Alasan Timnas Belgia Sulit Jadi Juara Piala Dunia 2022

Berangkat ke Qatar dengan modal yang tidak bagus

Timnas Belgia telah mengikuti Piala Dunia 13 kali. Namun, The Red Devils tidak pernah sekali pun merengkuh trofi di turnamen besar itu. Pencapaian terbaik mereka hanya finis di tempat ketiga pada 2018.

Dengan generasi emasnya kali ini, Belgia tentu bertekad mengakhiri paceklik di Qatar. Permasalahannya, apakah anak asuh Roberto Martinez itu mampu melakukannya? Striker andalan mereka, Romelu Lukaku, saja masih mengalami cedera. Ia diperkirakan absen dalam beberapa pertandingan.

Cederanya Lukaku sebenarnya hanya satu dari sekian alasan. Berikut ini sederet alasan Timnas Belgia sulit jadi juara Piala Dunia 2022.

1. Skuad pelapis yang timpang 

Alasan Timnas Belgia Sulit Jadi Juara Piala Dunia 2022Timnas Belgia (twitter.com/belreddevils)

Belgia boleh berbangga diri karena timnya dijuluki generasi emas. Julukan itu disematkan karena skuad Belgia saat ini diisi nama-nama top, macam Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne, hingga Eden Hazard.

Masalahnya, ketika mereka dirotasi atau ada yang mengalami cedera, tidak ada pemain pengganti Belgia yang memiliki kualitas sepadan. Ambil contoh Kevin De Bruyne. Belum ada pemain tengah Belgia yang memiliki visi permainan sebagus De Bruyne. Charles De Ketelaere dan Hans Vanaken memang oke secara kualitas, tetapi pengalaman mereka di level internasional tidak sebanyak gelandang milik Manchester City itu.

Begitu juga ketika Lukaku cedera. Michy Batshuayi dan Dries Mertens belum bisa maksimal menggantikan peran striker milik Inter Milan tersebut.

2. Tekanan besar karena peringkat FIFA

Alasan Timnas Belgia Sulit Jadi Juara Piala Dunia 2022Timnas Belgia (twitter.com/belreddevils)

Dalam peringkat FIFA, Timnas Belgia saat ini berada di urutan kedua. Mereka disalip Timnas Brasil pada April 2022 lalu.

Dengan status itu, Timnas Belgia jelas akan menjadi sorotan sepanjang Piala Dunia 2022. Salah sedikit, bukan tidak mungkin netizen akan melontarkan kata-kata menyakitkan lewat media sosial.

Pemain yang sudah berpengalaman mungkin bisa mengubah tekanan menjadi motivasi. Namun, tidak semua pemain bisa melakukan itu. Kata-kata negatif bisa saja membuat performa pemain Belgia menurun.

Baca Juga: 5 Pemain Senior Ini Masih Perkuat Timnas Belgia di Piala Dunia 2022

3. Hanya meraih 3 kemenangan dari 6 laga terakhir 

Alasan Timnas Belgia Sulit Jadi Juara Piala Dunia 2022Timnas Belgia (twitter.com/belreddevils)

Belgia berangkat ke Qatar dengan modal yang tidak bagus. Pasukan Roberto Martinez itu hanya meraih 3 kemenangan dari 6 pertandingan terakhir. Tiga kemenangan itu diraih Belgia dari tim-tim nonunggulan seperti Wales dan Polandia.

Belgia sendiri sempat kalah dari Belanda di UEFA Nations League pada Juni 2022 lalu. Tidak tanggung-tanggung, De Bruyne dan kolega kala itu digunduli dengan skor 1-4.

Terbaru, The Red Devils kembali menderita kekalahan dari Mesir pada laga uji coba, Jumat (18/11/1022). Timnas Belgia secara mengejutkan kandas dari lawannya itu dengan skor tipis 1-2.

4. Apakah Timnas Belgia bisa juara di Piala Dunia 2022? 

Alasan Timnas Belgia Sulit Jadi Juara Piala Dunia 2022Roberto Martinez (twitter.com/belreddevils)

Timnas Belgia tergabung di Grup F di Piala Dunia 2022. Menurut catatan, juara Grup F akan menghadapi runner-up Grup E. Sementara itu, runner-up Grup F bakal bertemu juara Grup E pada babak 16 besar.

Melihat situasinya, Belgia akan melawan tim kuat pada babak berikutnya. Pasalnya, Grup E adalah grup neraka yang dihuni Jerman, Spanyol, Jepang, dan Kosta Rika. Dengan demikian, salah satu tim itu harus dihadapi Belgia pada babak 16 besar. Andaikan lolos dari babak 16 besar, perjalanan Belgia pasti tidak akan mudah karena tim-tim hebat sudah menunggu mereka hingga babak final.

Pertanyaannya, apakah Belgia bisa juara di Piala Dunia 2022? Jawabannya adalah bisa saja, tetapi sulit. Tinggal kita lihat saja bagaimana Roberto Martinez meramu tim, baik dari segi mental, fisik, maupun strategi.

Baca Juga: Belgia Dipaksa Ubah Jersey Tandang Piala Dunia 2022, Kenapa?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya