Comscore Tracker

6 Negara Eropa yang Gagal Menang di Laga Pertama Grup Piala Dunia 2022

Jerman secara mengejutkan ditaklukkan Jepang

Eropa menjadi benua dengan wakil terbanyak di Piala Dunia 2022 Qatar. Total ada 13 negara Eropa yang mentas di Piala Dunia edisi ke-22 ini. Sebagai poros sepak bola dunia, Eropa memang memiliki kualitas sepak bola mumpuni.

Tak sedikit negara Eropa yang menjadi unggulan setiap edisinya. Meski demikian, langkah negara Eropa tak selalu mulus. Setelah menyelesaikan laga perdana fase grup, ada beberapa negara Eropa yang gagal meraih kemenangan.

Dari ke-13 wakilnya, setidaknya ada enam negara Eropa yang gagal raih tiga poin perdana di babak grup Piala Dunia 2022. Negara mana saja itu?

1. Wales harus puas berbagi satu angka dengan Amerika Serikat

6 Negara Eropa yang Gagal Menang di Laga Pertama Grup Piala Dunia 2022Wales melawan Amerika Serikat (twitter.com/tyler_adams14)

Wales gagal mengikuti jejak Inggris dan Belanda yang berhasil menang di laga perdana Piala Dunia 2022. Menjamu negara adidaya Amerika Serikat, Wales justru hampir kalah dalam laga yang digelar, Selasa (22/11/2022) dini hari WIB.

Di babak pertama, tim yang dibela Gareth Bale ini tertinggal satu gol. Di babak kedua mereka mencoba menjebol gawang Negeri Paman Sam. Upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil ketika Wales mendapat penalti di menit ke-82.

Bale yang menjadi eksekutor sukses selamatkan Wales dari kekalahan. Kedua tim tersebut pun harus puas hanya berbagi poin 1-1.

Wales yang sudah menjalani laga kedua terancam gugur setelah kalah dari Iran, Jum'at (25/11/2022). Di laga terakhir, Wales akan bertemu Inggris.

2. Denmark gagal meledak saat menjamu Tunisia

6 Negara Eropa yang Gagal Menang di Laga Pertama Grup Piala Dunia 2022Timnas Denmark (twitter.com/dbulandshold)

Selasa (22/11/2022) malam WIB, Denmark menjamu Tunisia dalam laga pembuka Grup D. Negara Eropa ini tentu lebih diunggulkan saat melawan wakil Afrika tersebut.

Sayangnya Tim Dinamit gagal meledak dalam laga ini. Berbagai upaya mencetak gol selalu gagal oleh barisan pertahanan Tunisia. Begitu juga tim lawan yang tak mampu mencetak gol hingga peluit panjang dibunyikan.

Skor kacamata 0-0 menjadi akhir dari pertandingan yang digelar di Education City Stadium ini. Di laga berikutnya, Denmark akan menjamu Australia kemudian Prancis.

3. Polandia juga hanya main imbang melawan Meksiko

6 Negara Eropa yang Gagal Menang di Laga Pertama Grup Piala Dunia 2022Polandia menghadapi Meksiko (twitter.com/CharlyRdz)

Setelah laga Denmark melawan Tunisia, giliran Polandia yang menjalani laga perdana fase grup menghadapi Meksiko. Lawan Polandia di Grup C ini memang terbilang cukup seimbang.

Wakil Amerika Utara itu memiliki permainan dan pemain yang juga berkualitas. Hal itu pun terbukti dengan kendali permainan sepanjang laga. Polandia hanya mengandalkan beberapa serangan balik dalam laga ini.

Sayangnya, peluang yang didapat kedua tim tak ada satu pun yang berbuah gol. Lagi-lagi skor kacamata 0-0 menjadi akhir dari laga ini. Argentina dan Arab Saudi akan menjadi lawan berikutnya bagi Polandia di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: 5 Tips Badan Tetap Sehat selama Nonton Piala Dunia 2022 

4. Kroasia jadi negara Eropa keempat yang bermain imbang saat menjajal Maroko

6 Negara Eropa yang Gagal Menang di Laga Pertama Grup Piala Dunia 2022Maroko menghadapi Kroasia (twitter.com/HNS_CFF)

Datang sebagai status finalis edisi sebelumnya, Kroasia tentu cukup diunggulkan di Piala Dunia 2022 Qatar. Perjalanan Luka Modric dan kolega diawali dengan menghadapi Maroko, Rabu (23/11/2022).

Pada laga perdana Grup F ini, Kroasia tentu lebih diunggulkan dibanding lawannya. Namun, ternyata wakil Afrika itu memberikan perlawanan sengit. Jual beli serangan terjadi dalam laga yang digelar di Al Bayt Stadium.

Sayangnya Kroasia harus puas menjadi negara Eropa keempat yang raih satu poin. Skor 0-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjangnya. Kroasia sendiri akan menjajal Kanada dan Belgia di laga berikutnya.

5. Jerman dikejutkan Jepang

6 Negara Eropa yang Gagal Menang di Laga Pertama Grup Piala Dunia 2022Jerman menghadapi Jepang (twitter.com/DFB_Team_EN)

Jerman merupakan negara top Eropa yang selalu menjadi unggulan di setiap turnamen, termasuk Piala Dunia 2022. Setelah gagal total di edisi sebelumnya, Die Mannschaft tentu mencoba meraih hasil terbaik pada edisi kali ini.

Jerman berpeluang meraih tiga poin perdana saat menjamu Jepang pada Rabu (23/11/2022). Harapan itu seakan terwujud ketika Ilkay Gundogan membawa Der Panser unggul di babak pertama.

Sayangnya, Jerman seperti kehilangan arah di babak kedua. Mereka yang gagal menambah keunggulan justru dikejutkan oleh dua gol balasan Jepang.

Anak asuh Hansi Flick pun harus tertunduk lesu di akhir pertandingan setelah kalah 1-2. Harapan Jerman untuk lolos ke babak gugur ada di laga melawan Kosta Rika dan Spanyol.

6. Serbia tak mampu menahan gempuran Brasil

6 Negara Eropa yang Gagal Menang di Laga Pertama Grup Piala Dunia 2022Serbia melawan Brasil (twitter.com/FSSrbije)

Menutup putaran pertama fase grup Piala Dunia 2022, Serbia menjamu Brasil pada, Jumat (25/11/2022) dini hari WIB. Wakil Eropa yang satu ini memang tak bisa berharap banyak saat melawan negara tersukses di Piala Dunia tersebut.

Di setiap lini, Serbia kalah kualitas dari para pemain Negeri Samba itu. Hal itu pun terbukti dengan skor yang terpampang di akhir laga.

Dua gol Richarlison membuat Serbia pulang dengan tangan hampa di laga perdana Grup G. Serbia sendiri masih akan menjajal Kamerun dan Swiss di laga berikutnya.

Gagal raih tiga poin di laga perdana fase grup, peluang negara-negara Eropa ini masih berpeluang lolos. Akankah mereka akan melaju ke babak gugur Piala Dunia 2022 Qatar?

Baca Juga: 5 Kabar Terkini Para Debutan Termuda di Piala Dunia 2014, Masih Eksis?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya