5 Negara Terakhir yang Singkirkan Belgia di Babak Gugur Piala Dunia

Bagaimana dengan Piala Dunia 2022?

Timnas Belgia akan menjalani laga hidup mati melawan Kroasia pada Kamis (1/12/2022). Hasil ini sangat menentukan nasib kedua tim khususnya Belgia untuk lolos ke babak gugur Piala Dunia 2022.

Jika nantinya lolos, hal itu bukan sesuatu yang baru bagi Belgia. Sebelumnya mereka juga pernah berlaga di babak gugur Piala Dunia. Namun dari beberapa kesempatan, Belgia belum mampu memenangi ajang 4 tahunan ini.

Selalu ada saja negara yang menjadi batu sandungan Belgia untuk melaju ke final. Berikut negara terakhir yang menaklukkan Timnas Belgia di babak gugur Piala Dunia.

1. Prancis gagalkan Belgia melaju ke final di Piala Dunia 2018

5 Negara Terakhir yang Singkirkan Belgia di Babak Gugur Piala DuniaBelgia menghadapi Prancis (fifa.com)

Prancis menjadi negara yang sukses menyingkirkan Belgia di Piala Dunia edisi terakhir lalu. Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, langkah Belgia berjalan mulus di babak grup. Di bawah asuhan Roberto Martinez, Eden Hazard dan kolega menjadi juara grup G di mengungguli Inggris.

Di babak gugur, Belgia berhasil mengalahkan Jepang dan Brasil hingga akhirnya melaju ke babak semifinal. Peluang Belgia untuk melaju ke final memang sedikit sulit, karena tim yang dihadapi yaitu Prancis. Negara yang menjadi unggulan di ajang Piala Dunia.

Benar saja, The Red Devils harus mengakui keunggulan Prancis dengan skor tipis 0-1. Mental Belgia masih terjaga sehingga mampu menang di perebutan tempat ketiga melawan Inggris.

2. Argentina taklukkan Belgia di perempat final Piala Dunia 2014

5 Negara Terakhir yang Singkirkan Belgia di Babak Gugur Piala DuniaBelgia melawan Argentina (fifa.com)

Pada ajang Piala Dunia 2014, Belgia mulai dikenal dengan skuad yang berlabel generasi emas. Hampir di semua lini, skuad The Red Devils diisi oleh pemain dengan kualitas mumpuni.

Tergabung di Grup H, Belgia pun tampil percaya diri bisa melaju ke babak gugur. Bersaing dengan Rusia, Korea Selatan, dan Aljazair, Belgia keluar sebagai juara grup. Di babak 16 besar, mereka juga tak mendapat perlawanan berarti dari Amerika Serikat.

Baru di babak perempat final, skuad Belgia mendapat lawan sepadan, yakni Argentina. La Albiceleste yang saat diperkuat Lionel Messi, berhasil menyingkirkan The Red Devils dengan skor 0-1.

Baca Juga: Alasan Timnas Belgia Sulit Jadi Juara Piala Dunia 2022

3. Brasil sempat singkirkan Belgia di babak 16 besar sebelum menjuarai Piala Dunia 2002

5 Negara Terakhir yang Singkirkan Belgia di Babak Gugur Piala DuniaBelgia ditaklukkan Brasil (fifa.com)

Tak hanya Argentina, Brasil yang juga berasal dari Amerika Selatan juga pernah menyingkirkan Belgia di babak gugur Piala Dunia. Tepatnya pada Piala Dunia 2002, Brasil sukses menyingkirkan The Red Devils di babak 16 besar.

Belgia yang saat itu ditangani Robert Waseige melaju ke babak 16 besar dengan status runner-up Grup H. Di babak 16 besar, Belgia sudah ditunggu generasi emas Brasil.

Dengan skuad mewah yang dimiliki Negeri Samba, Belgia harus mengakui keunggulan lawan setelah kalah dengan skor 0-2. Saat itu, Brasil keluar sebagai juara Piala Dunia 2002 yang digelar di Korea Selatan dan Jepang.

4. Jerman hentikan Belgia di babak 16 besar pada Piala Dunia 1994

5 Negara Terakhir yang Singkirkan Belgia di Babak Gugur Piala DuniaBelgia menghadapi Jerman (fifa.com)

Sebelum Piala Dunia 2002, Belgia berhasil melaju ke babak gugur pada edisi tahun 1994. Pada Piala Dunia yang digelar di Amerika Serikat tersebut, Belgia berhasil melaju ke babak 16 besar setelah menjadi juara Grup F di mengungguli Belanda.

Setelah lolos ke babak gugur, Belgia ditantang Jerman di babak 16 besar. Sempat memberikan perlawanan, The Red Devils akhirnya dikandaskan Timnas Jerman dengan skor 2-3.

Belgia pun harus angkat koper dari gelaran tersebut. Pada Piala Dunia tersebut, Brasil berhasil keluar sebagai juara. Sementara Jerman tersingkir di babak perempat final.

5. Inggris lebih dulu gagalkan Belgia di babak 16 besar pada Piala Dunia 1990

5 Negara Terakhir yang Singkirkan Belgia di Babak Gugur Piala DuniaInggris melawan Belgia (fifa.com)

Sebelum negara-negara tersebut, Inggris lebih dulu menyingkirkan Belgia di babak 16 besar. Pada ajang Piala Dunia 1990, Belgia datang ke Italia di bawah asuhan Guy Thys. Mereka mengawali perjalanannya dengan bersaing di Grup E. 

Bersaing dengan Spanyol, Uruguay, dan Korea Selatan, Belgia lolos dengan status runner-up. Penampilan kurang meyakinkan mereka akhirnya menemui kebuntuan. Di babak 16 besar, Belgia ditantang Inggris yang saat itu diperkuat Gary Lineker.

Laga berjalan ketat dengan skor 0-0 yang tak berubah hingga waktu 90 menit berakhir. Satu-satunya gol dalam laga ini tercipta bagi Inggris pada menit ke-119 melalui David Platt.

 

Patut kita akankah Belgia lolos ke babak gugur Piala Dunia 2022 Qatar. Bisa jadi ini adalah kesempatan terakhir generasi emas Belgia untuk merengkuh trofi Piala Dunia. Mampukah Belgia melaju lebih jauh di Qatar?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Belgia di Skuad Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya