)

Negara Eropa berikutnya yang sering dihadapai Timnas Amerika Serikat adalah Timnas Jerman. Amerika Serikat sudah tiga kali bertemu Jerman di ajang Piala Dunia.

Kedua tim tersebut bertemu di Piala Dunia pada edisi 1998, 2002, dan 2014. Secara total, Amerika Serikat telah menghadapi Jerman sebanyak sebelas kali.

Amerika Serikat masih kalah dari Jerman dengan raihan empat kemenangan dan sudah tujuh kali kalah. Pada 2015 lalu, Amerika Serikat menaklukkan Jerman dalam laga persahabatan. Itu menjadi laga terakhir kedua tim.

Baca Juga: 5 Negara yang Paling Sering Menaklukkan Timnas Jerman, Harus Waspada!

4. Inggris juga sudah terbiasa melawan Amerika Serikat

6 Negara Eropa yang Paling Sering Dihadapi Timnas Amerika SerikatTimnas Inggris (thefa.com)

Negara keempat adalah Inggris yang akan bertemu Amerika Serikat di Piala Dunia 2022. Negeri Ratu Elizabeth ini telah menjadi lawan Amerika Serikat di berbagai turnamen sebanyak sebelas kali. Dari jumlah tersebut, Amerika Serikat baru mengungguli Inggris dalam dua pertandingan.

Mereka telah delapan kali kalah dari Inggris. Pertemuan terakhir kedua tim ini terjadi pada 2018 lalu di sebuah laga persahabatan yang dimenangkan Inggris 3-0.

Sementara itu, di Piala Dunia, Amerika Serikat sudah menghadapi Inggris sebanyak dua kali. Momen terakhir terjadi di Piala Dunia 2010 pada babak grup dan berakhir imbang 1-1.

5. Swiss juga masih terlalu tangguh bagi Amerika Serikat

6 Negara Eropa yang Paling Sering Dihadapi Timnas Amerika SerikatTimnas Swiss (uefa.com)

Swiss juga menjadi salah satu negara Eropa yang sering dihadapai Timnas Amerika Serikat. Timnas Swiss telah berhadapan dengan Amerika Serikat dalam sembilan pertandingan.

Dari jumlah tersebut, Swiss berhasil menang 5 kali dan kalah 1 kali. Pertemuan terakhir kedua tim ini terjadi pada 2021 lalu dalam laga persahabatan yang dimenangi Swiss 1-2.

Di Piala Dunia, Amerika Serikat telah bertemu Swiss sebanyak satu kali. Satu-satunya pertandingan tersebut terjadi di Piala Dunia 1994 kala Amerika Serikat menjadi tuan rumah. Saat itu laga berkesudahan 1-1.

6. Irlandia belum pernah melawan Amerika Serikat di Piala Dunia

6 Negara Eropa yang Paling Sering Dihadapi Timnas Amerika SerikatTimnas Irlandia (uefa.com)

Negara Eropa keenam yang kerap dihadapi Timnas Amerika Serikat adalah Irlandia. Uniknya, kedua tim tersebut belum pernah bertemu di ajang Piala Dunia. Amerika Serikat sudah melawan Irlandia sebanyak sembilan kali.

Jumlah tersebut mereka mainkan dalam laga persahabatan. Lagi-lagi, Amerika Serikat masih kalah rekor pertemuan dengan negara Eropa. Dari sembilan laga tersebut, Amerika Serikat baru dua kali mengalahkan Irlandia.

Sementara itu, mereka harus takluk dari Irlandia dalam lima pertandingan. Pertemuan terakhir Amerika Serikat dan Irlandia terjadi pada 2018. Saat itu Irlandia berhasil menang dengan skor 2-1. Di Piala Dunia 2022, kedua tim juga tak akan bertemu karena Irlandia gagal lolos.

 

Patut kita nantikan kiprah Amerika Serikat di Piala Dunia 2022. Jika ingin lolos, mereka harus mengalahkan lawan-lawannya di fase grup, termasuk dua negara Eropa.

Baca Juga: 7 Pesebak Bola Amerika Serikat ini Main di Liga Inggris Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya