Comscore Tracker

5 Tips Badan Tetap Sehat selama Nonton Piala Dunia 2022 

Biar kamu tetap fit selama Piala Dunia

Pertandingan yang berlangsung setiap 4 tahun sekali ini jelas disambut gembira oleh para pencinta sepak bola. Meski hanya terpaut 4 jam dari Qatar, negara yang jadi tuan rumah Piala Dunia 2022, kamu tetap harus menjaga badan agar tetap sehat.

Akan ada banyak pertandingan yang sayang buat kamu lewatkan hampir setiap harinya nanti. Untuk itu, kamu juga perlu mempersiapkan diri agar selalu fit dan sehat selama Piala Dunia 2022. Kamu wajib menerapkan sejumlah tips berikut, nih!

1. Rutin berolahraga 

5 Tips Badan Tetap Sehat selama Nonton Piala Dunia 2022 ilustrasi rutin berolahraga (pexels.com/Pixabay)

Menjaga kesehatan gak hanya sebatas tidur yang cukup atau mengonsumsi makanan sehat. Rutin berolahraga juga wajib masuk ke dalam daftar. Selama pertandingan Piala Dunia, kamu wajib untuk terus rutin berolahraga.

Gak perlu olahraga berat, cukup yang ringan-ringan saja, selagi rutin dan teratur. Beberapa olahraga ringan yang bisa kamu coba di antaranya adalah jogging, workout ringan di rumah, hingga yoga.

2. Minum air putih yang cukup 

5 Tips Badan Tetap Sehat selama Nonton Piala Dunia 2022 ilustrasi minum air putih yang cukup (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Supaya tubuh tetap terhidrasi, kamu wajib minum air putih yang cukup. Selain baik untuk tubuh, air putih juga punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Daripada mengonsumsi minuman berkafein, kamu bakal lebih sering bolak-balik kamar mandi. 

Berdasarkan jurnal penelitian yang terbit pada 2015, ditemukan hasil bahwa minuman berkafein bersifat diuretik. Seperti kita tahu, diuretik merupakan satu kondisi di mana laju urine kita bertambah.

Mengonsumsi air putih yang cukup membuat badan juga terasa lebih nyaman. Nonton Piala Dunia juga makin asyik tanpa harus terganggu harus ke kamar mandi saat pertandingan sedang seru-serunya.

3. Kurangi mengonsumsi junk food sebagai camilan 

5 Tips Badan Tetap Sehat selama Nonton Piala Dunia 2022 ilustrasi mengonsumsi junk food sebagai camilan (pexels.com/KoolShooters)

Apalah artinya nonton Piala Dunia tanpa kehadiran camilan. Camilan bikin momen nonton jadi makin seru. Namun, baiknya perhatikan pula apa yang kamu konsumsi sebagai camilan. Sebab, gak semua camilan baik dan sehat.

Daripada kamu memilih junk food, lebih baik ganti dengan camilan yang lebih sehat. Beberapa ide camilan sehat yang bisa kamu pilih adalah buah atau sayuran. Kalau terlalu sulit bagimu mengonsumsi semacam itu, camilan yang biasanya kamu goreng bisa kamu rebus atau panggang.

Baca Juga: 8 Camilan Khas Qatar, Cocok untuk Teman Nonton Piala Dunia 2022

4. Mandi dengan air dingin 

5 Tips Badan Tetap Sehat selama Nonton Piala Dunia 2022 ilustrasi mandi dengan air dingin (pexels.com/Karolina Grabowska)

Mandi dengan air hangat memang bisa membantu meredakan stres dan lelah. Namun, agar lebih segar dan fokus beraktivitas, mandi dengan air dingin jauh lebih membantu. Gak hanya itu, mandi dengan air panas kadang bikin kita jadi cepat mengantuk.

Dilansir Healthline, mandi dengan air dingin di malam hari juga bikin kualitas tidurmu semakin baik, lho. Jadi, gak ada salahnya untuk kamu coba. Supaya setelah begadang nonton bola kamu bisa langsung tidur pulas, deh!

Karenanya, untuk merangsang saraf tubuh, kamu bisa mulai mandi dengan air dingin. Lagi pula, siapa yang ingin ketiduran atau mengantuk saat sedang asyik-asyiknya nonton Piala Dunia? Namun, kalau kamu punya badan yang mudah masuk angin, baiknya mandi dengan air dingin jangan terlalu malam, ya!

5. Pastikan kualitas tidurmu baik, ya!

5 Tips Badan Tetap Sehat selama Nonton Piala Dunia 2022 ilustrasi tidur yang cukup (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Supaya badan tetap sehat selama perhelatan Piala Dunia 2022, ada baiknya kamu menjaga pola tidur. Mengutip dari laman WebMD, jam tidur ideal untuk orang dewasa sekitar 7-9 jam. Karena waktu tidurmu akan terpotong karena Piala Dunia, gak ada salahnya mencicil jam tidur saat tidur siang atau sebelum pertandingan mulai.

Kalau punya kesempatan untuk tidur siang, kamu bisa memanfaatkan waktu selama kurang lebih 20-30 menit untuk beristirahat. Namun, kamu juga bisa tidur satu jam sebelum pertandingan di mulai. Dengan begitu, badan kamu bisa jadi lebih nyaman saat menonton pertandingan nanti.

Piala Dunia 2022 sudah resmi berlangsung. Meski sepele, jangan abaikan sejumlah tips di atas agar kamu tetap sehat dan bersemangat dalam mendukung tim jagoanmu.

Baca Juga: 5 Fakta Souq Waqif, Pusat Perbelanjaan Terbesar dan Tertua di Qatar

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya