Comscore Tracker

5 Negara Terakhir yang Disingkirkan Brasil di 16 Besar Piala Dunia

Korea Selatan jadi korban terbaru

Brasil merupakan salah satu negara dengan kultur sepak bola sangat kental. Hal itu terbukti dengan banyaknya talenta lapangan hijau yang dilahirkan Negeri Samba.

Di Piala Dunia, Timnas Brasil masih tercatat sebagai negara tersukses. Tak pernah absen dari ajang 4 tahunan ini, Selecao merengkuh lima trofi. Terakhir kali mereka menjuarai Piala Dunia terjadi pada 2002.

Setelahnya, Brasil memang gagal juara. Namun, hebatnya, mereka selalu bisa bersaing hingga babak gugur. Khususnya pada babak 16 besar, Selecao hampir selalu menang.

Terbaru, Korea Selatan menjadi negara yang ditaklukkan Brasil pada babak ini. Dalam laga yang digelar pada Selasa (6/12/2022) dini hari WIB, Brasil menang 4-1 atas Korea Selatan.

Berikut negara terakhir yang disingkirkan Brasil di 16 besar Piala Dunia.

1. Belgia jadi korban keganasan Brasil di Piala Dunia 2002

5 Negara Terakhir yang Disingkirkan Brasil di 16 Besar Piala DuniaBelgia ditaklukkan Brasil di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Salah satu negara terakhir yang disingkirkan Brasil di babak 16 besar Piala Dunia adalah Belgia. Wakil Eropa ini menjadi korban keganasan Selecao pada 2022. Kemenangan atas Belgia menjadi salah satu batu loncatan Brasil saat menjuarai Piala Dunia saat itu.

Brasil melaju ke babak gugur setelah tampil sempurna pada fase grup dengan raihan sembilan poin. Di sisi lain, Belgia lolos ke babak gugur dengan status runner-up grup. Kedua tim pun berlaga pada babak 16 besar. Brasil menumbangkan Belgia dengan skor 2-0.

Rivaldo dan Ronaldo masing-masing mencetak satu gol dalam laga ini. Setelahnya, Brasil tak mampu dibendung oleh lawan-lawannya. Mereka akhirnya menjuarai Piala Dunia untuk kelima kalinya.

2. Brasil menaklukkan Ghana tanpa ampun di Piala Dunia 2006

5 Negara Terakhir yang Disingkirkan Brasil di 16 Besar Piala DuniaBrasil menyingkirkan Ghana di Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Sekitar 4 tahun berselang, Brasil datang ke Jerman dengan status juara bertahan. Pada Piala Dunia 2006, mereka masih diperkuat para bintangnya, seperti Roberto Carlos, Ronaldinho, hingga Ronaldo.

Pada fase grup, Selecao tampil tanpa hambatan dengan meraih poin sempurna. Ghana pun menjadi lawan Brasil pada babak 16 besar setelah lolos dari fase grup dengan status runner-up grup.

Wakil Afrika itu dibabat habis Brasil pada babak 16 besar. Tim Samba menang tiga gol tanpa balas melalui gol yang dicetak Ronaldo, Adriano, dan Ze Roberto. Langkah Brasil baru terhenti pada babak perempat final setelah ditaklukkan Prancis.

Baca Juga: Eks Pemain Timnas Brasil Nonton Bareng Piala Dunia 2022 di Tribun

3. Brasil menyingkirkan Chile dua kali beruntun di babak 16 besar

5 Negara Terakhir yang Disingkirkan Brasil di 16 Besar Piala DuniaBrasil melawan Chile di Piala Dunia 2010. (fifa.com)

Negara ketiga dalam daftar ini adalah Chile, yang disingkirkan Brasil di babak 16 besar dua kali beruntun. Pada Piala Dunia 2010, Brasil lagi-lagi tak tersentuh kekalahan pada fase grup. Chile yang lolos ke babak gugur dengan status runner-up grup langsung dibantai Selecao.

Saat itu, Brasil mengungguli Chile dengan skor 3-0. Sayangnya, langkah Brasil kembali terhenti saat memasuki babak perempat final. Kali itu, Belanda menyingkirkan Tim Samba.

Sekitar 4 tahun kemudian, Chile harus bersua Brasil kembali pada babak yang sama. Pada Piala Dunia 2014, Brasil yang berstatus sebagai tuan rumah menaklukkan Chile. Kali itu, Chile sempat merepotkan dan baru kalah melalui adu penalti. Setelahnya, langkah Brasil terhenti pada babak semifinal karena takluk dari Jerman.

4. Meksiko jadi korban juga

5 Negara Terakhir yang Disingkirkan Brasil di 16 Besar Piala DuniaBrasil menaklukkan Meksiko di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Brasil kembali memakan korban saat main pada babak 16 besar Piala Dunia. Kali itu, giliran Meksiko yang harus mengakui Brasil pada babak tersebut.

Pada Piala Dunia 2018, Brasil lagi-lagi tak terbendung pada babak penyisihan grup. Mereka lolos ke babak gugur dengan status juara grup.

Pada babak 16 besar, Selecao berhadapan dengan wakil Concacaf, yakni Meksiko. Roberto Firmino dan Neymar Jr masing-masing mencetak gol untuk Brasil dalam laga tersebut.

Dua gol tersebut tak mampu dibalas Meksiko. Brasil pun melenggang mulus ke babak perempat final.

Pada babak delapan besar, langkah Tim Samba harus terhenti. Belgia yang sempat mereka taklukkan berhasil menyingkirkan Brasil di perempat final.

5. Korea Selatan jadi korban terbaru keganasan Brasil di babak 16 besar

5 Negara Terakhir yang Disingkirkan Brasil di 16 Besar Piala DuniaBrasil melawan Korea Selatan di Piala Dunia 2022. (twitter.com/fifaworldcup_pt)

Korea Selatan harus merasakan pahitnya kalah dari Brasil pada babak 16 besar. Lolos ke babak gugur dengan susah payah, mereka justru tak mampu mengimbangi permainan Selecao.

Dalam laga yang digelar pada Selasa (6/12/2022) dinihari WIB, Tim Samba menang dengan skor telak 4-1. Vinicius Jr, Neymar Jr, Lucas Paqueta, dan Richarlison secara bergantian membobol gawang Taeguk Warriors. Sementara, satu gol Korea Selatan dicetak Paik Seung Ho.

Brasil akan menghadapi Kroasia pada babak perempat final. Setelah empat edisi gagal juara, Selecao tentu berhasrat bisa kembali juara di Piala Dunia 2022.

Brasil memang cukup perkasa pada fase grup hingga babak 16 besar. Terakhir kali mereka tersingkir pada babak 16 besar terjadi pada 1990. Saat itu, Argentina menjadi tim yang menyingkirkan Selecao.

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Menangani Timnas Brasil, Juara?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya