Comscore Tracker

Eks Pemain Timnas Brasil Nonton Bareng Piala Dunia 2022 di Tribun

Kehadiran mereka bikin skuad Brasil kesetanan di lapangan

Brasil dikenal sebagai negara pengekspor bintang sepak bola. Tak heran, negara Amerika Selatan ini seakan tidak pernah kehabisan talenta baru. Itu pula yang membawa negaranya merengkuh lima gelar dan tak pernah absen dalam turnamen Piala Dunia. 

Hal yang menarik di Piala Dunia 2022 Qatar adalah terlihatnya beberapa mantan penggawa Timnas Brasil di tribun penonton. Mereka seakan tak ingin ketinggalan menyaksikan aksi penerus mereka di Selecao sekaligus memberikan motivasi (atau tekanan?) ke para penggawa Brasil yang tengah berlaga.

Siapa saja mantan bintang Timnas Brasil yang terpantau nonton langsung pertandingan negaranya di Piala Dunia 2022? 

1. Kaka

Eks Pemain Timnas Brasil Nonton Bareng Piala Dunia 2022 di TribunKaka (instagram.com/kaka)

Kaka adalah bintang Brasil yang kariernya cemerlang di klub maupun tim nasional. Pemain ini memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama Sao Paulo FC tahun 2001. Ia diboyong AC Milan pada usia 21 dan sukses mempersembahkan gelar UEFA Champions League untuk klub tersebut pada tahun 2007. 

Sepak terjangnya berlanjut di Real Madrid pada 2009. Setelah kontraknya selesai pada 2013, ia memutuskan kembali ke AC Milan. Tak mampu beradaptasi dengan gaya permainan baru Milan, ia akhirnya pindah ke Orlando dan memutuskan pensiun bersama klub asal Florida tersebut. 

Pemain bernama asli Ricardo Izecson dos Santos Leite ini sebenarnya ikut dalam skuad Brasil di Piala Dunia 2002. Namun, ia jarang diturunkan mengingat usianya yang baru 20 tahun kala itu.

2. Roberto Carlos

Eks Pemain Timnas Brasil Nonton Bareng Piala Dunia 2022 di TribunRoberto Carlos dan Cafu (instagram.com/oficialrc3)

Roberto Carlos dikenal sebagai salah satu legenda Real Madrid. Pemain jebolan akademi Palmeiras ini terekam mengabdi pada klub raksasa Spanyol itu selama lebih dari satu dekade. Setelah itu, ia melanjutkan karier di Fenerbahce dan Anzhi Makhachkala hingga pensiun bersama klub India, Delhi Dynamos. 

Sebagai sosok legendaris, Roberto Carlos sudah membela Brasil dalam 127 pertandingan sejak debutnya pada 1992. Ia jadi salah satu pemain yang berperan besar dalam kesuksesan Brasil merebut gelar juara Piala Dunia 2002. 

Kini Roberto Carlos berprofesi sebagai manager pemasaran di Real Madrid. Sebelumnya, ia pernah menjadi pelatih dan asisten pelatih di beberapa klub, termasuk Sivasspor dan Anzhi Makhachkala. 

Baca Juga: Penggawa Brasil Kesal dengan AC Stadion di Qatar, Bikin Batuk Pilek

3. Cafu 

Eks Pemain Timnas Brasil Nonton Bareng Piala Dunia 2022 di TribunCafu (instagram.com/cafu2)

Cafu merupakan kapten Timnas Brasil pada Piala Dunia 2002. Sebagai kapten, ia tidak pernah absen dalam satu pertandingan pun selama berlangsungnya turnamen akbar itu. 

Selain karier gemilangnya di Timnas Brasil, Cafu dikenal sebagai bek kanan andalan AS Roma, kemudian AC Milan. Jebolan akademi FC Sao Paulo ini akhirnya memutuskan gantung sepatu di klub Inggris, Garforth Town, pada 2009 pada usia 39 tahun.

4. Ronaldo

Eks Pemain Timnas Brasil Nonton Bareng Piala Dunia 2022 di TribunRonaldo (instagram.com/ronaldo)

Siapa yang tak kenal Ronaldo? Bintang Brasil ini jadi sensasi selama perhelatan Piala Dunia 2002. Ia tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam turnamen tersebut dengan torehan delapan gol. Ronaldo juga dikenal karena rambut kuncungnya yang ikonik kala itu.  

Setelah mentas dari dua klub Brasil, São Cristóvão dan Cruzeiro, ia memulai kariernya di Eropa dengan membela PSV Eindhoven pada 1997. Penampilan apiknya membuat Barcelona tertarik menggunakan jasanya, tetapi ia hanya bertahan selama satu musim. Ronaldo kemudian berkarier di Inter Milan, Real Madrid, dan AC Milan, sampai akhirnya memilih pensiun bersama Corinthians pada 2011. Beda dari beberapa pemain yang memilih menjadi pelatih, Ronaldo kini berprofesi sebagai presiden dan pemilik dua klub sekaligus, Real Valladolid dan Cruzeiro. 

Keempat mantan pemain Brasil yang ikut nonton Piala Dunia 2022 dikenal sebagai legenda Selecao. Semuanya merupakan veteran Tim Samba yang sempat merasakan manisnya juara Piala Dunia 2002. Kini, mereka menonton dan memberikan semangat kepada para penerusnya yang sedang berjuang merengkuh gelar keenam untuk Brasil.

Baca Juga: 6 Momen Gol Casemiro Bersama Timnas Brasil, Gacor!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya