Comscore Tracker

5 Negara Terakhir yang Menyingkirkan Spanyol di Piala Dunia

Maroko jadi yang terbaru

Spanyol menjadi salah satu negara Eropa yang memiliki kekuatan sepak bola mumpuni. Dalam beberapa turnamen mayor, tak jarang La Furia Roja menjadi tim yang diunggulkan.

Salah satu kesuksesan besar Timnas Spanyol adalah menjuarai Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Namun, nyatanya, kiprah Spanyol di Piala Dunia tak selalu mulus. Terbaru, mereka tersingkir pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Maroko menjadi tim yang memulangkan Spanyol dari Qatar. Sebelumnya, ada beberapa negara yang pernah menyingkirkan La Roja di Piala Dunia.

Ini lima negara terakhir yang menyingkirkan Spanyol di Piala Dunia.

1. Italia menyingkirkan Spanyol di perempat final Piala Dunia 1994

5 Negara Terakhir yang Menyingkirkan Spanyol di Piala DuniaSpanyol melawan Italia di Piala Dunia 1994. (fifa.com)

Italia adalah salah satu negara terakhir yang pernah menyingkirkan Spanyol di Piala Dunia. Momen tersebut sudah cukup lama, tepatnya di Piala Dunia 1994. Saat itu, kedua tim berhasil melaju hingga ke perempat final.

Sayangnya, langkah Spanyol harus dihentikan Italia pada babak ini. La Roja mengakui keunggulan Nerazzurri dalam laga yang digelar pada 9 Juli 1994. Gol Roberto Baggio dan Dino Baggio untuk Italia hanya mampu dibalas satu oleh pemain Spanyol, Luis Caminero.

Spanyol pun angkat koper dari Piala Dunia yang digelar di Amerika Serikat. Pada edisi tersebut, Italia memang tampil perkasa hingga jadi runner-up Piala Dunia.

2. Korea Selatan menaklukkan Spanyol di perempat final Piala Dunia 2002 secara mengejutkan

5 Negara Terakhir yang Menyingkirkan Spanyol di Piala DuniaSpanyol bersua Korea Selatan di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Setelah sempat tersingkir pada fase grup Piala Dunia 1998 Prancis, Spanyol kembali melaju ke babak gugur pada edisi 2002 di Korea Selatan/Jepang. Saat itu, La Roja berhasil menaklukkan Irlandia pada babak 16 besar.

Sayangnya, langkah mereka harus terhenti ketika memasuki perempat final. Salah satu tuan rumah, Korea Selatan, menjadi tim yang menyingkirkan Spanyol. Bermain imbang 0-0 pada waktu normal, Spanyol kalah adu penalti.

Kekalahan ini tentu saja cukup mengejutkan bagi Spanyol karena memiliki pemain-pemain yang lebih berkualitas. Saat itu, mereka diperkuat pemain-pemain seperti Iker Casillas, Carles Puyol, hingga Fernando Morientes.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Maroko Singkirkan Spanyol dari Piala Dunia 2022

3. Prancis usir Spanyol pada babak 16 besar Piala Dunia 2006

5 Negara Terakhir yang Menyingkirkan Spanyol di Piala DuniaPrancis melawan Spanyol di Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Sekitar 4 tahun kemudian, Spanyol kembali gagal di Piala Dunia. Pada Piala Dunia 2006 Jerman, Spanyol sebenarnya mampu melaju ke babak gugur. Sayangnya, langkah mereka terhenti ketika menginjakkan kaki ke babak 16 besar.

Kali itu, Prancis menjadi negara yang menaklukkan La Roja di ajang 4 tahunan ini. Spanyol kalah perkasa saat melawan sesama negara Eropa itu. Unggul lebih dahulu melalui gol David Villa, Spanyol justru kebobolan tiga gol.

Skor 1-3 menjadi penanda berakhirnya kiprah La Roja di Jerman saat itu. Di sisi lain, Prancis terus melaju hingga partai puncak sebelum ditaklukkan Italia.

4. Rusia gagalkan Spanyol di Piala Dunia 2018

5 Negara Terakhir yang Menyingkirkan Spanyol di Piala DuniaSpanyol menghadapi Rusia di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Timnas Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010. Namun, di Piala Dunia 2014, mereka tampil jeblok. La Roja pun berhasrat tampil lebih baik saat melakoni Piala Dunia 2018 Rusia.

Upaya mereka berhasil ketika lolos ke babak gugur. Sayangnya, langkah La Furia Roja terhenti saat memainkan babak 16 besar. Rusia yang saat itu menjadi tuan rumah membuat Spanyol tersungkur.

Bermain imbang 1-1, pemenang dalam laga ini harus ditentukan melalui adu penalti. Pada babak tos-tosan itu, Rusia lebih beruntung dan menang 5-3.

5. Maroko menjadi tim terbaru yang menyingkirkan Spanyol di Piala Dunia 2022

5 Negara Terakhir yang Menyingkirkan Spanyol di Piala DuniaSpanyol melawan Maroko di Piala Dunia 2022. (twitter.com/fifaworldcup_es)

Timnas Spanyol tampaknya belum ditakdirkan mengulangi kesuksesan mereka di Piala Dunia 2010. Pada Piala Dunia 2022 Qatar, Spanyol gagal saat memasuki babak gugur.

Maroko menjadi tim terbaru yang menyingkirkan Spanyol di Piala Dunia. Momen tersebut terjadi ketika kedua tim berlaga pada babak 16 besar. Lagi-lagi, keberuntungan Spanyol di adu penalti cukup buruk.

Spanyol tersingkir melalui babak penalti setelah bermain imbang tanpa gol pada waktu normal. La Roja pun harus angkat kaki dari gelaran Piala Dunia tahun ini.

Kekalahan Spanyol dari Maroko tentu saja sangat mengejutkan. Mereka yang lebih diunggulkan dalam laga ini justru tak mampu menjebol gawang lawan.

Baca Juga: Kenangan dan Kegagalan Spanyol yang Terulang Lagi

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya