Road to Semifinal Piala Dunia 2022: Maroko

Maroko jadi wakil Afrika pertama yang melaju ke semifinal

Piala Dunia 2022 Qatar tak berhenti menyajikan kejutan. Salah satu yang paling mencengangkan adalah melajunya Timnas Maroko ke semifinal.

Awalnya, siapa yang menyangka jika tim berjuluk The Atlas Lions mampu melaju sejauh ini. Namun, hal itu benar-benar terjadi. Maroko siap melanjutkan kejutan tersebut di semifinal, bahkan final.

Sebelum berlaga di semifinal, Maroko telah menghadapi lima negara lain. Kelima negara tersebut gagal mengadang laju spektakuler Maroko. Sejauh ini, tak ada negara yang mampu mengalahkan Maroko.

Berikut perjalanan timnas Maroko hingga berhasil menuju ke semifinal Piala Dunia 2022.

1. Kroasia tahan imbang Maroko yang belum panas di laga perdana

Road to Semifinal Piala Dunia 2022: MarokoMaroko menghadapi Kroasia (twitter.com/HNS_CFF)

Timnas Maroko mengawali perjalanan di Piala Dunia 2022 dengan tergabung di Grup F. Di laga perdana, The Atlas Lions harus menghadapi finalis edisi sebelumnya, Kroasia.

Dalam laga yang digelar pada 23 November 2022, anak Asuh Walid Regragui seperti belum panas. Maroko mampu menahan gempuran yang dilancarkan Luka Modric dan kolega. Namun, lini serang mereka tak mampu menjebol gawang Kroasia di laga ini.

Setelah wasit meniup peluit berakhirnya babak kedua, skor tetap tak berubah (0-0). Satu poin ini menjadi modal berharga Maroko menghadapi laga berikutnya.

2. Belgia dikejutkan Maroko saat memainkan laga kedua

Road to Semifinal Piala Dunia 2022: MarokoMaroko mengalahkan Belgia di Piala Dunia 2022 Qatar. (fifa.com)

Gagal menang di laga perdana, Maroko diprediksi akan sulit melaju ke babak gugur. Apalagi, Hakim Ziyech dan kolega harus menghadapi Belgia di laga kedua.

Faktanya, Maroko tampil spektakuler menghadapi generasi emas Belgia yang sudah mulai menua. Mampu menahan imbang pada babak pertama, The Atlas Lions mencoba keluar lebih menyerang pada babak kedua.

Hasilnya, sang kapten, Romain Saiss, sukses menjebol gawang Thibaut Courtois. Belgia yang fokus menyerang akhirnya lengah di pengujung laga. Zakaria Aboukhlal berhasil menggandakan keunggulan Maroko sebelum laga usai.

Baca Juga: Bekuk Portugal, Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022

3. Kanada membiarkan Maroko jadi juara grup

Road to Semifinal Piala Dunia 2022: MarokoTimnas Maroko bersua Kanada di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Kemenangan atas Belgia di laga kedua membuka peluang Maroko untuk melaju ke babak gugur. Di partai pemungkas, Maroko bertekad mengalahkan Kanada, tim yang sudah tersingkir, demi memuluskan langkah mereka.

Harapan itu mulai terwujud ketika Hakim Ziyech berhasil mencetak gol cepat pada menit ke-4. Setelah itu, Youssef En-Nesyri menggandakan keunggulan Maroko pada menit ke-23.

Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 setelah Kanada menjebol gawang Maroko pada menit ke-40. Pada babak kedua, Maroko dan Kanada mencoba mencetak gol kembali, tetapi skor 2-1 tak berubah. Maroko mengunci satu tempat pada babak 16 besar dengan status juara Grup F.

4. Spanyol kalah dramatis melalui adu penalti di 16 besar

Road to Semifinal Piala Dunia 2022: MarokoMaroko menaklukkan Spanyol di 16 besar Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Laju spektakuler Maroko berlanjut saat main pada babak 16 besar. Kali itu, giliran Spanyol yang tak mampu menahan laju The Atlas Lions. Kokohnya lini pertahanan Maroko membuat La Furia Roja frustasi.

Serangan Spanyol tak satu pun membuahkan hasil. Meski Maroko juga tak mampu mencetak gol, tetapi mereka sukses mengajak Spanyol ke babak penalti. Di sinilah Maroko memiliki kepercayaan diri tinggi.

Mereka seperti yakin akan mampu menaklukkan Spanyol melalui adu penalti. Benar saja, Maroko berhasil menang pada babak tos-tosan ini setelah Yassine Bounou menggagalkan semua penendang Spanyol. Maroko pun berhak melaju ke perempat final.

5. Portugal jadi korban terbaru Maroko di ajang ini

Road to Semifinal Piala Dunia 2022: MarokoMomen Maroko menjebol gawang Portugal di perempat final Piala Dunia 2022. (twitter.com/fifaworldcup_pt)

Keberuntungan Maroko benar-benar makin menjadi saat menghadapi Portugal di perempat final. Kali itu, kokohnya lini pertahanan Maroko diimbangi dengan moncernya lini depan mereka.

Maroko berhasil mencuri gol pada menit ke-40 melalui tandukan Youssef En-Nesyri. Satu gol tersebut menjadi bekal Maroko menjalani babak kedua.

Dengan kokohnya lini pertahanan Maroko, Cristiano Ronaldo dan kolega dibuat tak berdaya. Skor 1-0 sudah cukup bagi The Atlas Lions menyingkirkan Portugal dari gelaran Piala Dunia 2022 Qatar.

Pertahanan Maroko akan diuji juara bertahan, Prancis, di semifinal. Sejatinya, keberhasilan melaju ke semifinal menjadi prestasi tersendiri bagi Maroko. Mereka merupakan wakil Afrika pertama yang melaju ke babak ini.

Baca Juga: Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022, Sejarah Baru Terukir!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya